Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PELITAKU

Loading

Cara Mengenali Pembaca Anda

Ditulis oleh: Puji Arya Yanti

Mengenali pembaca ikut menentukan apakah nantinya tulisan Anda akan dibaca orang atau tidak. Setelah mengenali pembaca, penulis juga perlu menentukan isi, cara mengemas, dan cara menyampaikan pesan dalam tulisannya. Berikut ini langkah-langkah untuk mengenali pembaca sebelum Anda menulis.

  1. Siapakah pembaca tulisan Anda?

    Tentukan dan pilih siapa yang akan menjadi pembaca tulisan Anda. Hal ini sebaiknya Anda lakukan sebelum menulis karena akan memengaruhi hasil tulisan Anda. Apakah mereka anak-anak, orang dewasa, laki-laki atau perempuan, apa profesinya, dan setiap hal yang melatarbelakangi calon pembaca tulisan Anda. Pertimbangkanlah semua itu sebelum Anda menulis.

  2. Apakah yang menjadi kesukaan pembaca.

    Setelah menentukan target pembaca Anda, selidiki pula hal-hal yang disukai target pembaca Anda. Contohnya, anak-anak lebih menyukai cerita-cerita atau dongeng dibanding tulisan-tulisan ilmiah. Seorang perempuan lebih menyukai tulisan dalam bidang kecantikan dibanding laki-laki. Seorang petani lebih menyukai tulisan tentang tanaman dibanding seorang insinyur.

  3. Tentukan bentuk tulisan yang akan Anda pakai.

    Sajikan tulisan-tulisan Anda dalam bentuk yang sesuai. Berikut ini adalah beberapa bentuk tulisan.

    1. Narasi

      Tulisan dihadirkan sedemikian rupa, seolah-olah hidup dalam imanjinasi pembaca.

    2. Deskripsi

      Tulisan dihadirkan berupa penjelasan sehingga pembaca seolah-olah terlibat di dalamnya dan merasakan apa yang ditangkap oleh alat indranya.

    3. Argumentasi

      Tulisan bentuk ini dapat memancing pembaca mengetahui apa yang sebenarnya terjadi.

    Ketiga bentuk di atas tidak harus berdiri sendiri atau dapat dipadukan sehingga pembaca semakin mengerti maksud gagasan penulis yang disampaikan dalam tulisan.

  4. Belajarlah dari tulisan yang ada sebelumnya.

    Tentunya ada banyak tulisan bagus yang sesuai dengan target pembaca yang sudah pernah terbit di sekitar Anda. Belajarlah dari tulisan-tulisan tersebut agar pengetahuan dan keterampilan menulis Anda semakin bertambah. Ke depannya, Anda dapat menghasilkan tulisan yang disukai dan digemari pula oleh pembaca Anda.

Meskipun mengenali pembaca ini dilakukan agar tulisan kita dibaca sehingga kita dapat menulis sesuatu yang mereka sukai, namun sebagai penulis kita tetap harus bertanggung jawab dengan apa yang kita tulis. Kita harus tetap berpegang teguh pada prinsip-prinsip yang sesuai dengan kebenaran. Tidak melulu hanya mengikuti sesuatu yang marak di pasaran.