Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PELITAKU

Dari Redaksi

Anugerah Menulis

Martin Luther pernah berkata, "Selain keselamatan dari Tuhan Yesus, maka anugerah terbesar lainnya adalah mesin cetak". Pernyataan ini menggambarkan betapa pentingnya media cetak, apalagi di era informasi seperti saat ini. Media gereja merupakan tantangan sekaligus peluang untuk mewujudkan komunitas jemaat yang bertumbuh melalui peningkatan kualitas membaca dan menulis. Menarik, bukan? Sekarang saatnya melangkah untuk mengambil peluang ini!

Simak edisi e-Penulis kali ini yang menyajikan kiat-kiat untuk memulai warta gereja. Tidak ketinggalan, tokoh penulis Indonesia, Sitor Situmorang yang telah menginspirasi anak-anak bangsa untuk terus berkarya. Simak juga pena maya yang mengajak kita jalan-jalan ke situs Purnawan Kristanto.

Selamat membaca!

Pimpinan Redaksi e-Penulis,
Truly Almendo Pasaribu selengkapnya... about Anugerah Menulis

Tahun Baru, Paradigma Baru!

Menulis bukan sekadar merangkai huruf demi huruf menjadi sebuah kata maupun kalimat. Menulis merupakan seni untuk mengekspresikan diri dan membagikan pengalaman maupun pemikiran melalui setiap rangkaian kalimat. Menulis juga merupakan salah satu cara yang bisa dipakai untuk pemulihan kesehatan fisik maupun emosi, salah satunya menghilangkan stres. Benarkah? selengkapnya... about Tahun Baru, Paradigma Baru!

Mengangkat Kualitas Tulisan dengan Penelitian

Shalom,

Selamat Bulan Bahasa dan Sastra 2012! Semoga pada bulan ini kita semua semakin giat mengembangkan diri dalam dunia kepenulisan, baik dalam hal kuantitas maupun kualitas tulisan. Berbicara tentang kualitas tulisan, ada banyak hal yang diperlukan untuk dapat menerjemahkan suatu ide ke dalam tulisan yang menarik sekaligus bermakna. Salah satunya adalah dengan melakukan penelitian sebelum mulai menulis. Apa pun jenis tulisannya, data-data yang didapat dari penelitian yang paling sederhana sekalipun -- seperti mengobrol dengan seseorang yang dapat dianggap sebagai narasumber yang cocok bagi calon tulisan Anda -- akan membuat tulisan itu memiliki nilai lebih. selengkapnya... about Mengangkat Kualitas Tulisan dengan Penelitian

Etika Menjadikan Kualitas Tulisan Lebih Baik

Shalom,

Setelah mengetahui bagaimana teknologi, terutama internet, mengubah cara kita menulis, pada edisi ini Redaksi akan mempersempit bahasan dengan menyajikan tip yang menolong kita memahami etika penulisan di dunia maya/internet, terutama di milis (mailing list). Tidak dimungkiri bahwa aktivitas di milis tidak seramai tahun-tahun sebelumnya, tetapi ini tidak menunjukkan bahwa semua "warga" dunia maya sudah meninggalkan milis. Internet yang semakin murah dan mudah untuk diakses serta munculnya situs-situs sosial media mungkin menjadi bagian dari alasan mengapa aktivitas di milis mulai menurun. Namun, ada kecenderungan juga bahwa orang-orang yang tergabung dalam suatu milis sekarang lebih selektif dan hanya aktif di milis-milis yang lebih spesifik. Redaksi berharap tip yang disajikan dalam edisi ini dapat menolong untuk lebih "beretika" dalam kepenulisan di dunia maya, khususnya di milis. Tingkat perhatian kita terhadap etika ini kemungkinan besar akan menentukan kualitas tulisan dan tingkat tanggung jawab yang kita miliki terhadap apa yang kita tulis. selengkapnya... about Etika Menjadikan Kualitas Tulisan Lebih Baik

