Dunia Maya sebagai Tempat Menggali dan Berkreasi bagi Penulis

Oleh: R.S. Kurnia

Kekayaan dunia internet atau dunia maya tidak sekadar menghadirkan peluang bagi para penulis, khususnya penulis pemula. Kalau Anda masuk kategori pemula, Anda tidak perlu khawatir. Internet itu bagaikan perpustakaan raksasa yang menyediakan begitu banyak bahan dan informasi yang sangat berharga bagi Anda. Yang Anda perlukan hanya membuka alat penjelajah Anda lalu menelusuri perpustakaan maya ini.

Ada dua hal yang bisa Anda maksimalkan dari kehadiran internet. Hal yang pertama berkenaan dengan apa yang baru saja disajikan di atas itu. Sedangkan hal yang kedua, Anda dapat memanfaatkan fasilitas dan teknologi yang tersedia.

  1. MEMANFAATKAN PERPUSTAKAAN TERBESAR DI DUNIA

    Cobalah Anda mengetik kata "writing" pada mesin pencari. Anda akan menemukan setidaknya 324.000.000 (saat tulisan ini dibuat -- Red) situs maupun halaman web. Cobalah lagi dengan kata "penulis", dan Anda akan menemukan 5.900.000 (saat tulisan ini dibuat -- Red) halaman situs yang memuat kata tersebut atau yang memang berfokus atau membahas masalah penulisan.

    Dari hasil pencarian tersebut, beberapa yang ada di daftar pada hasil pencarian umumnya memang berupa situs yang berkenaan dengan apa yang Anda cari. Kalau Anda tekun menelusuri hasil pencarian tersebut, tentu Anda akan menemukan situs web lain yang membahas aspek-aspek penulisan secara tuntas. Materi-materi dasar penulisan yang mungkin diawali dengan motivasi menulis hingga materi tingkat lanjut yang akan mengarahkan Anda untuk menguasai teknik penulisan jenis tulisan tertentu juga dapat ditemukan di situs-situs web.

    Memang harus diakui, perkembangan dunia tulisan di dunia Barat jauh lebih berkembang pesat daripada di Indonesia. Oleh karena itu, tidak usah heran bila Anda lebih banyak menemukan situs web dalam bahasa Inggris. Tapi tidak mengapa, siapa tahu dengan demikian kemampuan menulis Anda pun berkembang, tidak hanya dalam bahasa Indonesia, tetapi juga dalam bahasa Inggris.

    Namun, bukan berarti tidak ada situs khusus yang akan menolong Anda. Berikut ini beberapa situs dan ulasan singkat isinya yang bisa Anda manfaatkan untuk menambah pengetahuan seputar dunia tulis-menulis.

    1. Penulis Literatur Kristen dan Umum (Pelitaku)
      http://pelitaku.sabda.org/
      Situs ini hadir di tengah minimnya situs tulis-menulis yang didasarkan pada kekristenan. Saat ini, selain menyediakan beragam artikel seputar tulis-menulis, sekaligus menjadi arsip e-Penulis, Pelitaku juga menyediakan forum diskusi yang membahas beberapa kategori menarik.

    2. AEIOU
      http://aeiou-aeiou.blogspot.com/
      Situs blog ini dikelola oleh David Andreas dan Peter Purwanegara. Adapun artikel-artikel yang dipasang di blog ini tidak sekadar seputar tulis-menulis, tapi juga budaya membaca. Beberapa tautan pada bagian Tetangga dan Sahabat juga berkenaan dengan tulis-menulis dan budaya membaca sehingga Anda sekaligus mendapatkan sumber informasi yang lainnya.

    3. Penulis Lepas
      http://www.penulislepas.com/
      Situs ini memang bukan situs penulis Kristen. Namun, informasi yang ada di dalamnya tergolong kaya. Bahkan umumnya, berbagai lomba maupun sayembara penulisan cukup sering diumumkan di sini. Penulis Lepas juga menyediakan halaman lowongan di dunia tulis-menulis.

    4. Kemudian: menulis, membaca, mengapresiasi
      http://kemudian.com/
      Situs ini bisa dibilang sebagai ajang yang sangat baik untuk menjadi penulis. Kalau Anda memang berniat untuk mengasah diri, silakan mendaftar di sini. Konsep yang mereka tawarkan, Anda mengirim tulisan, lalu anggota lainnya akan melengkapi dan memberi masukan sehingga tulisan Anda akan berkembang ke arah yang lebih baik.

