Menulislah dengan Detail dan Cermat

Detail membuat tulisan Anda hidup! Perhatikanlah nasihat Tolstoy:

"Saya tidak memberitahu. Saya tidak menjelaskan. Saya menunjukkan."

Kata-kata Anda harus menghidupkan gambaran di benak Anda. Gambaran yang penuh warna, atau kalau mungkin, gambaran yang Anda telusuri seperti detektif yang hebat. Menurut Jack Cappon, seorang penyunting di Associated Press (AP), "warna" adalah perkara yang menyangkut detail -- terkadang detail yang kecil-kecil. Jules Loh dari AP, dalam sebuah profil Herbert Hoover, mengamati bahwa di meja kerja Hoover ada sebuah kotak yang berisi selusin pensil yang diserut tajam; sebuah detail yang biasanya tak luput dari pengamatan para penulis yang baik. Namun, Loh juga melihat bahwa penghapus di semua pensil itu hampir habis dipakai. Detail ini bercerita lebih banyak tentang Hoover daripada hal-hal yang tampak jelas: warna dasinya, kilap sepatunya, dll..

Tulisan yang "berwarna" menyiratkan sebuah cara untuk "menyimak" sebuah cerita agar Anda dapat "menunjukkannya" pada pembaca. Wilson Thornley, seorang guru menulis, mengatakan: "Gunakanlah pancainderamu untuk mengumpulkan informasi yang konkrit dan tepat. Daripada mengatakan, wanita itu "gugup", lebih baik mengatakan bahwa dia meremas-remas jari-jarinya, dia memutar-mutar cincinnya, memainkannya sampai ke buku jarinya, dan dia mengigit bibirnya."

Katakanlah dengan cermat! Ketika Anda menuliskan, "Ibu Maria berkata dia tidak bisa pergi malam Jumat," Anda perlu bertanya: Siapa yang tidak bisa pergi -- Bu Maria atau ibunya Maria? Jangan mengatakan, "Musim yang bercuaca buruk telah tiba," tapi katakanlah, "Hujan turun setiap hari selama seminggu." Dan, gunakanlah kata "mengatakan", kecuali jika maksud Anda adalah "mengungkapkan, menyatakan, mengumumkan, mendebat, menyingkapkan, menegaskan, meminta, memerhatikan, mengamati, menunjukkan, atau mengomentari." Setiap kata memunyai makna khusus dan jangan digunakan hanya demi variasi. (t/Uly)

Diterjemahkan dari:

Nama buku : Secrets of Successful Writing
Judul asli artikel : Be Spesific and Precise
Penulis : Dewitt H. Scott
Penerbit : Reference Software International, USA 1989
Halaman Artikel : 33 -- 34