Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PELITAKU

Loading

Dari Redaksi

Media Sebagai Komunikasi

Seperti halnya sebuah karya bisa mencerminkan penulisnya, warta gereja juga bisa mencerminkan gerejanya. Ada bermacam-macam warta gereja: ada yang sekadar memberi informasi tentang kegiatan-kegiatan gerejanya, ada juga warta gereja yang memuat artikel, pengumuman dan renungan yang menyegarkan. Warta gereja berperan sebagai ajang edukasi dan informasi yang merekatkan jemaat. Kehadirannya tentu saja menandakan sinyal positif dalam perkembangan gereja saat ini! Bagaimana dengan gereja Anda? Ingin memaksimalkan pelayanan media atau warta gereja Anda?

Publikasi e-Penulis bulan ini menyajikan artikel "Konsep Membuat Artikel Gereja" bagi Sahabat yang rindu memulai atau ingin mengembangkan kualitas warta gereja Anda. Jangan juga lewatkan Pojok Bahasa yang menyinggung perjalanan kata-kata dalam artikel "Nasib Kata".

Selamat menulis, selamat berkomunikasi!

Pimpinan Redaksi e-Penulis,
Truly Almendo Pasaribu selengkapnya... about Media Sebagai Komunikasi

Mengenal dan Mengembangkan Tulisan

Menentukan jenis tulisan dan meraciknya dengan kata-kata yang pas dan tidak membosankan adalah kewajiban seorang penulis. Sebab ide yang baik jika tidak dikembangkan ke arah yang tepat akan menjadi sukar dicerna dan membuat pembaca merasa enggan membacanya hingga tuntas.

Pada edisi e-Penulis kali ini, kami menyajikan artikel yang menjelaskan jenis-jenis karya tulis, ciri khas masing-masing, serta bagaimana sebaiknya mengembangkan tiap-tiap jenis tulisan tersebut. Di kolom Pojok Bahasa, kami menghadirkan pemaparan mengenai frasa, baik definisinya maupun jenis-jenisnya. Kiranya sajian kami di edisi ini memberi manfaat. Selamat membaca!

Pemimpin Redaksi e-Penulis,
Yosua Setyo Yudo
< yudo(at)in-christ.net > selengkapnya... about Mengenal dan Mengembangkan Tulisan

Mengangkat Nilai Tulisan Dengan Penelitian

Shalom!

Pada edisi yang lalu, kami sudah menghadirkan artikel yang mengangkat tentang pentingnya penelitian sebelum menulis, yang ternyata membawa banyak manfaat tak hanya kepada tulisan-tulisan nonfiksi, tetapi juga ke dalam karya-karya fiksi. Di edisi kali ini, kami membawa ke hadapan Sahabat sekalian langkah-langkah serta prinsip-prinsip yang harus diperhatikan ketika akan dan sedang melakukan penelitian, guna mengangkat nilai tulisan Sahabat. Di kolom Tokoh Penulis, kami menghadirkan biografi singkat seorang novelis yang hingga masa tuanya tetap setia menulis karya-karya yang berkualitas. Jangan lupa untuk membaca kolom Pena Maya yang kali ini berisi informasi tentang situs Christian Classic Ethereal Library, yang memuat banyak buku Kristiani klasik. selengkapnya... about Mengangkat Nilai Tulisan Dengan Penelitian

Dapatkah Sastra Menjaga Keutuhan Bangsa?

Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia tinggal sebulan lagi, persiapan apa yang sudah Sahabat lakukan untuk menyambutnya? Setiap tahun, kita selalu diingatkan bahwa kemeriahan Hari Kemerdekaan seharusnya tidak hanya diisi dengan perayaan-perayaan seremonial semata, melainkan dengan hal-hal yang dapat membawa bangsa dan negara kita ke dalam era yang lebih baik. Pertanyaannya, apa yang sudah kita lakukan bagi bangsa ini sebagai penulis muda? selengkapnya... about Dapatkah Sastra Menjaga Keutuhan Bangsa?

Dari Penikmat Menjadi Penyedia Buku

Shalom,

Mengunjungi perpustakaan, bagi mereka yang "gila" baca, akan lebih menarik daripada nonton film terbaru, mendaki gunung, atau pergi ke pantai untuk sekadar menyegarkan pikiran. Tidak dimungkiri bahwa deretan buku selalu menyimpan harta berharga yang mengundang untuk digali. Mungkin, beberapa Sahabat e-Penulis pernah berpikir, "Daripada terus-menerus menjadi pengunjung dan penikmat perpustakaan, bagaimana kalau membuat perpustakaan sendiri?" Dari orang yang dilayani menjadi orang yang melayani tentu merupakan keinginan yang mulia. Tak jarang, pemikiran seperti ini mentok pada biaya yang dibutuhkan untuk memiliki koleksi buku sendiri dalam jumlah yang banyak. Namun, teknologi saat ini sepertinya telah datang sebagai jalan keluar untuk masalah ini. selengkapnya... about Dari Penikmat Menjadi Penyedia Buku

