Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PELITAKU

Loading

Kiat Membuat Warta Gereja

Seperti organisasi lainnya, banyak gereja menyadari pentingnya komunikasi yang terbuka dan informatif. Komunikasi tersebut membuat jemaat merasa menjadi bagian terpenting dari gereja. Alhasil, mereka rindu meningkatkan partisipasi dan keterlibatan mereka. Warta gereja yang diterbitkan secara rutin bermanfaat untuk pendeta, pihak administrasi, staf dan jemaat sebagai wadah informasi yang relevan. Warta gereja membuat jemaat dan komunitas keagamaan yang lebih besar mengikuti perkembangan acara-acara terbaru dari gereja.

Hal-hal yang Anda perlukan:

- Desain Warta Gereja
- Kamera Digital
- Kertas
- Gambar
- Sampul surat

Langkah-langkah yang Anda perlukan:

  1. Buatlah Rencana
  2. Buatlah rencana termasuk: tujuan warta gereja, pembaca, jenis-jenis artikel yang perlu dibaca, jumlah halaman, frekuensi penerbitan, pendistribusian (e-mail, online atau cetak), desain dan percetakannya. Selain itu, pikirkan juga siapa yang bertanggung jawab atas hasil jadi produk, topik-topik artikel, penulisan dan editing, gambar-gambar dan pendistribusian.

  3. Muatlah Artikel yang Menarik
  4. Muatlah artikel yang menarik perhatian sebagian besar jemaat. Contohnya, muatlah profil jemaat terlama, seorang murid yang memenangkan lomba, atau ulasan buku tentang tema yang religius. Anda juga dapat membuat kolom untuk jemaat-jemaat baru. Jenis-jenis artikel ini dapat meningkatkan hubungan dalam komunitas Anda sekaligus menunjukkan pentingnya jemaat bagi gereja.

  5. Berilah Informasi Kepanitiaan
  6. Berilah informasi singkat tentang setiap kegiatan panitia. Panitia biasanya memerlukan lebih banyak anggota, dan ini adalah cara yang baik untuk meningkatkan partisipasi jemaat.

  7. Buatlah Kalender Kegiatan
  8. Buatlah kalender yang memuat acara atau kegiatan-kegiatan yang akan diselenggarakan gereja, termasuk siapa yang bisa dihubungi untuk informasi lebih lanjut. Acara tersebut dapat berupa acara untuk seluruh jemaat dan acara untuk kelompok gereja tertentu.

  9. Libatkan Jemaat Gereja
  10. Libatkan jemaat sebanyak mungkin dalam warta gereja. Mintalah ide-ide artikel atau mintalah mereka membuat artikel dan mengambil foto yang menarik. Contohnya, barangkali Anda dapat memuat gambar sebuah keluarga yang sedang bekerja dengan sukarela. Sertakan kolom "Pertanyaan & Jawaban" dari pertanyaan-pertanyaan yang sering dikirimkan oleh pembaca.

  11. Libatkan Pendeta
  12. Mintalah pendeta menulis kolom rutin atau memuat artikel-artikel lain yang bersifat religius.

  13. Sertakan Anak-anak dan Remaja
  14. Jangan lupakan anak-anak dan remaja. Mereka juga bagian dari pembaca. Anda dapat menyertakan gambar-gambar aktivitas mereka, artikel-artikel yang mereka tulis, informasi tentang acara-acara remaja atau permainan kata anak-anak.

  15. Kirimkan Warta Gereja Anda
  16. Kirimkan salinan warta gereja Anda kepada penerbitan lokal, gereja-gereja lain dan asosiasi-asosiasi nasional gereja Anda. (t/Uly)

Diterjemahkan dan disunting dari:

URL

Nama situs : eHow
Alamat : http://www.ehow.com/
Judul artikel : How to Make a Church Newsletter
Penulis : Sharon L. Cohen
Tanggal akses : 20 November 2010