Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PELITAKU

Loading

Tentang Kami

Situs PELITAKU merupakan situs yang menjadi wadah bagi para penulis, baik penulis awam maupun mereka yang telah mahir. Situs ini juga akan menjadi wadah bagi setiap tulisan menyangkut dunia tulis-menulis (dalam bentuk artikel, makalah penelitian, biografi, feature) setiap anggotanya sehingga tiap anggota dapat saling berbagi dalam banyak hal seputar penulisan.

Latar Belakang

Maraknya kemunculan generasi baru dalam dunia penulisan yang salah satunya ditopang oleh kehadiran teknologi cyber saat ini telah menjadi fenomena tersendiri yang patut dicermati. Pada saat dunia penulisan di media cetak sering kali harus menerapkan beragam syarat yang masih sulit dipenuhi oleh kebanyakan orang, dunia internet telah menjadi solusi yang jauh lebih praktis. Bahkan ruang lingkup yang ditawarkan lebih mengglobal. Kehadiran situs PELITAKU dalam era teknologi cyber memungkinkan pelayanan di bidang literatur menjadi semakin luas dan lebih dinamis lagi. Sejauh ini YLSA telah meluncurkan Milis Publikasi e-Penulis sebagai upaya mewadahi dan memperlengkapi mereka yang mempunyai minat dalam pelayanan di bidang literatur.

Situs PELITAKU pada dasarnya adalah sebuah langkah pengembangan dari Milis Publikasi e-Penulis yang merupakan newsletter dwi mingguan lewat email). Selain sebagai wadah arsip artikel-artikel yang pernah diterbitkan oleh Milis Publikasi e-Penulis, situs ini juga akan menjadi tempat menampilkan artikel lain seputar dunia penulisan termasuk tulisan para anggota Situs PELITAKU.

Visi

Memotivasi penulis Kristen agar dapat berdampak bagi perkembangan literatur Kristen maupun sekuler.

Misi

  1. Memperlengkapi setiap orang yang ingin mewarnai dunia penulisan sekuler dengan pesan-pesan kasih Kristus, dengan cara menyediakan bahan-bahan yang bermutu seperti artikel dan tips seputar dunia penulisan.

  2. Menjadi wadah untuk dapat saling belajar dengan cara membagikan pengalaman, ide, nasihat, dorongan, dan semangat.

  3. Menyediakan tempat, khususnya bagi para penulis Kristen pemula, untuk menerbitkan hasil tulisan-tulisannya.

Tujuan

Sebagai sarana menampilkan karya-karya serta artikel dan tips tentang hal-hal di dunia tulis menulis, yang dapat membantu mengembangkan teknik dan wawasan dalam menulis. Secara khusus, situs ini juga diharapkan dapat memperkenalkan, mempersatukan, memperlengkapi, dan memunculkan para penulis Kristen yang baik dan juga anak-anak Tuhan yang selama ini sebenarnya memiliki bakat terpendam dalam hal dunia penulisan, namun masih belum memiliki wahana untuk mempublikasikan karyanya kepada masyarakat umum.

Target

Adapun yang diharapkan menjadi anggota Situs PELITAKU ini adalah pihak-pihak yang disebutkan sebagai berikut.

  1. Anggota Milis Publikasi e-Penulis.

  2. Penulis lepas, jurnalis, dan mereka yang bergiat di media massa.

  3. Penulis buku dan mereka yang bergiat di dunia literatur.

  4. Pengajar atau mahasiswa di bidang studi yang berhubungan dengan dunia penulisan.

  5. Editor media cetak dan elektronik atau penerbitan.

  6. Anggota kelompok-kelompok penulis Kristen.

  7. Orang-orang Kristen atau para penulis pemula lainnya yang memiliki minat dan hobi di bidang tulis-menulis atau yang ingin belajar menulis.

Organisasi Isi:

Isi Situs PELITAKU disusun berdasarkan kategori bahan-bahan tulisan. Dalam situs ini terdapat sembilan kategori, yaitu: Situs-Situs Kepenulisan, Dunia Penulisan Kristen, Jenis-jenis Tulisan, Tips dan Trik Menulis, Pengalaman Para Penulis, Biografi Penulis Terkenal, Serba-serbi Dunia Penulisan, Budaya Menulis dan Membaca dan Kaidah dan Pemakaian Bahasa. Artikel-artikel dalam situs ini juga dapat ditelursuri melalui mesin pencari.

Partisipasi Pengunjung Situs PELITAKU

Para pengunjung Situs PELITAKU diundang untuk berpartisipasi dengan:

  1. Mengirimkan artikel, tips dan karya fiksi seputar penulis.

  2. Memberikan informasi tentang situs-situs penulis lain atau situs yang terkait.

  3. Memberikan pesan dan saran agar situs ini dapat berkembang lebih baik dan melayani secara lebih luas.

  4. Menyebarkan informasi tentang situs PELITAKU kepada rekan-rekan lain.

Berlangganan Publikasi e-Penulis:

Bagi Anda yang ingin menerima kiriman publikasi e-Penulis melalui email secara rutin, silakan mendaftarkan diri dengan mengirim e-mail kosong ke: < subscribe-i-kan-penulis(at)hub.xc.org >

Undangan untuk Mendukung Pelayanan YLSA

Yayasan Lembaga SABDA membagikan dan menyebarkan bahan-bahan e-Penulis secara gratis. Hal ini dimungkinkan karena ada orang-orang yang mendukung pelayanan YLSA dengan sumbangan dana (donatur). Karena itu kami juga ingin mengundang Anda untuk ikut menanggung beban pelayanan ini dengan menjadi donatur. Kirimkan dukungan Anda ke:

Yayasan Lembaga SABDA
a.n. Yulia Oeniyati
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo
No. Rekening: 0790266579