Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PELITAKU

Dari Redaksi

Membangun Tulisan di Media Massa

Menulis di media massa bisa diibaratkan seperti seorang tukang bangunan yang sedang membangun sebuah rumah. Dia perlu membangun fondasinya, mencari ukuran luas denahnya, membangun bangunan yang mampu menanggung bobot secara keseluruhan, dan menambahkan detail-detail. Demikian juga penulis yang ingin menembus media massa, dia perlu membekali diri dengan pengetahuan tentang apa yang ditulisnya, seperti isi, teknik-teknik dalam penyampaiannya, dan komunitas pembacanya.

e-penulis edisi 81 menyajikan tips menarik tentang bagaimana menulis kolom untuk media massa. Simak juga kisah Newton -- seorang penulis himne yang dipakai Tuhan secara luar biasa, dan salah satu situs jurnalisme Kristen yang dapat Anda baca pada kolom Pena Maya. Selamat membaca dan selamat menulis.

Tuhan memberkati!

Pimpinan Redaksi e-Penulis,
Truly Almendo Pasaribu selengkapnya... about Membangun Tulisan di Media Massa

Menulis Itu Tidak Mudah, Tetapi Layak Dicoba

Teori tulis-menulis yang unggul dan ide-ide yang baik tapi tidak pernah dituangkan dalam sebuah karya tulis adalah sebuah penyia-nyiaan, sebab tinggal menunggu waktu saja sebelum pengetahuan itu pudar dan ide itu menguap. Dalam edisi e-Penulis kali ini, kami menyajikan kepada Anda, tips yang kami harap semakin mendorong Anda menggunakan pengetahuan yang Anda miliki untuk membuat sebuah karya tulis yang berkualitas. Tidak mudah, tetapi layak dicoba. Selamat membaca dan berkarya bagi Tuhan!

Pemimpin Redaksi e-Penulis,
Yosua Setyo Yudo
< yudo(at)in-christ.net > selengkapnya... about Menulis Itu Tidak Mudah, Tetapi Layak Dicoba

Penerbit Indie, Penerbit Alternatif Untuk Semua

Shalom!

Jika ada seseorang bertanya, "Apa motivasi dasar seorang penulis?", mungkin ada beragam jawaban yang muncul ke permukaan. Sebagian ingin membagikan buah pikirannya kepada masyarakat, yang lain ingin tenar, dan yang sisanya mungkin termotivasi oleh royalti seandainya buku mereka menjadi best-seller. Tapi apa pun motivasi itu, seorang penulis harus menerbitkan karyanya terlebih dahulu, entah melalui dunia maya seperti blog dan situs pribadi, penerbit "mainstream", maupun menerbitkan sendiri alias "self-publishing". Sementara penerbit "mainstream" seakan menjadi momok, dan blog sepertinya tidak dapat memberi kepuasan tersendiri bagi penulis pemula yang ingin memegang buku hasil karya mereka secara fisik, penerbitan "indie" atau "self-publishing" menjadi alternatif yang menjawab kebutuhan ini. selengkapnya... about Penerbit Indie, Penerbit Alternatif Untuk Semua

Kemerdekaan Itu Perjuangan

Shalom!

Kemerdekaan kita bukanlah kemerdekaan yang dijatuhkan begitu saja oleh langit ke pangkuan kita. Kemerdekaan kita diraih dengan susah payah dan penuh pengorbanan, bukan oleh satu kelompok saja, melainkan oleh banyak orang yang berasal dari latar belakang suku, agama, ras, dan budaya yang berbeda. selengkapnya... about Kemerdekaan Itu Perjuangan

Buku Panduan Itu Penting!

Sebuah produk bisa digunakan dengan benar, tepat, dan maksimal jika penggunanya membaca buku panduan penggunaan produk. Sebuah kue dianggap enak, nikmat, dan seimbang (gizi) jika pembuatnya mengikuti aturan porsi bahan dan prosedur pembuatan kue dengan benar. selengkapnya... about Buku Panduan Itu Penting!

Topik: 

Mengenal Puisi di Alkitab

Puisi memang menjadi salah satu genre tulisan yang jarang diminati para pembaca karena diksi dan cara penyampaian yang terkesan tidak lugas. Meski demikian, puisi menjadi bagian penting dalam Alkitab. selengkapnya... about Mengenal Puisi di Alkitab

Topik: 

Pesona Drama

Drama merupakan salah satu seni yang dapat menjembatani pemikiran manusia ke dalam hati manusia lainnya. Dia dapat menggelitik, menegur, bahkan menggugah orang-orang yang menyaksikannya. Seperti karya seni lainnya, drama adalah cerminan sosial, agar masyarakat dapat menangkap nilai morilnya dan meningkatkan keharmonisan sosial. Umat Kristen juga bisa memanfaatkan media seni ini, untuk membagikan nilai-nilai Kristen yang baik. Di sekolah minggu, ada drama-drama segar yang bisa menarik perhatian para siswa. Di persekutuan dan acara-acara gereja, tidak jarang seni drama digunakan untuk menyentuh hati jemaat.

Bagaimana proses kreatif menciptakan pesona drama ini? Simak artikel "Menulis Naskah Lakon" oleh penulis drama tersohor, Putu Wijaya, pada edisi kali ini. Jangan juga lewatkan Pojok Bahasa yang mengupas ragam tutur masyarakat. selengkapnya... about Pesona Drama

Disiplin + Kreatif = Produktivitas!

Kita tahu bahwa disiplin adalah salah satu faktor penting, yang mendorong produktivitas tulisan kita. Namun demikian, tak sedikit dari kita yang sering kali kalah oleh suasana hati, sehingga proyek penulisan kita tidak selesai atau tidak tepat waktu. Untuk itulah, dalam edisi kali ini, e-Penulis menyajikan sebuah artikel yang membahas bagaimana caranya agar kita kreatif dan memiliki disiplin dalam menulis sebuah cerita. Harapan kami semoga dapat memberi inspirasi bagi Sahabat e-Penulis, untuk berdisiplin dalam menulis atau mencari cara yang paling sesuai dengan kondisi Sahabat. Di kolom Pojok Bahasa, kami menyajikan artikel yang membahas tentang diksi, yang kami harap dapat menambah pengetahuan (atau mengingatkan) Sahabat e-Penulis mengenai masalah makna dalam diksi.

Selamat menyimak, Tuhan Yesus memberkati!

Pemimpin Redaksi e-Penulis,
Yosua Setyo Yudo
< yudo(at)in-christ.net > selengkapnya... about Disiplin + Kreatif = Produktivitas!

Pages


Subscribe to Dari Redaksi