    5. Writer`s Digest
      http://www.writersdigest.com/
      Ini situs berbahasa Inggris yang sangat komplit. Representasi dari majalah Writer`s Digest yang terkenal sejak 1920. Bengkel kerja (workshop) juga tersedia, di samping tips-tips penulisan. Kalau Anda memang berniat menulis dalam bahasa Inggris, situs ini jelas sangat bermanfaat bagi Anda.

  2. MEMANFAATKAN FASILITAS DAN TEKNOLOGI YANG DITAWARKAN

    Pada artikel 1, memang disebutkan kalau pengetahuan tentang dunia web bukanlah sesuatu yang mutlak bagi penulis. Namun, semakin Anda mengenalnya, semakin baik pula presentasi tulisan Anda. Tidak perlu bingung karena teknologi sekarang ini memungkinkan Anda untuk mengatur isi tulisan Anda dengan lebih mudah, tanpa mesti mengenal hal-hal teknis secara "njelimet".

    Ada beberapa situs penyedia blog yang menawarkan pengaturan sederhana dengan alamat khusus hanya untuk blog Anda tersebut.

    1. Wordpress
      http://wordpress.com/
      Sebagai salah satu situs penyedia blog, Wordpress menyediakan beragam fitur menarik. Salah satunya, fitur "autosave". Ketika menulis blog, dalam kurun waktu tertentu, Wordpress akan menyimpan hasil tulisan Anda dalam bentuk draf yang sewaktu-waktu dapat dilanjutkan kembali. Ini tentu saja membantu karena siapa yang tahu listrik akan padam? Fitur lainnya, Anda dapat memantau jumlah kunjungan dalam sehari, sepekan, atau sebulan, lengkap dengan grafiknya. Kalau Anda mengerti CSS, Anda dapat memodifikasi sesuai selera. Wordpress juga menyediakan beragam "theme" yang senantiasa bertambah dari waktu ke waktu. Fitur gratis lainnya ialah Snap! yang akan menampilkan tampilan dari sebuah tautan situs luar. Komentar-komentar yang masuk pun dapat diatur untuk dimoderasi terlebih dahulu. Selain itu, di Wordpress, Anda dapat mengundang teman-teman Anda untuk berbagian dalam halaman blog Anda, entah sebagai kontributor, entah sebagai editor. Adapun kapasitas penyimpanan berkas yang disediakan baru sejumlah 50 MB. Sebelumnya, Wordpress hanya menekankan pembagian berdasarkan kategori. Namun seiring perkembangan, mereka juga memberi kesempatan bagi pengelola untuk melengkapi tulisan mereka dengan sistem "tagging" ini. Adapun pola alamat situs blog Anda akan menjadi:
      http://namablogAnda.wordpress.com/

    2. Blogger
      http://www.blogger.com/
      Hampir seperti Wordpress, situs blog yang berafiliasi dengan Google ini cukup banyak penggunanya. Di sini, komentar juga bisa dipilih untuk dimoderasi dulu, atau dikhususkan bagi mereka yang punya akun Google. Dari segi "theme", Blogger masih kalah ketimbang Wordpress karena hanya memberikan dua belas pilihan. Pada Blogger, alamat blog Anda berpola serupa seperti pada Wordpress, yaitu:
      http://namablogAnda.blogspot.com/

    3. Friendster
      http://www.friendster.com/
      Situs satu ini lebih dikenal sebagai situs berbasis komunitas. Jadi, blog bukanlah hal utama yang ditawarkan, hanya menjadi pelengkap saja. Meski demikian, Anda tetap dapat menggunakannya untuk berekspresi melalui tulisan. Tapi karena blog bukan yang utama, fitur yang ditawarkan jelas belum dapat menyaingi situs-situs penyedia blog lainnya. "Theme" yang ditawarkan juga sangat terbatas dan tampaknya tidak ada upaya penambahan. Tulisan Anda juga dapat dikategorikan sesuai selera Anda. Bedanya, Friendster tidak menggunakan sistem "tagging", hanya kategori. Adapun pola alamat blog pada Friendster lebih sulit diingat karena terlalu panjang. Polanya sebagai berikut.
      http://namapilihan.blogs.friendster.com/judulblogAnda/

