Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PELITAKU

Loading

Oswald Chambers, Penulis, Pengajar, dan Pendeta

Oswald Chambers adalah seorang hamba Tuhan dan pengajar yang terkemuka pada awal abad ke-20. Dia adalah orang Kristen asal Skotlandia. Chambers sangat terkenal karena bukunya, "My Utmost for His Highest", diminati banyak orang.

Chambers lahir tanggal 24 Juli 1874 di Aberdeen, Skotlandia dari pasangan orang tua Kristen yang saleh. Chambers menerima Kristus saat masih remaja. Dalam perjalanan pulang dari ibadah yang dipimpin oleh Charles Spurgeon, dia mengatakan kepada ayahnya, bahwa jika ada kesempatan dia ingin menjadi Kristen. Iman Chambers bertumbuh dengan cepat, tetapi dia belum berencana untuk bergabung dalam pelayanan. Dia belajar di Sekolah Seni Kensington dan melanjutkan pendidikannya di Universitas Edinburgh. Di sana dia belajar seni rupa dan arkeologi. Akan tetapi, ketika berada di Edinburgh, dia merasa terpanggil untuk melayani dan akhirnya dia masuk ke Dunoon College. Sebagai seorang murid yang memiliki talenta istimewa, Chambers pun mulai mengajar dan membentuk komunitas lokal yang didedikasikannya untuk Robert Browning, penyair favoritnya. Pada waktu itu, Chambers tidak menemukan kepuasan dalam kekristenan. Menurutnya, Alkitab merupakan buku yang "menjemukan" dan tidak memberi inspirasi.

Setelah mengalami kekeringan rohani selama 4 tahun, Chambers menyadari bahwa dia tidak mampu menyucikan dirinya. Setelah dia menyadari bahwa kekuatan dan kedamaian yang dia cari hanya ada di dalam Kristus, dalam kehidupan Kristus yang menebus dosanya, dia mengalami kebangunan rohani yang luar bisa, sehingga dia menggambarkannya sebagai sebuah "kebebasan cemerlang dan tak terungkapkan dengan kata-kata".

Dengan kekuatan baru, Chambers menjelajahi dunia. Dia singgah di Mesir, Jepang, dan Amerika. Dalam salah satu kunjungannya ke Amerika, dia bertemu dengan Gertrude Hobbs. Pada tahun 1910, dia menikahi Hobbs yang panggilan sayangnya "Biddy." Tanggal 24 Mei 1913, Biddy melahirkan anak semata wayangnya, Kathleen.

Tahun 1911, Chambers mendirikan sekaligus menjadi pimpinan Kolese Bible Training di Clapham, London. Pada tahun 1915, Chambers mengajukan diri dan diterima sebagai pendeta YMCA karena dia merasa terpanggil dalam upaya perang (PD I). Dia menyampaikan bahwa Kolese Bible Training dinonaktifkan selama perang berlangsung. Chambers ditugaskan ke Zeitoun di Mesir. Di sana dia melayani pasukan Australia dan New Zealand yang menjadi korban amukan perang Gallipoli.

Chambers meninggal tanggal 15 November 1917 di Mesir akibat penyakit usus buntu kronis. Dia sudah menderita sakit usus buntu kronis selama 3 hari, sebelum dia mendapatkan penanganan medis lebih lanjut. Dia tidak mau dirawat di rumah sakit, karena tempat-tempat di rumah sakit lebih dibutuhkan oleh para tentara yang terluka.

Meskipun ada lebih dari 30 buku yang mencantumkan namanya, dia hanya menulis satu buku, "Baffled to Fight Better." Istrinya, Biddy, adalah seorang stenografer dan bisa mengetik dengan kecepatan 150 kata per menit. Selama dia mengajar di Kolese Bible Training dan berbagai tempat di Mesir, Biddy terus mencatat pelajaran-pelajaran yang disampaikannya kata per kata. Dia menghabiskan sisa waktu hidupnya selama 30 tahun untuk menyusun catatannya ke dalam sejumlah besar karya-karya Chamber yang diterbitkan. (t/Setya)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : Christian Classic Ethereal Library
Alamat URL : http://www.ccel.org/ccel/chambers?show=biography
Judul asli artikel : Oswald Chambers - (1874-1917),
Scottish Protestant Minister and Teacher
Penulis : Tidak dicantumkan
Tanggal akses : 12 Februari 2011

download audio