Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PELITAKU

Loading

e-Penulis 125/Januari/2013

Lestarikan Warisan Budaya Kita Lewat Tulisan!

Shalom!

Menurut KBBI, sastra daerah adalah karya sastra yang ditulis dalam bahasa daerah. Tak hanya kitab-kitab sastra kuno, hikayat, dongeng, cerita rakyat, dan pantun dari masa lalu, kini cerpen, novel, maupun puisi berbahasa daerah juga dapat disebut sebagai sastra daerah, sastra daerah modern tepatnya. selengkapnya... about Lestarikan Warisan Budaya Kita Lewat Tulisan!

Ada Apa Dengan Sastra Nusantara?

Ada apa dengan sastra Nusantara? Pertanyaan ini sudah terlintas lama di benak para pecinta sastra Nusantara. Belakangan ini, heboh bahwa bahasa daerah mulai hilang popularitasnya di zaman yang modern ini. Bahkan, peranannya dalam membudayakan tradisi pun semakin tidak dipandang sebagai sesuatu yang 'Wah'. Sungguh sangat disayangkan. Sejalur dengan hal ini, M. Syahrizal pernah membahas bahwa Bahasa Indonesia menyebabkan punahnya bahasa-bahasa daerah. Benarkah? Dalam tulisannya dipaparkan, perkembangan bahasa daerah saat ini mulai memprihatinkan. Pasalnya, dari 742 bahasa daerah di Indonesia, hanya 13 bahasa daerah saja yang penuturnya di atas satu juta orang. Selebihnya, terdapat 729 bahasa daerah yang penuturnya kurang dari satu juta orang, sementara 169 bahasa daerah lainnya terancam punah. Sungguh amat disayangkan melihat keadaan ini. selengkapnya... about Ada Apa Dengan Sastra Nusantara?

Suarakan Bahasa Daerahmu!

"Demam" berbahasa Indonesia sedang melanda daerah pedesaan. Para orang tua, terutama yang pernah tinggal atau menempuh pendidikan di kota, telah menggunakan Bahasa Indonesia kepada anak-anak mereka. Pilihan ini menyebabkan para anak lebih menguasai Bahasa Indonesia daripada bahasa daerahnya dan juga bahasa sukunya. Ada semacam kebanggaan pada diri orang tua, merasa hebat dan modern, ketika anaknya menguasai Bahasa Indonesia, dan justru tidak mengerti bahasa daerahnya. selengkapnya... about Suarakan Bahasa Daerahmu!


Subscribe to e-Penulis 125/Januari/2013