Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PELITAKU

Loading

e-Penulis 085/Mei/2011

Rindu Menulis Drama?

Sebagian besar dari kita tentu tidak asing dengan drama. Kita pernah menonton drama, mungkin juga ada dari antara kita pernah bermain drama. Bagaimana dengan menulis naskah drama? Apakah Anda pernah melakukannya? Jika ya, tentu ini menjadi hal yang mengasyikkan dan menantang, bukan?

Melanjutkan pembahasan edisi sebelumnya, kali ini e-Penulis menyajikan tip-tip untuk menulis drama singkat. Semoga dengan tip-tip yang kami sajikan, Anda dapat menulis drama dengan lebih mudah dan menyenangkan. Ikuti juga ulasan menarik tentang seorang penulis terkenal pada abad ke-20, Oswald Chambers. Sepak terjangnya di dunia literatur semoga bisa memberi inspirasi bagi Anda. Di kolom terakhir, kami memperkenalkan satu situs kepenulisan yang banyak menawarkan tulisan-tulisan fiksi kepada Anda. Kiranya dengan sajian kami kali ini, Anda memperoleh semangat dan inspirasi baru untuk terus menulis. Selamat mengikuti, dan jadilah berkat melalui tulisan Anda. selengkapnya... about Rindu Menulis Drama?

Strategi Menulis Naskah Drama Singkat

Diringkas oleh: Truly Almendo Pasaribu

Ketika berbicara tentang drama, banyak hal yang terlintas dalam pikiran kita. Salah satu yang sering terpikirkan adalah, "Aduh, panjang sekali!" Biasanya ketika melihat drama yang bagus, seakan membuat waktu serasa terbang. Banyak drama panjang yang dipentaskan, paling tidak membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Beberapa drama, seperti drama terkenal karya Shakespeare dan Eugene O'Neil, jauh lebih panjang -- sangat panjang. Namun demikian, ada juga drama tanpa jeda yang dimainkan kurang dari satu jam.

Drama yang berdurasi 30 menit sampai 1 jam, biasanya disebut drama satu babak. Menulis drama satu babak dapat menjadi pengalaman yang seru! Ingatlah, bahwa menulis naskah memerlukan latihan, eksperimen, pembelajaran, strategi menulis, dan bantuan dari para ahli. Kiat-kiat menulis di bawah ini, kiranya dapat membantu Anda untuk memulai menulis drama.

Diringkas oleh: Truly Almendo Pasaribu

Ketika berbicara tentang drama, banyak hal yang terlintas dalam pikiran kita. Salah satu yang sering terpikirkan adalah, "Aduh, panjang sekali!" Biasanya ketika melihat drama yang bagus, seakan membuat waktu serasa terbang. Banyak drama panjang yang dipentaskan, paling tidak membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Beberapa drama, seperti drama terkenal karya Shakespeare dan Eugene O"Neil, jauh lebih panjang -- sangat panjang. Namun demikian, ada juga drama tanpa jeda yang dimainkan kurang dari satu jam.

Drama yang berdurasi 30 menit sampai 1 jam, biasanya disebut drama satu babak. Menulis drama satu babak dapat menjadi pengalaman yang seru! Ingatlah, bahwa menulis naskah memerlukan latihan, eksperimen, pembelajaran, strategi menulis, dan bantuan dari para ahli. Kiat-kiat menulis di bawah ini, kiranya dapat membantu Anda untuk memulai menulis drama. selengkapnya... about Strategi Menulis Naskah Drama Singkat

Oswald Chambers, Penulis, Pengajar, dan Pendeta

Oswald Chambers adalah seorang hamba Tuhan dan pengajar yang terkemuka pada awal abad ke-20. Dia adalah orang Kristen asal Skotlandia. Chambers sangat terkenal karena bukunya, "My Utmost for His Highest", diminati banyak orang.

Chambers lahir tanggal 24 Juli 1874 di Aberdeen, Skotlandia dari pasangan orang tua Kristen yang saleh. Chambers menerima Kristus saat masih remaja. Dalam perjalanan pulang dari ibadah yang dipimpin oleh Charles Spurgeon, dia mengatakan kepada ayahnya, bahwa jika ada kesempatan dia ingin menjadi Kristen. Iman Chambers bertumbuh dengan cepat, tetapi dia belum berencana untuk bergabung dalam pelayanan. Dia belajar di Sekolah Seni Kensington dan melanjutkan pendidikannya di Universitas Edinburgh. Di sana dia belajar seni rupa dan arkeologi. Akan tetapi, ketika berada di Edinburgh, dia merasa terpanggil untuk melayani dan akhirnya dia masuk ke Dunoon College. Sebagai seorang murid yang memiliki talenta istimewa, Chambers pun mulai mengajar dan membentuk komunitas lokal yang didedikasikannya untuk Robert Browning, penyair favoritnya. Pada waktu itu, Chambers tidak menemukan kepuasan dalam kekristenan. Menurutnya, Alkitab merupakan buku yang "menjemukan" dan tidak memberi inspirasi. selengkapnya... about Oswald Chambers, Penulis, Pengajar, dan Pendeta

Fiction Factor

Apakah Anda gemar menulis atau membaca cerita fiksi? Jika ya, kunjungilah situs Fiction Factor. Sesuai namanya, situs ini didedikasikan untuk para penggemar fiksi. Fiction Factor menyajikan bahan-bahan yang membahas masalah seputar penulisan fiksi. Bahan-bahan berbahasa Inggris ini tentunya bisa menambah wawasan serta masukan bagi para penulis fiksi. selengkapnya... about Fiction Factor


Subscribe to e-Penulis 085/Mei/2011