Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PELITAKU

Loading

Kesalahan Penggunaan Kata "Daripada"

Diringkas oleh: Santi T.

Para penutur bahasa Indonesia harus menggunakan kosakata dengan tepat supaya dapat menghasilkan pembicaraan yang enak didengar. Jika penggunaan kosakata tidak tepat, pembicaraan akan membingungkan pendengar. Pemilihan kata yang kurang tepat akan membuat kalimat menjadi samar-samar atau bahkan menggelikan dan bisa juga dari segi kaidah penulisan kata, kata tersebut tidak termasuk kata baku.

Gambar: Penulisan daripada

Pemilihan kata harus dilakukan dengan cermat agar kalimat dapat dipahami dengan baik. Misalnya, penggunaan kata "daripada" yang tidak tepat atau ungkapan yang harusnya menggunakan "daripada" diganti dengan kata lain.

Contoh:

  1. Kesalahan penulisan: ditulis secara terpisah, yaitu "dari pada".
  2. Kata "daripada" digunakan sebagai perangkai predikat dengan objek kalimat. Contoh: Saya tidak dapat menyetujui daripada pendapatnya. Seharusnya: Saya tidak dapat menyetujui pendapat itu.
  3. Kata "daripada" digunakan untuk menyatakan milik. Contoh: Amanat daripada kedua orangtuanya.

Fungsi kata "daripada" digunakan untuk menyatakan perbandingan. Contoh: Nilai ekspor Indonesia pada tahun 2010 lebih besar daripada nilai ekspor tahun sebelumnya. Kata "daripada" juga digunakan untuk menyatakan pilihan. Contoh: Lebih baik belajar daripada tidur. Terkait dengan kesalahan pemakaian kata "daripada" yang sudah banyak digunakan, marilah kita segera meluruskannya.

Diringkas dari:
Nama situs : Rubrik Bahasa
Alamat situs : https://rubrikbahasa.wordpress.com/2011/04/13/kesalahan-daripada/
Judul artikel : Kesalahan "Daripada"
Penulis artikel : Ninawati Syahrul
Tanggal akses : 3 Januari 2017