Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PELITAKU

Loading

e-Penulis 081/Maret/2011

Membangun Tulisan di Media Massa

Menulis di media massa bisa diibaratkan seperti seorang tukang bangunan yang sedang membangun sebuah rumah. Dia perlu membangun fondasinya, mencari ukuran luas denahnya, membangun bangunan yang mampu menanggung bobot secara keseluruhan, dan menambahkan detail-detail. Demikian juga penulis yang ingin menembus media massa, dia perlu membekali diri dengan pengetahuan tentang apa yang ditulisnya, seperti isi, teknik-teknik dalam penyampaiannya, dan komunitas pembacanya.

e-penulis edisi 81 menyajikan tips menarik tentang bagaimana menulis kolom untuk media massa. Simak juga kisah Newton -- seorang penulis himne yang dipakai Tuhan secara luar biasa, dan salah satu situs jurnalisme Kristen yang dapat Anda baca pada kolom Pena Maya. Selamat membaca dan selamat menulis.

Tuhan memberkati!

Pimpinan Redaksi e-Penulis,
Truly Almendo Pasaribu selengkapnya... about Membangun Tulisan di Media Massa

Menulis Kolom, Siapa Takut?

Beberapa redaksi surat kabar atau majalah biasanya sangat selektif dalam menerima tulisan-tulisan kolom yang ditulis oleh para penulis pemula, karena tulisan-tulisan kolom memegang peranan penting dalam meningkatkan omset pemasaran surat kabar atau majalah mereka. Redaksi lebih baik membayar mahal untuk kolom yang ditulis oleh kolumnis yang sudah memunyai nama, daripada menggunakan kolom yang ditulis oleh penulis pemula, meski bisa dibayar murah. selengkapnya... about Menulis Kolom, Siapa Takut?

John Newton, Ketika yang Terhilang Diselamatkan

"Amazing grace, how sweet the sound...." Begitulah lirik awal sebuah himne yang paling dicintai sepanjang masa. Himne ini merupakan sebuah lagu pujian utama dalam berbagai denominasi gereja. Pengarang kata-kata indah itu adalah John Newton, yang mengaku dia adalah orang malang yang terhilang, tetapi ditemukan dan diselamatkan oleh anugerah. selengkapnya... about John Newton, Ketika yang Terhilang Diselamatkan

The Christian View Magazine

< http://www.thechristianviewmagazine.com/home.html >

Keberadaan jurnalisme sekuler tumbuh subur saat ini. Jenis-jenis berita/tulisan yang dimuat juga sangat beragam. Namun, bagaimana dengan jurnalisme Kristen? Apakah keberadaannya sudah bisa kita rasakan? Sayang sekali keberadaan jurnalisme Kristen di Indonesia tidak sebanyak jurnalisme umum. selengkapnya... about The Christian View Magazine


Subscribe to e-Penulis 081/Maret/2011