Informasi COVID-19 untuk orang Kristen ada di:corona.sabda.org

Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PELITAKU

Lestarikan Warisan Budaya Kita Lewat Tulisan!

Shalom!

Menurut KBBI, sastra daerah adalah karya sastra yang ditulis dalam bahasa daerah. Tak hanya kitab-kitab sastra kuno, hikayat, dongeng, cerita rakyat, dan pantun dari masa lalu, kini cerpen, novel, maupun puisi berbahasa daerah juga dapat disebut sebagai sastra daerah, sastra daerah modern tepatnya.

Berkaitan dengan upaya pelestarian budaya, sastra daerah seharusnya dinilai sebagai alat yang paling efektif sebab sastra daerah tak hanya mengandung bahasa daerah, tetapi juga mengandung informasi tentang budaya serta adat istiadatnya. Sayangnya, berita yang kita baca akhir-akhir ini justru menunjukkan kurangnya perhatian masyarakat kita terhadap sastra daerah. Hal ini semakin diperparah oleh kurangnya dukungan dari pemerintah kita, yang menurut saya sering mengumandangkan pentingnya pelestarian budaya, namun gagal mendorong perkembangan sastra daerah.

Kiranya lewat sajian dalam edisi ini, kami dapat menggugah Sahabat sekalian untuk menyadari betapa berharganya sastra daerah yang kita miliki dan ikut ambil bagian dalam upaya pelestarian budaya kita, melalui karya-karya kita. Selamat membaca dan tetaplah berkarya! Tuhan Yesus memberkati kita sekalian!

Pemimpin Redaksi e-Penulis,

Yudo

< yudo(at)in-christ.net >

< http://pelitaku.sabda.org >

http://fb.sabda.org/penulis

Komentar