Buku Sebagai Media Komunikasi

Media komunikasi terus berkembang. Apabila pada masa prasejarah orang-orang menuliskan apa yang ada dalam pikiran mereka pada lempengan batu, papirus, atau perkamen, pada masa modern saat ini orang-orang bisa menuliskannya di kertas/buku, bahkan media digital. Sebagai salah satu bentuk media komunikasi, buku menjadi media yang efektif untuk memberikan informasi. Sebagai contoh, buku pedoman. Buku ini berisi informasi dan petunjuk bagi pembaca untuk mengetahui sesuatu secara lengkap. Anda ingin memahami lebih jauh tentang buku pedoman? Silakan menyimaknya dalam kolom Artikel yang telah kami sajikan. selengkapnya... about Buku Sebagai Media Komunikasi

Topik: 

Mengenal Sastra Kitab Puisi

Puji syukur kepada Tuhan Yesus atas anugerah dan belas kasih-Nya sehingga pada tahun yang baru ini, redaksi e-Penulis bisa terus menyajikan publikasi e-Penulis kepada para Sahabat Penulis. Edisi perdana pada tahun 2017 ini berkenaan dengan sastra kitab puisi. selengkapnya... about Mengenal Sastra Kitab Puisi

Topik: 

Membangun Tulisan di Media Massa

Menulis di media massa bisa diibaratkan seperti seorang tukang bangunan yang sedang membangun sebuah rumah. Dia perlu membangun fondasinya, mencari ukuran luas denahnya, membangun bangunan yang mampu menanggung bobot secara keseluruhan, dan menambahkan detail-detail. Demikian juga penulis yang ingin menembus media massa, dia perlu membekali diri dengan pengetahuan tentang apa yang ditulisnya, seperti isi, teknik-teknik dalam penyampaiannya, dan komunitas pembacanya.

e-penulis edisi 81 menyajikan tips menarik tentang bagaimana menulis kolom untuk media massa. Simak juga kisah Newton -- seorang penulis himne yang dipakai Tuhan secara luar biasa, dan salah satu situs jurnalisme Kristen yang dapat Anda baca pada kolom Pena Maya. Selamat membaca dan selamat menulis.

Tuhan memberkati!

Pimpinan Redaksi e-Penulis,
Truly Almendo Pasaribu selengkapnya... about Membangun Tulisan di Media Massa

Menulis Itu Tidak Mudah, Tetapi Layak Dicoba

Teori tulis-menulis yang unggul dan ide-ide yang baik tapi tidak pernah dituangkan dalam sebuah karya tulis adalah sebuah penyia-nyiaan, sebab tinggal menunggu waktu saja sebelum pengetahuan itu pudar dan ide itu menguap. Dalam edisi e-Penulis kali ini, kami menyajikan kepada Anda, tips yang kami harap semakin mendorong Anda menggunakan pengetahuan yang Anda miliki untuk membuat sebuah karya tulis yang berkualitas. Tidak mudah, tetapi layak dicoba. Selamat membaca dan berkarya bagi Tuhan!

Pemimpin Redaksi e-Penulis,
Yosua Setyo Yudo
< yudo(at)in-christ.net > selengkapnya... about Menulis Itu Tidak Mudah, Tetapi Layak Dicoba

Penerbit Indie, Penerbit Alternatif Untuk Semua

Shalom!

Jika ada seseorang bertanya, "Apa motivasi dasar seorang penulis?", mungkin ada beragam jawaban yang muncul ke permukaan. Sebagian ingin membagikan buah pikirannya kepada masyarakat, yang lain ingin tenar, dan yang sisanya mungkin termotivasi oleh royalti seandainya buku mereka menjadi best-seller. Tapi apa pun motivasi itu, seorang penulis harus menerbitkan karyanya terlebih dahulu, entah melalui dunia maya seperti blog dan situs pribadi, penerbit "mainstream", maupun menerbitkan sendiri alias "self-publishing". Sementara penerbit "mainstream" seakan menjadi momok, dan blog sepertinya tidak dapat memberi kepuasan tersendiri bagi penulis pemula yang ingin memegang buku hasil karya mereka secara fisik, penerbitan "indie" atau "self-publishing" menjadi alternatif yang menjawab kebutuhan ini. selengkapnya... about Penerbit Indie, Penerbit Alternatif Untuk Semua

Pages


Subscribe to Dari Redaksi