Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PELITAKU

Cara Menemukan Sukacita dalam Menulis

Ada kenikmatan dan kekuatan dalam seni berlatih menulis, bukan hanya dalam menghasilkan tulisan belaka. Dan, semakin banyak orang yang menyadari hal ini, tulisan pribadi mulai menjadi suatu bentuk tersendiri dari ekspresi artistik. Itu bukan lagi semata tulisan yang Anda buat sebelum dapat diterbitkan.

Gambar: Joy of Writing

Jika Anda ingin meletakkan pena di atas kertas dan menyaksikan apa yang muncul, sekaranglah saatnya untuk membangkitkan jati diri Anda sebagai seorang penulis. Dengan menemukan kembali, atau mungkin menemukan untuk pertama kalinya, bahwa suatu tindakan sederhana, yaitu menulis, merupakan proses yang transformatif. Anda dapat mengurangi tekanan yang mengekang kreativitas dan membuka diri terhadap apa yang sesungguhnya ingin Anda ungkapkan. Anda akan menemukan bahwa kepuasan terbesar dalam menulis tidak terletak pada masa depan ketika tulisan Anda diterbitkan dan diakui oleh khalayak ramai, tetapi bertumbuh seiring proses menuangkan gagasan Anda ke atas kertas. Hasilnya, Anda akan mulai menikmati kebebasan suara kreatif Anda sendiri, memiliki pengertian yang baru, dan lebih bersemangat tentang diri, serta menuai hasil yang ada dalam jangkauan Anda saat ini, sebagaimana adanya Anda.

Galilah Suara Anda

Setiap orang dilahirkan dengan cara yang unik untuk melihat dunia, dan dengan potensi tidak terbatas untuk berpikir kreatif. Namun, semasa kita bertambah dewasa, kita dipaksa untuk mengekang banyak kreativitas dengan alasan untuk dapat "menyesuaikan diri dalam masyarakat". Melalui tulisan pribadi, Anda dapat menggali kembali suara kreatif itu.

Baik dalam buku maupun komputer, Anda bisa menciptakan suatu ruang yang aman dan membangun, tempat suara Anda dapat tertuang dengan bebas. Hanya dengan mengenali pemikiran Anda yang khas, meski tidak menceritakannya kepada siapa pun, Anda dapat menemukan kembali kreativitas alami Anda dan melukiskan pemandangan psikologis dan spiritual Anda.

Selagi menyingkapkan lebih banyak tentang diri Anda sendiri di atas lembaran halaman, Anda akan mengenali pola Anda dalam berpikir, berperilaku, ataupun bereaksi terhadap keadaan atau orang-orang dalam kehidupan Anda. Kesadaran diri seperti ini akan membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik, memahami situasi sulit, serta menata perasaan. Hal itu merupakan cara yang ampuh untuk menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan Anda yang paling sukar. Pada waktu lain, hal itu juga dapat mengingatkan Anda bahwa tidak ada jawaban yang mudah, dan inilah akar dari hikmat.

Temukan Gaya Menulis Anda

Saat menggali suara Anda, Anda juga akan melangkah ke dalam gaya menulis pribadi Anda. Para penulis sering ditanya tentang "gaya", istilah yang dipakai oleh guru dan kritikus sastra dalam kalimat seperti, "Dia menulis dengan gaya yang mengingatkan pada Hemingway". Itu adalah sesuatu yang dimiliki oleh para penulis besar, tetapi guru terbaik pun tidak benar-benar dapat mengajarkan bagaimana cara mengembangkannya.

Gaya menulis adalah ekspresi dari suara Anda yang khas dan keluar melalui tindakan menulis itu sendiri. Gaya Anda akan lebih mudah muncul ketika Anda menulis tanpa memusingkan apa yang akan dipikirkan orang lain tentang Anda. Hal ini lebih dari sekadar mendorong timbulnya gaya menulis Anda, tetapi juga membantu memahami betapa pentingnya untuk tidak menekan "keunikan" diri hanya karena ingin menjadi seperti penulis favorit Anda, atau karena tidak sesuai dengan konsep Anda tentang seorang penulis yang "baik".

Tulisan pribadi memberi ruang yang aman untuk membuat gaya Anda muncul, dan merupakan alat yang berharga untuk menolong Anda bersahabat dengan gaya tersebut sebagai refleksi yang jujur tentang diri sendiri dan apa yang hendak Anda sampaikan kepada dunia.

Selagi Anda mulai menyambut suara dan gaya pribadi Anda di atas kertas, Anda akan melihat tulisan Anda menjadi lebih tegas. Pada saat yang sama, Anda akan menemukan betapa kehidupan Anda di luar sana lebih kaya, dan pengamatan serta indra Anda menjadi lebih tajam.

Misalnya, "Hari ini, aku pergi ke kebun binatang" bisa berubah menjadi, "Beruang kutub tadi terlihat sedih, dan bau air kencing monyet sangat menyengat". Secara alami, Anda akan mulai menyerap lingkungan dengan cara yang baru sehingga hal-hal kecil sehari-hari menjadi menarik, dan ke mana pun Anda melihat, Anda akan menemukan bahan yang inspiratif untuk ditulis.