    4. Multiply
      http://www.multiply.com/
      Sama seperti Friendster, Multiply mengintegrasikan jaringan komunitas dengan blog. Salah satu fitur baru yang sedang dikembangkan tim Multiply ialah fitur yang memungkinkan Anda untuk mengirimkan tulisan via e-mail. Anda juga bisa mengimpor tulisan dari blog-blog lain, seperti LiveJournal, Blogger, TypePad, Xanga, Windows Live Spaces, atau Yahoo! 360. Selain itu, alamat yang diberikan juga menyerupai pola alamat pada Wordpress dan Blogger. Secara mendasar, blog Anda akan tampil di halaman depan pada seksi blog.

    5. SABDA Space
      http://www.sabdaspace.org/
      Berbeda dengan situs-situs blog lainnya, situs satu ini lebih diarahkan kepada komunitas blogger itu sendiri. Para pengguna tidak memiliki alamat situs blog secara personal seperti pada penyedia blog lainnya. Semua blogger memiliki akun sendiri, namun menuangkan segala ekspresi dan kreativitasnya pada halaman yang bisa dinikmati semua orang. Fitur yang disediakan cukup interaktif. Selain sebuah "shoutbox", para pengguna dapat saling berkomunikasi secara pribadi lewat "Private Message".

    Beberapa situs penyedia blog lainnya didaftarkan di bawah ini.

    1. Praize!
      http://www.praize.com/blog/
      Sistem manajemen blog secara umum bisa Anda temukan di sini. Kalau mendaftar, Anda sekaligus mendapatkan fasilitas e-mail dari Praize.com. Ada 41 "template" yang bisa dipilih. Sayangnya, setiap postingan tidak disertai dengan kategori dan sistem tagging. Pola alamat blog Anda di sini: http://blogs.praize.com/namapenggunaAnda
    2. Blogdrive
      http://www.blogdrive.com/
      Selain hal-hal mendasar, blogdrive menawarkan fitur multipel blog dan penulis di bawah satu akun. Penyuntingannya juga dengan sistem WYSIWYG (What You See is Wat You Get). "Template", penyusunan, plus "tagboard" juga tersedia. Yang menarik ialah fitur Blogdrive Mini-MEditor yang memungkinkan Anda untuk menulis blog tanpa harus masuk ke seksi admin.
      Pola alamat di sini: http://namablogAnda.blogdrive.com/

    3. LiveJournal
      http://www.livejournal.com/
      Mulai melayani sejak 1999, saat ini sudah ada lebih dari 14.000.000 pengguna. LiveJournal juga merupakan situs berbasis komunitas. Dan tentu saja, blog menjadi salah satu fasilitasnya.

    Bila Anda berminat untuk mengembangkan blog Anda dari segi fitur dan tampilan, Anda memang perlu belajar banyak dalam urusan teknis.

  3. MILIS SEBAGAI ALTERNATIF LAIN

    Anda juga bisa memanfaatkan sejumlah milis untuk berdiskusi dengan sesama penulis lain. Diskusi seperti ini, meski memanfaatkan media sederhana (bila dibandingkan halaman web), tetap akan membantu mengembangkan karier Anda sebagai penulis. Sejumlah milis penulis, baik Kristen maupun umum, bisa Anda temukan. Sebelum memutuskan untuk bergabung pada salah satu milis, sebaiknya Anda juga mempertimbangkan faktor intensitas diskusi yang berlangsung. Semakin tinggi interaksinya, semakin mungkin Anda menemukan banyak hal positif di dalamnya. Intensitas diskusi bisa ditelusuri dari halaman arsip.

    Berikut ini beberapa milis penulis Kristen yang bisa Anda ikuti.

    1. Komunitas Penjunan
      Komunitas-Penjunan-subscribe(at)yahoogroups.com
    2. Forum Pena Agape (Fornape)
      fornape-subscribe(at)yahoogroups.com
    3. matiasrasulkaj
      matiasrasulkaj-subscribe(at)yahoogroups.com
    4. ayonulis
      ayonulis-subscribe(at)yahoogroups.com
    5. penulis_kristen
      penulis_kristen-subscribe(at)yahoogroups.com

Nah, siap menjadi penulis? Manfaatkan kekayaan dunia maya. Siapa tahu tulisan Anda malah memancing para penerbit untuk menerbitkannya? Selamat berselancar, selamat berkarya.