Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PELITAKU

Loading

Teknik Menulis Bebas

Apakah Anda memiliki kesulitan dalam menuangkan ide-ide Anda ke atas kertas? Cobalah teknik berikut ini.

  1. Bersihkan pikiran Anda. Tenangkan diri Anda, lupakan semua aturan yang mencakup aturan tata bahasa, sebab inilah bagian yang paling penting dari latihan ini.

  2. Tentukan batas waktu bagi Anda sendiri. Jika Anda adalah penulis pemula, cobalah selama 10 menit. Jika Anda seorang penulis yang lebih berpengalaman, cobalah untuk menulis selama 20 menit. Ada pula yang menyarankan sesi menulis yang lebih lama, yaitu 45 menit sampai satu jam. Namun, saya menemukan bahwa batas waktu yang lebih dari 20 menit akan menjadi tidak efektif, sebab yang akan dihasilkan hanyalah bagian-bagian dari ide-ide yang tercecer di sana-sini dan jauh terpisah dari fokus utama, sehingga si penulis tidak dapat memakainya untuk karya tulis yang diinginkannya.

  3. Setelah Anda menetapkan batas waktu, MULAILAH MENULIS. Jangan berhenti. Jika Anda salah menulis ejaan sebuah kata, jangan kembali untuk membetulkannya. Sekalipun ide di kepala Anda memudar, TETAPLAH MENULIS. Hal ini sangat krusial bagi latihan ini. Bahkan, jika Anda tidak memiliki apa pun dalam benak Anda, tulislah "SAYA TIDAK MEMILIKI APA PUN DALAM PIKIRAN SAYA, SAYA TIDAK MEMILIKI APA PUN DALAM PIKIRAN SAYA, SAYA TIDAK MEMILIKI APA PUN DALAM PIKIRAN SAYA." Anda dapat menulisnya berulang-ulang, sebab hal itu boleh-boleh saja. Apa yang Anda lakukan itu membebaskan pikiran Anda, dan pada akhirnya akan memunculkan sesuatu dari benak Anda, sekalipun Anda harus melakukan beberapa sesi menulis bebas.

  4. Jika batas waktu itu telah habis, BERHENTILAH MENULIS. Jangan tulis apa pun. Kemudian, kembalilah ke halaman awal. Bacalah perlahan dan garis bawahi seluruh ide-ide yang muncul ke permukaan selama sesi menulis itu, yang menyinggung karya tulis yang sedang Anda kerjakan tersebut. Jika hasil menulis bebas ini masih terlalu luas untuk digunakan, ambillah waktu untuk beristirahat. Cobalah sesi kedua, tetapi cobalah untuk tetap berfokus kepada topik yang sedang Anda tulis.

Menulis bebas adalah sebuah teknik yang penting dan menguntungkan bagi penulis mana pun, tetapi secara spesifik sengaja diperuntukkan bagi penulis nonlinear. Teknik ini memampukan pikiran untuk memunculkan ide-ide, yang biasanya tidak akan muncul ke permukaan ketika menggunakan kerangka kerja yang linear. (t/Yudo)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : www.lynchburg.edu
Alamat URL : http://www.lynchburg.edu/x2583.xml
Penulis : Tidak dicantumkan
Tanggal akses : 21 Desember 2011