Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PELITAKU

Loading

Kerangka Dasar Artikel Untuk Majalah

Sebelum menulis artikel, kita perlu memiliki sebuah perencanaan yang tepat. Setiap artikel membutuhkan tema utama yang akan mempengaruhi seluruh aspek lainnya. Setelah menentukan tema, buatlah struktur dan susunan artikel tersebut. Gunakan tema yang Anda pilih tersebut untuk membuat kerangka dasar. Kita perlu menyusun suatu kerangka tulisan karena hal tersebut akan mengatur semua komponen artikel dalam suatu susunan yang logis. Selain itu, kerangka tulisan menjaga penulis agar tetap fokus pada tema artikel dan juga membimbing proses penulisan itu sendiri.

Bagian-Bagian dari Artikel

Judul artikel merupakan bagian yang terpenting. Judul memancing pembaca dan juga mengarahkan alur cerita. Bagian-bagian lain artikel adalah pendahuluan, tubuh artikel, dan kesimpulan.

1. Pendahuluan mengawali artikel.

Pendahuluan harus dapat memikat perhatian pembaca dan menggambarkan ide pokoknya. Empat macam pendahuluan artikel adalah:

a. kutipan - menggunakan sebuah kutipan yang sesuai dengan tema artikel

b. anekdot - narasi yang mengisahkan sebuah cerita

c. ringkasan - menceritakan apa, siapa, mengapa, berapa, kapan, di mana, dan bagaimana

d. pernyataan yang mengejutkan - memompa minat pembaca dengan pembukaan yang tidak biasa

2. Tubuh artikel mengikuti pendahuluan artikel.

Sebuah paragraf harus mengalir lancar dari satu paragraf ke paragraf berikutnya, dengan panjang kalimat dan struktur kalimat yang beragam agar menambah daya tarik. Beberapa jenis tulisan yang dapat digunakan di bagian ini termasuk anekdot yang digunakan untuk menggambarkan ide, kutipan dan percakapan untuk menambah sentuhan pribadi, serta contoh-contoh yang spesifik yang memberikan bobot kepada artikel.

3. Tubuh artikel diikuti dengan kesimpulan yang baik.

Gunakanlah bagian ini untuk meringkas ide utama dan menekankan tujuan yang dimaksud oleh artikel.

Selain pengaturan artikel seperti di atas, banyak artikel yang menggunakan kotak informasi tambahan. Informasi tambahan yang tepat akan menambah nilai presentasi yang juga akan menarik hati redaksi majalah.

Menyunting dan Merevisi Artikel

Ketika Anda selesai menulis, suntinglah dengan saksama terlebih dahulu sebelum Anda mengirimkannya. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah penggunaan ejaan, tata bahasa, dan tanda baca yang benar secara baik. Struktur dari keseluruhan artikel harus diperhatikan untuk melihat apakah pendahuluan dan kesimpulannya sudah cukup efektif untuk menyatakan tujuan dari artikel. Masing-masing paragraf dan keseluruhan ide harus mengalir dengan lancar dan digunakan sesuai dengan tema artikel. Mintalah seseorang membaca artikel Anda untuk memberi komentar dan saran. kemudian luangkan waktu Anda untuk membuat revisi seperlunya.

Mengirimkan Artikel kepada Redaksi Majalah

Langkah terakhir adalah mengirimkan artikel kepada redaksi. Jawabannya dapat berupa penerimaan atau penolakan. Jika Anda menerima surat penolakan tidak berarti Anda tidak dapat mengirimkan artikel tersebut ke majalah lain. Jika artikel diterima, penulis perlu memutuskan hak cipta penjualan artikel. Hak sekali pakai adalah hak yang paling menguntungkan bagi penulis. Entah diterima, entah ditolak, penulis perlu terus melanjutkan pencarian pasar lain untuk mengirimkan artikelnya. (t/Uly)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : suite101.com
Judul artikel asli : How to Write Feature Articles for Magazines: Basic Steps to Well-Written Magazine Articles
Penulis : Karen Perkins
Alamat URL : http://freelancewriting.suite101.com/