Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PELITAKU

Loading

Bertumbuh Melalui Literatur: Tantangan Bagi Anda

Setiap kelompok generasi -- mulai dari generasi anak-anak, generasi remaja, hingga kaum dewasa -- sangat memerlukan literatur, khususnya literatur Kristen. Adapun bacaan kristiani yang ada sekarang sangat kurang dan tidak sesuai dengan pertambahan jiwa baru. Lalu, siapa yang berkewajiban mencukupi kekurangan ini?

Andalah orangnya!

Tetapi mengapa melalui literatur?

  1. Literatur adalah salah satu media yang sangat tepat untuk menjangkau umat yang tersebar di belasan ribu pulau di Indonesia.

  2. Buah pikiran dapat diutarakan melalui penulisan dengan alur dan bahasa yang lebih rapi, bahkan sudah tersaring dan terpadatkan.

  3. Literatur sudah menjadi salah satu kebutuhan yang terus-menerus diperlukan.

  4. Literatur adalah media penyampaian firman Allah yang sangat efektif.

  5. Literatur merupakan salah satu bidang pelayanan bagi Tubuh Kristus yang tidak kalah pentingnya dengan bidang-bidang yang lain.

  6. Bagi Anda pribadi, pelayanan melalui literatur memberi beberapa berkat khusus, karena sebagai penyalur berkat, Andalah yang pertama-tama menerimanya. Iman, kepercayaan, dan kedewasaan rohani Kristen telah menjadi milik Anda terlebih dahulu sebelum ditularkan kepada orang banyak. Dengan menulis, kemampuan daya cipta Anda berkembang; kepekaan indera menjadi lebih tajam, dan Anda pun akan semakin mampu mengelola waktu.

Masih banyak manfaat dan berkat-berkat yang terkandung dalam pelayanan literatur. Apabila Anda terjun di dalam pelayanan literatur ini -- dengan sumber ide yang disediakan oleh Allah sendiri secara melimpah ruah --, maka Anda pun akan setuju dengan pernyataan Rasul Paulus di dalam 1 Korintus 1:5-7, "Sebab di dalam Dia kamu telah menjadi kaya dalam segala hal: dalam segala macam perkataan dan segala macam pengetahuan, sesuai dengan kesaksian tentang Kristus, yang telah diteguhkan di antara kamu. Demikianlah kamu tidak kekurangan dalam suatu karunia pun sementara kamu menantikan penyataan Tuhan kita Yesus Kristus."

Tapi mengapa mesti Anda yang wajib memenuhi pengadaan literatur kristiani? Mengapa Anda perlu mengambil keputusan untuk terjun di bidang pelayanan literatur kristiani?

  1. Karena Anda adalah umat pilihan Allah dengan tugas khusus. Tuhan Yesus memanggil dan memilih Anda untuk satu tugas utama, yaitu menyampaikan berita keselamatan, berita kasih, dan pengampunan Allah bagi umat manusia. Melalui literatur, Anda dapat menjabarkan isi Injil itu agar lebih mudah dipahami, diterima, dan dilakukan, sehingga pembaca tulisan Anda memperoleh berkat-berkat rohani yang akan memperkuat iman mereka.

  2. Karena Anda telah diperlengkapi dengan karunia-karunia khusus untuk diterapkan dan untuk membangun umat; entah itu karunia untuk berkhotbah, mengajar, menasihati, menegur, mengobati, menginjili, atau karunia-karunia khusus lain, awetkan semua itu dalam bentuk tulisan. Dalam 1 Korintus 12:18 dikatakan, "Tetapi Allah telah memberikan kepada anggota, masing-masing secara khusus, suatu tempat pada tubuh, seperti yang dikehendaki-Nya." Anda telah memiliki "apa" yang hendak Anda berikan kepada banyak orang. "Tetapi kamu bukan demikian. Kamu telah belajar mengenal Kristus. Karena kamu telah mendengar tentang Dia dan menerima pengajaran di dalam Dia menurut kebenaran yang nyata dalam Yesus". (Efesus 4:20-21) Bila Anda rela menggunakan media literatur sebagai sarana penyebaran "kekayaan" Anda, Tuhan pun berfirman, "Sabaslah, hai hamba yang baik". (Lukas 19:17, TL)

