Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PELITAKU

Loading

Menggunakan Alkitab untuk Ide Menulis

Saya setuju bahwa Alkitab dapat menjadi sumber ide menulis yang sangat kaya. Tidak hanya bagi para penulis fiksi, tetapi juga bagi seorang blogger, misalnya untuk membuat sebuah blog dengan mengambil perumpamaan Alkitab dan menuangkannya dalam bentuk anekdot.

Fiksi Kristen punya prospek besar, dengan cerita-cerita yang dikembangkan dari Alkitab dan novel-novel bertema kekristenan. Namun, bukan itu yang menjadi fokus saya pada tulisan saya kali ini. Artikel ini membahas tentang bagaimana menemukan inspirasi dari Alkitab untuk membuat tulisan Anda sendiri, entah Anda seorang Kristen atau bukan.

Ide-Ide dari Tokoh-Tokoh Alkitab

Alkitab penuh dengan tokoh-tokoh yang menarik. Beberapa tokoh tersebut adalah pahlawan, yang lain penjahat, dan banyak juga yang menempati wilayah abu-abu yang penuh intrik di tengahnya--orang baik yang melakukan sesuatu yang buruk (Musa, yang membunuh seorang pria atau Petrus, yang menyangkal mengenal Yesus) atau pengecut yang kemudian memperoleh keberanian (Yunus, yang mencoba untuk melarikan diri dari Allah).

Jika Anda kesulitan menciptakan tokoh fiksi Anda, mengapa tidak menulis tentang salah satu dari tokoh-tokoh dalam Alkitab? Berikut adalah beberapa tokoh yang bisa menjadi inspirasi.

Gambar: Petrus

1. Petrus (salah satu murid) - mudah berubah suasana hatinya dan impulsif, tetapi benar-benar mengasihi Yesus.

2. Yudas (murid yang mengkhianati Yesus) - kisah seorang pengkhianat di tengah sekelompok orang yang punya rasa persaudaraan kuat selalu menarik untuk diceritakan.

3. Paulus (menulis banyak surat dalam Perjanjian Baru) - yang tadinya membenci suatu pergerakan, tetapi kemudian berbalik mendukung.

4. Daniel & teman-temannya (kitab Daniel, dalam Perjanjian Lama) - berpegang teguh pada apa yang mereka percaya meskipun terancam oleh penganiayaan dan kematian.

Untuk membuat fiksi yang menarik, Anda bisa menggunakan beberapa tokoh di atas dalam cerita yang berlatar belakang kehidupan modern. Saya suka artikel berikut yang berjudul If Bible Characters kept blogs, dan Anda juga bisa mencoba menuliskan profil Facebook tokoh-tokoh tersebut.

Anda bisa menemukan daftar tokoh-tokoh Alkitab terkenal di sini.

Ide dari Perumpamaan

Gambar: Perumpamaan anak yang hilang

Dalam Injil, Yesus menyampaikan banyak perumpamaan kepada murid-murid-Nya dan kepada orang banyak. Kamus Merriam-Webster mendefinisikan "Perumpamaan" sebagai "sebuah cerita fiktif, biasanya pendek, yang menggambarkan sikap moral atau prinsip agama".

Anda dapat menemukan daftar perumpamaan Yesus di sini.

Jadi, bagaimana Anda bisa menggunakannya?

1. Menulis kembali perumpamaan tersebut dengan latar belakang kehidupan modern.

Jika Anda orang Kristen, Anda mungkin pernah mendengar beberapa kisah perumpamaan di gereja dengan latar belakang kehidupan modern (Orang Samaria yang baik hati adalah salah satu contoh yang populer).

Cobalah menceritakan salah satu dari perumpamaan tersebut dan gambarkan dalam suasana kota modern atau kantor berteknologi tinggi.

Anda bisa memodifikasi cerita dalam perumpamaan itu dan juga mengubah akhir ceritanya--ini bisa sangat efektif jika pembaca Anda sudah familiar dengan perumpamaan tersebut, dan mengira mereka tahu jalan cerita selanjutnya.

2. Gunakan jalan cerita dalam perumpamaan dan kembangkan menjadi cerita yang lebih panjang lagi.

Beberapa perumpamaan bisa dengan mudah diperluas dan dikembangkan menjadi cerita pendek-- bahkan novel. Kisah-kisah yang saya pikir akan sesuai, antara lain:

Kisah Hamba yang Kejam (seorang hamba diampuni dari utangnya yang banyak, tetapi kemudian menuntut pembayaran dari sesama hamba yang hanya berutang sedikit kepadanya). Anda bisa menuliskan perumpamaan ini dalam bentuk cerita pendek yang disertai kejutan, misalkan dengan mengarahkan pembaca untuk menduga bahwa hamba itu akan bermurah hati.

Kisah Anak yang Hilang (seorang pemuda menuntut bagian warisannya, menjalani hidup mewah sampai uangnya habis, berakhir miskin dan kembali ke rumah ayahnya). Plot ini baik untuk menceritakan perubahan karakter ketika seseorang memasuki usia dewasa.

Kisah Orang-orang Upahan yang Jahat (orang-orang yang dipercaya mengurus kebun anggur membunuh para hamba yang datang untuk mengumpulkan hasil panen, bahkan kemudian membunuh anak pemilik kebun). Ini bisa menjadi cerita film thriller atau kejahatan. (t/Jing-Jing)

Audio Alkitab untuk Ide Menulis

Diterjemahkan dari:
Nama situs : Daily Writing Tips
Alamat situs : http://www.dailywritingtips.com/using-the-bible-for-writing-ideas/
Judul asli artikel : Using the Bible for Writing Ideas
Penulis artikel : Ali Hale
Tanggal akses : 10 April 2017