Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PELITAKU

Cara Menulis Artikel Kristen yang Mengagumkan

Ingin menulis artikel-artikel Kristen yang luar biasa? Apakah Anda memerlukan beberapa tip menulis? Berikut ini teknik-teknik sederhana untuk menciptakan artikel Kristen yang kreatif dan mengagumkan!

Pertama, ketahui dan pahami makna serta definisi kata "kekristenan". Menurut Kamus daring Encarta, kekristenan adalah: 1) Agama yang mengikuti pengajaran Yesus Kristus: agama yang didasarkan pada kehidupan, pengajaran, dan teladan Yesus Kristus; dan 2) Memegang teguh kepercayaan Kristen: suatu keadaan (ketika seseorang) berpegang pada kepercayaan Kristen atau menjadi orang Kristen.

Kata "Kristen" memiliki deskripsi senada: "Orang yang percaya pada Yesus Kristus sebagai Juru Selamat; seseorang yang percaya bahwa Yesus Kristus diutus ke dunia oleh Allah untuk menyelamatkan umat manusia dan yang berusaha mengikuti ajaran dan teladan-Nya." Jadi, kekristenan adalah sebuah agama yang mengikuti Yesus Kristus serta pengajaran-Nya, dan orang Kristen adalah seseorang yang percaya kepada Yesus dan berusaha meniru pengajaran dan teladan-Nya." Artikel Kristen Anda akan hidup dan informatif bila Anda terlebih dahulu memahami serta mempraktikkan kebenaran mendasar ini.

Gambar: Writing Christian

Kedua, ingatlah selalu bahwa ketika menulis artikel Kristen, menjadi orang Kristen atau mengenal dan berkomunikasi dengan orang Kristen lainnya akan sangat membantu, tetapi bukan keharusan. Menggali Alkitab akan membuat Anda mampu menulis artikel Kristen yang lebih baik, dan membekali Anda dengan fakta, informasi, dan kutipan-kutipan yang menarik. Menjalani kehidupan Kristen dan/atau berkomunikasi dengan orang-orang Kristen akan membuat artikel Anda otentik dan dapat dipercaya.

Ketiga, berdoalah meminta tuntunan dalam menulis artikel Anda. Jika Anda tidak terbiasa dengan doa, ambillah suatu waktu dalam sehari, khususnya sebelum Anda mulai menulis artikel itu, untuk melatih diri berdoa. Tetaplah berdoa selama penyusunan artikel. Doa akan membantu Anda tetap fokus dan memberi tuntunan serta inspirasi. Doa adalah makanan bagi penulis Kristen; Mazmur 23 dan 91 merupakan "nutrisi" yang berkualitas.

Keempat, buatlah garis besar yang komprehensif untuk artikel Anda. Gunakan teknik menulis kata ikhtisar yang familiar (umum), yaitu: apa, kapan, di mana, bagaimana, dan mengapa, untuk membentuk pokok pikiran utama dan menjelaskan gagasan Anda. Kelima kata ikhtisar ini akan menolong untuk membangun kerangka artikel Kristen yang menarik dan informatif.

Kelima, manfaatkan internet dan mesin pencarinya. Banyak informasi dapat dipetik dari perangkat pencari ini. Kamus daring, ensiklopedia, mesin pencari, dan perpustakaan daring akan membantu Anda mengumpulkan data-data yang penting. Di samping itu, beberapa sumber berikut mungkin akan berguna: Christian Writer's Market oleh Sally Stuart, The Christian Communicator Magazine, 100 Portraits of Christ oleh Henry Gariepy dan Bible Questions & Answers, Nelson Publication. Selain sumber tersebut, publikasi-publikasi Kristen lain akan melejitkan artikel Anda dengan kebenaran, kredibilitas, dan informasi faktual. Pastikan dan buatlah daftar referensi untuk kutipan dan informasi yang berkaitan dengan karya Anda.