  3. Karena Anda lebih mengenal medan sasaran dari pada penulis-penulis Kristen asing. Tuhan memilih Musa untuk menghadapi Firaun karena ia dibesarkan dan dididik di dalam istana Firaun. Ia mengenal setiap liku lorong tanah Mesir. Ia mengenal adat-istiadat dan bahasa yang berlaku di Mesir. Ia melihat sendiri kesengsaraan umat Israel yang menjadi budak di Mesir, dan ia pun tahu siapa Firaun. Seperti peringatan Tuhan yang ditujukan kepada Yehezkiel, Anda pun mendapat tuntutan dan peringatan yang sama. Tuhan menetapkan Anda menjadi penjaga umat-Nya di Indonesia. Anda tidak dikirim kepada suatu bangsa yang berbahasa asing dan berat lidah.

  4. Karena pelayanan literatur ini memberi kesempatan bagi Anda untuk lebih berperan serta di dalam pembangunan bangsa. Pemerintah Indonesia tengah memantapkan program "membangun manusia seutuhnya". Anda, dengan karunia-karunia khusus Anda, memiliki kemungkinan berkiprah dalam pembangunan rohani. Pada waktu murid-murid Tuhan Yesus bertanya apakah mereka perlu membayar pajak pada pemerintah asing yang menjajah mereka, dengan tegas Tuhan Yesus menjawab, "Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah!" (Markus 12:17) Dan saat ini, jika Tuhan memanggil Anda ke pelayanan literatur bagi umat gembalaan-Nya, yaitu saudara-saudara seiman di dalam Kristus Yesus, bagaimana sambutan Anda?

  5. Pelayanan literatur adalah sebuah panggilan. Sejak zaman dahulu, panggilan pelayanan ini sudah diemban oleh para nabi, rasul, dan bapa-bapa gereja, bahkan dapat dikatakan bahwa pelayanan literatur sudah menjadi bagian hidup pelayanan mereka.

    Alkitab adalah literatur istimewa, karena walaupun ditulis oleh kira-kira 40 orang penulis dengan kebebasan untuk menggunakan kesanggupan, emosi, pikiran, dan gaya tutur mereka, namun sepenuhnya sesuai dengan kehendak Allah. Alkitab adalah literatur Allah pribadi, yang kini ditawarkan kepada Anda supaya menjadi sumber ide untuk membangun "tubuh Kristus". Dalam 2 Timotius 3:16-17 dikatakan, "Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan, dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik."

    Dengan penuh kesungguhan Rasul Paulus menekankan pesannya di dalam 2 Timotius 4:2, "Beritakanlah firman, siap sedialah baik atau tidak baik waktunya, nyatakanlah apa yang salah, tegurlah dan nasehatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran."

  6. Allah memanggil Anda untuk melayani Dia di bidang literatur. Tuhan berkenan dengan media ini, karena seperti yang tertulis di dalam Ibrani 1:1, "Setelah pada zaman dahulu Allah berulang kali dan dalam pelbagai cara berbicara kepada nenek moyang kita dengan perantaraan nabi-nabi," maka pada zaman anugerah ini Allah memperkenankan penggunaan literatur untuk menjabarkan rahasia Allah -- betapa lebarnya dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya kasih Kristus -- bagi seluruh umat, terutama milik kepunyaan-Nya.

Bagaimana tanggapan Anda terhadap panggilan ini?

Dengan penuh harapan dan doa, kami merindukan tanggapan yang positif, tanggapan yang disertai dan diikuti dengan tindakan. Dan inilah tujuan penulisan artikel ini; agar Anda menjadi penulis Kristen yang melayani di bidang literatur Kristen.

Diambil dan disunting seperlunya dari:

Judul artikel : Bertumbuh Melalui Literatur
Penulis artikel : Rohyati Salihin
Judul buku : Bunga Rampai Visi Pelayanan Literatur
Penerbit : Yayasan ANDI, Yogyakarta 1989
Halaman : 70 -- 73