Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PELITAKU

Loading

Menulis Naskah Drama Natal

Beberapa Petunjuk Menulis Naskah Drama Natal

Jika Anda seperti saya, selalu kesulitan menemukan naskah drama kelahiran Kristus yang baik untuk gereja, sekolah, atau kelompok Anda, mengapa tidak menulis karya Anda sendiri? Lagi pula, Anda mengerti ceritanya! Ditambah lagi, Anda pasti mempunyai beberapa lagu lama favorit yang dapat Anda pergunakan, dan jika tidak, pakai saja lagu-lagu Natal, semua orang menyukainya, dan penonton dapat menyanyikannya juga. Tertarik untuk mencoba? Baiklah, berikut ini beberapa petunjuk dan saran yang berguna.

Gambar: Karakter drama

  • Bila Anda memiliki kemampuan atau karakter tertentu dalam deretan pemeran Anda, bebaslah menciptakan naskah Anda sendiri untuk membuatnya personal bagi para pemeran. Mungkin seseorang bisa memainkan lagu Away in a Manger dengan gitar; mungkin Anda memiliki seorang anak yang akan mau menyanyikan Twinkle, Twinkle, Little Star secara solo; mungkin, di antara para pemeran Anda, ada tokoh istimewa/khusus dan mau memainkan peran yang kocak atau canggung. Bisa juga Anda menuliskan tentang kunjungan dari seorang komedian lokal, dan kemudian meminta naratornya memperbaiki cerita secara jenaka.
  • Gunakanlah lagu-lagu untuk memecah ceritanya sehingga Anda dapat bersiap untuk sebuah adegan baru dengan lancar. Saya menemukan bahwa jeda natural di bawah ini berfungsi dengan baik pada tiap naskah.
    1. Nada pembuka pilihan (boleh ada boleh tidak).
    2. Perjalanan Maria dan Yusuf (lagu perjalanan).
    3. Seorang bayi telah lahir (Lagu pengantar tidur/Away in a Manger, dll.).
    4. Malaikat berbicara kepada para gembala (lagu malaikat).
    5. Perjalanan para gembala ke Betlehem.
    6. Perjalanan orang Majus ke Betlehem.
    7. Lagu penutup/perayaan pilihan; mungkin menantikan datangnya hari Natal dan seterusnya.
  • Jika musik menyulitkan, manfaatkanlah kidung-kidung Natal, dan mintalah penonton berpartisipasi. Melihat daftar di atas, ada beberapa tip yang jelas: Little Donkey/O Little Town of Bethlehem, dll.; Away in a Manger; Hark The Herald Angels Sing; While Shepherds Watched Their Flocks; We 3 Kings of Orient Are; Twinkle, Twinkle, Little Star; We Wish You a Merry Christmas, dll..

Satu saran terakhir:

Jangan mengharapkan drama ideal, cukup suasana yang sempurna dan semangat kasih. Tujuan drama kelahiran ialah menceritakan kasih Allah. Jadi, jika Anda melihat drama Anda dimainkan, bersiaplah untuk kekacauan dan hal-hal yang berjalan tidak sebagaimana mestinya, itulah kenangan-kenangan yang akan bertahan lama yang dapat Anda tertawakan di kemudian hari. Ingatlah, drama tersebut adalah perayaan kelahiran Yesus, maka hal itu harus sama menyenangkannya dengan ulang tahun siapa pun juga. (t/Joy)

Audio Menulis Naskah Drama Natal

Diterjemahkan dari:
Nama situs : Zhang Baozz
Alamat situs : http://zhangbaozz.com/uncategorized/points-on-writing-a-christmas-nativity-script/
Judul asli artikel : Points On Writing A Christmas Nativity Script
Penulis artikel : Tidak dicantumkan
Tanggal akses : 22 Agustus 2017