Frank Edward Peretti

Frank Edward Peretti, atau biasa disebut Frank Peretti, adalah seorang penulis Amerika yang terkenal melalui novel-novel kristiani, yang kebanyakan bertemakan hal-hal supernatural. Sampai hari ini, novel-novelnya sudah terjual sebanyak 15 juta kopi di seluruh dunia.

Frank Peretti lahir di Kanada, 13 Januari 1956 dan dibesarkan di Seattle, Washington. Semasa kanak-kanak, Frank kecil gemar sekali bercerita untuk teman-temannya. Setelah lulus dari dari sekolah menengah, ia menjadi anggota sebuah band "bluegrass" lokal dan kemudian melanjutkan studinya di UCLA, di bidang Bahasa Inggris, penulisan skenario dan perfilman, sambil membantu ayahnya menggembalakan jemaat di gereja Assembly of God. Pada tahun 1983, Frank Peretti melepaskan jabatan di gereja tersebut.

Pada tahun 1985, sementara bekerja di pabrik perlengkapan ski, Frank menulis dan menerbitkan cerita petualangan untuk anak-anak, yang berjudul "The Door in the Dragon's Throat", yang diterima dengan baik oleh pasar. Setahun kemudian, ia menerbitkan karyanya yang terkenal sampai hari ini, "This Present Darkness". Kepopuleran "This Present Darkness" tidak terjadi serta-merta, tetapi secara bertahap mulai dari pembicaraan orang-orang, sampai akhirnya mendongkrak penjualan novel ini. Menurut Christian Bookseller Association, buku ini menjadi best-seller selama 150 minggu berturut-turut dan telah terjual sebanyak 2 juta kopi di seluruh dunia.

Peretti juga mengambil tokoh-tokoh dari novel "The Door in Dragon's Throat" dan memakainya untuk menulis Seri "The Cooper Kids Adventure", yang berisi tiga judul lagi dengan petualangan yang mirip dengan "The Door in the Dragon's Throat".

Sepanjang tahun 1990-an, Peretti menjadi penulis penuh waktu. Ia menerbitkan novel-novelnya yang berjudul "Prophet" (1992), "The Oath" (1995), dan "The visitation" (1999). Ia juga menambahkan empat judul lagi ke dalam seri "The Cooper Kids Adventure". "The Oath", umumnya dinilai sebagai salah satu karya terbaik Peretti, terjual sebanyak satu juta kopi dan menerima Penghargaan "ECPA Gold Medal Book Award" untuk kategori Fiksi Terbaik pada tahun 1996. "The Visitation" menempati urutan ke-9 di daftar "New York Times Bestseller" dan kemudian diadaptasi ke dalam bentuk film pada tahun 2006.

Tak hanya menulis fiksi. Pada tahun 2000, Peretti menulis buku-buku nonfiksi, yang membahas tentang "bullying" berjudul "No More Victims" (2001) dan "No More Bullies" (2003). Ia juga menulis autobiografinya yang berjudul "The Wounded Spirit" (2000). Dalam autobiografinya ini, Peretti membahas tentang perjuangannya pada masa kanak-kanak yang diakibatkan kecacatan fisiknya, serta menyoroti bagaimana masyarakat dapat melukai seorang anak secara emosional.

Pada tahun 2001, Peretti juga menerbitkan novel berjudul "The Hangman's Curse", judul pertama untuk seri "The Veritas Project" yang ditujukan untuk pembaca remaja. Buku ini langsung menjadi terkenal di kalangan remaja dan pemuda, dan sempat diadaptasi menjadi film berbiaya rendah pada tahun 2004. Buku kedua dari seri "Veritas Project" berjudul "Nightmare Academy", yang diterbitkan pada tahun 2002 juga mendulang sukses yang sama seperti pendahulunya. Menurut Penerbit Thomas Nelson, jumlah penjualan kedua buku tersebut mencapai 500.000 kopi. Peretti juga mengumumkan bahwa akan ada tambahan judul yang baru lagi bagi seri ini di tahun-tahun mendatang.

Novel Peretti setelah tahun 2000 adalah sebuah "thriller" berjudul "Monster" (2005). Ceritanya bermain-main dengan legenda "Bigfoot", dan mengeksplorasi isu teori "survival of the fittest" dan penolakan para kreasionis terhadap teori evolusi. Novel ini menempati peringkat ke-34 di daftar "New York Times Bestseller" di minggu pertama, dan terus menanjak ke peringkat 29 di minggu kedua.

Pada bulan April 2006, Perreti dan penulis novel supernatural lainnya, Ted Dekker, mengerjakan proyek menulis bersama berjudul "The House". Novel ini mendapat penilaian yang beragam dari penggemar masing-masing penulis, namun novel ini cukup populer untuk menginspirasi pembuatan filmnya. Dengan dibintangi Michael Madsen, film ini pertama kali diputar di bioskop pada tahun 2008.

Pada bulan April 2010, Pereti telah menandatangani kontrak dengan penerbit Howard Books (divisi dari Simon & Schuster) untuk menulis sebuah novel yang diterbitkan di akhir 2011. Novel ini dilepas ke pasaran dengan judul "Illusion" pada bulan Maret 2012. (t\yudo)

Diterjemahkan dan disunting seperlunya dari:

Nama situs : Wikipedia
Alamat URL : http://en.wikipedia.org/wiki/Frank_Peretti
Penulis : tidak dicantumkan
Tanggal akses : 18 April 2012