Konsep Membuat Warta Gereja

Anda telah memutuskan untuk meluncurkan warta gereja? Jika ya, Anda telah melaksanakan bagian yang mudah. Selebihnya, Anda memerlukan banyak pemikiran, perencanaan, dan waktu untuk mewujudkannya. Walaupun tampak sederhana, kita perlu ingat bahwa media ini juga membutuhkan waktu dan tenaga.

Artikel ini menawarkan beberapa petunjuk dasar serta kiat untuk keseluruhan perencanaan dan penerbitan warta gereja yang informatif dan berkesan profesional.

Hal pertama yang perlu Anda pikirkan adalah frekuensi publikasi. Sebuah warta bisa terbit bulanan, dua bulanan, empat bulanan, atau enam bulanan, sesuai dengan kebutuhan gereja. Warta gereja yang terbit bulanan bermanfaat bagi gereja yang jemaatnya besar dan aktivitasnya tetap. Sebaliknya, gereja yang memunyai sedikit jemaat dan kegiatan barangkali hanya memerlukan warta gereja setiap dua bulan atau bahkan setiap semester. Setelah frekuensi terbit ditentukan, proses perencanaan warta gereja dapat dimulai.

Semua informasi penting tentang gereja serta kegiatan-kegiatannya, dan beberapa kegiatan ekstra lainnya, perlu dimuat di warta gereja. Ingatlah bahwa warta gereja yang sulit dibaca membuat pembaca tidak tertarik. Jika terlalu ramai, ditulis dalam banyak huruf dan warna, atau banyak teks yang berhuruf besar, biasanya orang enggan membaca termasuk halaman pertamanya sekalipun. Warta harus mudah dibaca dan menarik perhatian pembaca. Jika tidak, tak seorang pun yang mau membaca halaman pertamanya. Situs Sharefaith (www.sharefaith.com) menyediakan puluhan desain profesional untuk warta gereja. Ini adalah cara teraman dan paling efektif dalam menentukan tampilan yang baik.

Kita memerlukan nama dan tema untuk setiap warta gereja. Nama warta gereja dapat berupa nama gereja atau nama yang kreatif yang dapat memikat pembaca. Misalnya, Gereja Kristen Indonesia yang lokasinya di pesisir, warta gerejanya bisa bernama "Kabar Baik Pesisir". Selain itu, jika tema warta gereja menyatu, pikiran pembaca dapat berfokus pada keseluruhan isi pesannya. Tema-tema tersebut dapat berupa "Penjangkauan di Lingkungan Rumah", "Tips Menghindari Stres Hari Libur", "Ketetapan Allah", atau topik-topik lain yang akan mengoreksi dan menginspirasi pembaca.

Setelah nama dan temanya ditentukan, langkah berikutnya adalah menentukan sumber isi warta Anda. Warta gereja tidak hanya berisi seputar pengumuman dan informasi penting tentang gereja, tetapi juga artikel-artikel yang dapat memberikan dorongan serta bimbingan. Artikel-artikel tersebut dapat diambil dari beraneka ragam sumber. (Anda tentunya dapat memperoleh dan memakai bahan-bahan berkualitas dari publikasi-publikasi YLSA, asalkan Anda tidak menggunakannya untuk tujuan komersial. Anda juga harus mencantumkan SUMBER ASLI dari bahan yang diambil dan nama publikasi YLSA sebagai penerbit elektroniknya, Red).

Berikut ini adalah ide-ide lain untuk isi warta gereja yang bisa menjadi bahan tambahan yang bermanfaat:

  1. Ringkasan pendek tentang khotbah yang disampaikan minggu sebelumnya.
  2. Kalender kegiatan (Jadwal ibadah, dll.).
  3. Pengurus atau komisi gereja yang dapat dihubungi.
  4. Siapa kita dan apa yang kita lakukan -- visi gereja.
  5. Perubahan-perubahan penting dalam komisi -- lokasi kelas, perubahan-perubahan kepala komisi, penambahan kelas-kelas baru, dll..

Bersenang-senanglah memuat isi yang kreatif dan baru dalam setiap terbitan warta. Setiap usaha Anda untuk menyegarkan isi warta gereja Anda, akan membantu Anda membuat proses membaca warta itu lebih menyenangkan. Warta gereja adalah representasi gereja sebagai suatu kesatuan. Dengan demikian, warta tersebut harus dikerjakan dengan ketepatan dan kualitas yang tinggi.

Jemaat gereja merupakan gambaran Kristus dan gereja, demikian pula warta gereja merupakan gambaran Kristus dan gereja dalam bentuk tertulis. Jika warta gereja diambil oleh orang yang tidak menghadiri gereja, kita ingin orang tersebut melihat hasil yang berbobot, sesuatu yang mencerminkan kualitas tinggi gereja. Rasul Paulus mengatakan, "Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia." (Kolose 3:23) (t/Uly)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : Faith Clipart
Alamat URL : http://www.faithclipart.com/guide/christian-marketing-design-writing/cre...
Judul artikel : Creating the Church Newsletter - The Concept The Vital Steps to a Great Newsletter Praying Hands Church Newsletter
Penulis artikel : Amy Miller
Tanggal Akses : 20 November 2010