Biografi Singkat A. W. Tozer

Aiden Wilson Tozer, lahir pada 21 April 1897 di sebuah pertanian kecil, Pennsylvania Barat. Dalam beberapa tahun kemudian, ia bangkit menjadi seorang yang disebut-sebut sebagai "suara kenabian abad ke-20", sebab ia mampu mengungkapkan perasaan Allah dalam cara yang singkat namun tegas. Dalam karya-karyanya, Tozer mengombinasikan kuasa Allah dengan kekuatan bahasa untuk memenuhi kebutuhan jiwa-jiwa yang lapar, menembus hati, dan menarik perhatian mereka kepada Allah.

Ketika ia berumur 15 tahun, keluarga Tozer pindah ke Akron, Ohio. Pada suatu sore, dalam perjalanan pulang dari tempat kerjanya di Goodyear, Tozer mendengar seorang pengkhotbah jalanan berkata, "Saat Anda tidak tahu cara agar diselamatkan, bertanyalah kepada Tuhan." Sesampainya di rumah, ia naik ke loteng dan melakukan apa yang dikatakan oleh penginjil itu. Mulai saat itu, perjalanan seumur hidupnya bersama Tuhan pun dimulai.

Pada tahun 1919, tanpa menjalani pendidikan formal, Tozer dipanggil untuk menggembalakan sebuah gereja kecil di Nutter Fort, West Virginia. Awal yang sederhana itu mendorong Tozer serta wanita yang baru dinikahinya, Ada Cecelia Pfautz, memasuki pelayanan selama 44 tahun bersama Missionary Alliance. Tiga puluh satu tahun dari rentang pelayanan itu berpusat di Alliance Church, Chicago bagian Selatan. Melalui khotbahnya, jemaat gereja itu berkembang dari 80 menjadi 800 orang.

Pada tahun 1950, Tozer terpilih menjadi editor di majalah mingguan "Alliance Weekly", sekarang bernama "Alliance Life". Pada masa jabatannya, oplah penjualan majalah tersebut meningkat dua kali lipat dalam waktu singkat. Dalam editorial pertamanya, 3 Juni 1950, Tozer menyatakan pendiriannya: "Ada sesuatu yang harus dikorbankan ketika [kita] memutuskan untuk berjalan lebih lambat dalam pergerakan zaman ini, sementara ada banyak orang yang begitu terikat oleh waktu, sehingga tidak dapat membedakan antara sebuah gerakan dengan sebuah kemajuan. Akan tetapi, pengorbanan kita akan terbayar dengan keuntungan jangka panjang, dan bagi seorang Kristen sejati, tidak ada yang lebih menarik daripada keuntungan jangka panjang itu."

Kehidupan doa Tozer sangat menonjol. Mengenai kehidupan doanya itu, ia sering mengatakan ini: "Karakter seseorang ditentukan oleh kehidupan doanya." Baginya, penyembahan kepada Allah adalah hal yang terutama dalam kehidupan pribadi dan pelayanannya. James L. Snyder, salah seorang penulis biografinya mengatakan, "Khotbah-khotbah maupun tulisannya adalah bentuk nyata dari kehidupan doanya." Penulis biografinya yang lain berkata, "Ia lebih sering berlutut daripada berada di balik meja kerjanya."

Tahun-tahun berikutnya, Tozer melayani di Avenue road Curch, Toronto, Kanada. Pada 12 Mei 1963, perjalanannya dengan Allah di bumi akhirnya usai. Tozer mengalami serangan jantung pada usianya yang ke-66. Ia dimakamkan di sebuah pemakaman kecil di Akron, Ohio. Pada batu batu nisannya tertulis gambaran sederhana mengenai dirinya: "Seorang Hamba Tuhan".

Banyak orang yang mengagumi tulisan Tozer karena karya-karyanya itu masih serelevan ketika ia masih hidup. Seorang sahabatnya mengungkapkan rahasia Tozer dalam menulis, "Ia [Tozer] tidak menuliskan apa yang tidak perlu, yang muluk-muluk, atau yang sudah diketahui orang, ... ia menulis buku yang berbicara langsung kepada hati pembacanya."

Humor-humornya, baik yang lisan maupun yang tertulis terkenal jujur dan sederhana. Gayanya itu sering kali dibandingkan dengan Will Rogers. Ketika berkhotbah, ia sanggup membuat jemaatnya tergelak mendengar leluconnya, tetapi kemudian terhanyut kembali ke dalam kekhusyukan ibadah.

Selama hampir 50 tahun, Tozer berjalan bersama dengan Tuhan. Meskipun sekarang ia telah tiada, ia terus berbicara lewat karya-karyanya kepada orang-orang yang rindu berjalan bersama dengan Tuhan, sebagaimana yang dikatakan seseorang tentang Tozer, "Pria ini membuat Anda ingin mengenal dan mengalami Tuhan." (t/Yudo)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : sermonindex.net
Alamat URL : http://www.sermonindex.net
Judul asli artikel : A.W. Tozer Short Biography
Penulis : Tidak dicantumkan
Tanggal akses : 27 September 2012