"Lihatlah ke Timur" untuk Mencari Jawaban

Kelihatannya ajaib bahwa begitu banyaknya kreativitas, pengenalan diri, dan kebijaksanaan bisa datang hanya dengan tindakan sederhana seperti membuat tulisan pribadi. Namun demikian, menulis tidak selalu sederhana. Itu merupakan tantangan untuk menemukan waktu dan kondisi yang cocok untuk masuk ke dalam "alam pikir penulis", tempat kata-kata mengalir dengan bebas, dan Anda bisa menjadi diri sendiri. Dalam hal ini, latihan menulis menghadirkan tantangan yang sama seperti meditasi ala Timur, yang amat sulit khususnya bagi orang Barat. Kali pertama memasuki kelas meditasi, Anda disuruh menutup mata dan hanya mendengar. Mungkin Anda merasa jengah, mengkhawatirkan apa yang sedang dilakukan semua orang lain di sana, atau memikirkan masak apa untuk makan malam.

Gambar: Power of Writing

Kemudian, setelah beberapa kali, hal itu menjadi lebih mudah. Anda akan mulai bisa mendengar embusan napas pelan dari teman-teman sekelas, pergerakan mereka di atas matras, suara batuk, suara dengusan halus. Dan, Anda akan mendengar kebisingan pikiran Anda. Saat Anda belajar tenang, mengenali, hal itu akan membawa Anda seirama dengan kehidupan, kebisingan, dan keanehan, termasuk menelanjangi emosi dan pikiran-pikiran Anda. Ini adalah "penyelarasan" yang sama dengan yang bisa Anda dapatkan dengan menulis secara bebas di atas halaman catatan pribadi Anda. Dan, hal ini bekerja dengan tantangan yang sama yang Anda hadapi dalam meditasi, dan Anda harus mengambil waktu menenangkan diri dari aktivitas kehidupan untuk mempraktikkannya. Namun, untungnya, Anda tidak perlu duduk bersila di atas matras selama 20 menit untuk merasakan "penyelarasan" ini. Anda bisa menulis di mana saja, kapan saja. Seperti dikatakan Alice Walker tentang menulis, "Anda bahkan bisa melakukannya di atas tempat tidur."

Pelan-Pelan Saja

Tulisan pribadi, seperti halnya anak-anak dan meditasi dan kemacetan, memperlambat Anda dan membuat Anda sadar akan satu-satunya hal yang pasti dalam kehidupan pada detik ini. Hal ini tidak mudah dilakukan. Tidak banyak semangat yang mendorong kita untuk menyimak dengan sungguh-sungguh apa yang ada pada saat ini. Sebaliknya, Anda telah diajari untuk berfokus pada pencapaian dan bergerak maju. Dengan menuliskan apa yang ada pada kehidupan Anda saat ini, Anda berhadapan dengan aspek dari apa yang Anda harapkan pada kehidupan Anda.

Kadang, terasa menakutkan untuk menerima bahwa di sinilah Anda berada saat ini. Pada kesempatan lain, sungguh menyenangkan saat Anda menyadari bahwa Anda sedang melakukan sesuatu yang selama ini Anda dambakan, atau bahwa Anda telah mengukirkan suatu kehidupan yang memuaskan yang belum pernah Anda bayangkan. Saat Anda mulai terbiasa menyaksikan kehidupan Anda dalam kata-kata, Anda akan memperoleh penghargaan dan pengertian yang lebih besar tentang jalannya kehidupan Anda.

Saya telah bercakap-cakap dengan para penulis yang mengenang masa lalu mereka ketika semua tulisan mereka hanya dinikmati sendiri, sebelum para editor, agen, dan pembaca memengaruhi karya mereka. Seorang kawan yang sudah menerbitkan beberapa koleksi cerpen bercerita bahwa ia telah menghabiskan tiga tahun lamanya menulis untuk diri sendiri, sebelum memikirkan penerbitan, dan sekarang ia menyesal, berharap seharusnya ia dahulu menghabiskan 10 tahun (untuk menulis pribadi). Ia mengatakan bahwa masa sebelum datangnya tekanan pasar menyeret semangat kreatif Anda adalah masa terbaik dalam kehidupan menulis. Mungkin Anda berpikir adalah mudah bagi para penulis yang tulisannya telah diterbitkan untuk meratapi berakhirnya sukacita masa prapenerbitan. Namun, melihat ke belakang, ini merupakan penanda bahwa, diterbitkan ataupun tidak, Anda telah dapat mencapai hadiah paling memuaskan yang dapat diberikan oleh aktivitas menulis.

Baik Anda mencita-citakan adanya penerbitan atau tidak, Anda dapat menggunakan tulisan pribadi sebagai cara untuk menerima tempat Anda berada saat ini pada jalan penulisan Anda. Sebab, dalam menulis, demikian juga dalam kehidupan, menikmati perjalanan adalah tujuan yang tertinggi. (t/Joy)

Audio Menemukan Sukacita Menulis

Diterjemahkan dari:
Nama situs : Writer's Digest
Alamat situs : http://www.writersdigest.com/qp7-migration-all-articles/qp7-migration-career-advice/how_to_find_the_joy_of_writing
Judul asli artikel : How to Find the Joy of Writing
Penulis artikel : Wendy Knerr
Tanggal akses : 11 Desember 2017