Menjadi Pelaku Bahasa Indonesia yang Baik

Jika pertanyaan "Siapakah yang bertanggung jawab melestarikan bahasa Indonesia?" diajukan ke masyarakat Indonesia, bisa diyakini bahwa sembilan puluh persen akan mengetahui jawabannya dengan benar. Ya, para penutur asli bahasa Indonesialah yang sepenuhnya bertanggung jawab terhadap kelestarian bahasa Indonesia. Namun, kenyataannya, tanggung jawab itu belum sepenuhnya dipikul oleh segenap bangsa, seperti yang diikrarkan dalam Sumpah Pemuda. Bahkan, orang-orang yang bergelut dengan bahasa Indonesia sendiri pun masih banyak yang abai terhadap penggunaan bahasa Indonesia mereka dan terhadap kelestarian bahasa Indonesia. Sepertinya, bangsa Indonesia memang belum siap menghadapi hujan serangan bahasa asing, terutama bahasa Inggris, dalam kehidupan berbahasa mereka. selengkapnya... about Menjadi Pelaku Bahasa Indonesia yang Baik

Topik: 

Menulis Esai Kristiani (II)

Bulan lalu, kita sudah belajar mengenai garis besar esai dan keunikan esai bagi penulis Kristen. selengkapnya... about Menulis Esai Kristiani (II)

Topik: 

Kualitas Penulis Kristen

Penulis Kristen yang berkualitas tidak hanya ditentukan dari karyanya yang memuat konten kristiani, tetapi juga dari kehidupannya, baik spiritual, sikap, maupun karakter-karakter baik yang dimilikinya. selengkapnya... about Kualitas Penulis Kristen

Topik: 

Media Sebagai Komunikasi

Seperti halnya sebuah karya bisa mencerminkan penulisnya, warta gereja juga bisa mencerminkan gerejanya. Ada bermacam-macam warta gereja: ada yang sekadar memberi informasi tentang kegiatan-kegiatan gerejanya, ada juga warta gereja yang memuat artikel, pengumuman dan renungan yang menyegarkan. Warta gereja berperan sebagai ajang edukasi dan informasi yang merekatkan jemaat. Kehadirannya tentu saja menandakan sinyal positif dalam perkembangan gereja saat ini! Bagaimana dengan gereja Anda? Ingin memaksimalkan pelayanan media atau warta gereja Anda?

Publikasi e-Penulis bulan ini menyajikan artikel "Konsep Membuat Artikel Gereja" bagi Sahabat yang rindu memulai atau ingin mengembangkan kualitas warta gereja Anda. Jangan juga lewatkan Pojok Bahasa yang menyinggung perjalanan kata-kata dalam artikel "Nasib Kata".

Selamat menulis, selamat berkomunikasi!

Pimpinan Redaksi e-Penulis,
Truly Almendo Pasaribu selengkapnya... about Media Sebagai Komunikasi

Mengenal dan Mengembangkan Tulisan

Menentukan jenis tulisan dan meraciknya dengan kata-kata yang pas dan tidak membosankan adalah kewajiban seorang penulis. Sebab ide yang baik jika tidak dikembangkan ke arah yang tepat akan menjadi sukar dicerna dan membuat pembaca merasa enggan membacanya hingga tuntas.

Pada edisi e-Penulis kali ini, kami menyajikan artikel yang menjelaskan jenis-jenis karya tulis, ciri khas masing-masing, serta bagaimana sebaiknya mengembangkan tiap-tiap jenis tulisan tersebut. Di kolom Pojok Bahasa, kami menghadirkan pemaparan mengenai frasa, baik definisinya maupun jenis-jenisnya. Kiranya sajian kami di edisi ini memberi manfaat. Selamat membaca!

Pemimpin Redaksi e-Penulis,
Yosua Setyo Yudo
< yudo(at)in-christ.net > selengkapnya... about Mengenal dan Mengembangkan Tulisan

Pages


Subscribe to Dari Redaksi