Keenam, kerjakanlah artikel Kristen Anda pada pagi hari ketika Anda masih sepenuhnya segar.

Menulis pada permulaan hari akan meningkatkan ketajaman artikel Anda. Kebanyakan orang merasa lebih positif pada pagi hari, hormon kreativitas mereka mengalir dengan ringan dan konsisten. Namun, jika Anda adalah "orang malam", persiapkan bahan pada siang hari, soroti bagian-bagian yang hendak Anda sertakan dalam artikel sehingga ketika Anda telah siap menulis, perlengkapan Anda telah tersedia bagi Anda. Simpanlah bahan-bahan yang telah dikumpulkan untuk artikel Kristen Anda dalam suatu folder terpisah dan siap dipakai. Hal ini akan membuat artikel-artikel Anda tertata dan teratur.

Ketujuh, jika Anda merasa perlu memberi kesaksian dalam artikel Anda, berhati-hatilah untuk tidak menjelaskan terlalu panjang. Mungkin, ada peristiwa dalam kehidupan Anda yang menguji iman Anda kepada Allah atau suatu mukjizat yang membawa Anda semakin dekat kepada-Nya. Jika Anda dapat mengaitkan peristiwa-peristiwa tersebut dengan cara yang terbuka dan jelas, hal tersebut akan menambahkan nilai rasa pada artikel Anda dan menjadi penarik perhatian. Tuliskan kesaksian Anda dengan sederhana, penuh kebenaran, dan jujur. Orang sangat jeli menangkap kepalsuan, dan jika itu terjadi, dengan segera cerita Anda akan menjadi tidak relevan.

Teruslah mengingat kehidupan Kristus. Ia sederhana, tidak bertele-tele, jujur, dan penuh kebenaran. Ia tidak pernah berdebat panjang lebar, kecuali saat ketidakadilan merajalela. Ia hanya mengatakan apa yang perlu dikatakan, lalu berpindah. Ia tidak pernah memaksakan keyakinan-Nya pada siapa pun. Jika Anda selalu mengingat kebenaran ini, Anda akan menciptakan artikel Kristen yang menakjubkan, dan dalam prosesnya Anda dapat memenangkan jiwa-jiwa bagi Kristus.

Satu fakta sederhana dari penulis terkenal, Irving Wallace mungkin dapat memompa sukacita Anda bagi tulisan kristiani. Ia menulis, "Jika saya tidak dapat menghasilkan sepeser pun dengan menulis, saya bisa mencari nafkah lewat hal lain dan tetap menulis pada malam hari." Dengan perkataan lain, tetaplah pertahankan kerinduan Anda untuk menulis, sebab hal itu akan menopang Anda pada saat-saat yang baik ataupun buruk.

Sebagai rangkuman, kerjakanlah tugas Anda, galilah Alkitab, lakukan penelitian (bahan) yang diperlukan, jalani kehidupan kristiani Anda, dan pertahankan artikel Anda tetap sederhana dan jujur. Bila Anda mengikuti panduan ini, Anda akan menghasilkan artikel Kristen yang mengagumkan! (t/Joy)

Sumber dan referensi:

  1. Encarta Online Dictionary, Definitions of Christianity and Christian, Diambil pada 18 Juni 2003
  2. Sumber Daring, How to Write Good oleh Michael O'Donoghue, Diambil pada 18 Juni 2003, Quote from Irving Wallace
  3. Christian Writer's Market oleh Sally Stuart
  4. The Christian Communicator Magazine
  5. 100 Portraits of Christ oleh Henry Garpiepy
  6. Bible Questions & Answers, Nelson Publication

Audio Cara Menulis Artikel

Diterjemahkan dari:
Nama situs : Christian Fiction Factor
Alamat situs : http://christian.fictionfactor.com/articles/christianarticles.html
Judul asli artikel : How to Write Great Christian Articles
Penulis artikel : Toni Star
Tanggal akses : 19 Desember 2017