Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PELITAKU

Loading

"Atau" Bukan Sinonim dari "Ataupun"

Perhatikan judul artikel yang ditayangkan di situs daring sebuah grup media nasional. "Andiren: Kenal ataupun Nggak, Penilaian tentang Mike Sama Rata". Selintas tak ada yang aneh. Akan tetapi, kalau ditelusuri lebih lanjut, ternyata ada kesalahan di judul tersebut.

Banyak yang memahami "ataupun" sama saja dengan "atau". Karena itu, banyak tulisan yang memasang "ataupun" dalam makna "atau". Seperti dalam judul tadi. Seakan-akan "ataupun" sama dengan "atau". Padahal kedua kata sambung itu memiliki makna yang berbeda. Junaiyah H. Matanggui dalam bukunya "Kamus Sinonim", terbitan Grasindo, 2009, menguraikan hal itu.

Menurut Junaiyah, "atau" dipakai untuk menandai pilihan di antara beberapa yang tersedia. Atau, menghubungkan dua klausa atau lebih pilihan. Contoh: "Engkau yang pergi atau saya". Sedangkan, "ataupun" dipakai untuk menandai kesertaan, yang semakna dengan "dan". Kata itu dapat dipakai untuk menjajarkan rincian atau menjumlahkan. Contoh: "Saya ataupun keluarga saya akan berdarmawisata ke Gunung Anak Krakatau". Jadi, "atau" dan "ataupun" tidak sama makna.

Diterjemahkan dari:
Judul majalah : Intisari, September 2016
Judul asli artikel : "Atau" Tidak Sinonim dengan "Ataupun"
Penulis : Yds
Halaman : 175