Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PELITAKU

Loading

Semua Orang Ingin Jadi Kritikus

Kritik sering kali berkonotasi negatif. Jika dikatakan ada orang yang mengkritik, kesannya orang itu adalah seorang pencela, pikirannya negatif, kasar atau bahkan jahat. Padahal, kata kritik berasal dari bahasa Yunani, "kritikos" yang artinya `mampu menilai`. Sementara mampu menilai sendiri berarti melihat dengan mata atau intelektualitas, untuk mengenali dan memahami.

Jika Anda pernah membaca sebuah buku dan memiliki opini atasnya, Anda adalah seorang kritikus buku. Pada dasarnya, kebanyakan orang tidak bisa tidak memiliki penilaian atas buku yang ia baca. Namun, seperti apa penilaian yang dibuat seorang kritikus buku? Bagaimana pula kritikus melakukannya?

Pertanyaan: Sahabat seorang Kritikus
Ajukanlah pertanyaan yang tepat. Ada banyak cara untuk melihat sebuah teks dan di setiap cara yang digunakan itu, suatu pertanyaan tertentu akan muncul dan jawabannya akan memberikan suatu pelajaran luar biasa.

Untuk membantu memulainya, ada lima pertanyaan besar yang bisa dipakai.

Pertanyaan 1: Apa yang membuat buku ini bagus?
Saya kira kritikus memiliki tanggung jawab untuk menambahkan pengetahuan bagi pembaca saat mereka menikmati sebuah buku. Dan saya juga berpikir mereka akan bisa lebih banyak menambahkan pengetahuan itu saat mereka menekankan hal yang positif.

Pertanyaan 2: Apa kelebihan buku ini?
Sebagai seorang kritikus, kejujuran amat penting. Dan jujur saja, ada beberapa bagian dari beberapa buku yang memang jelek. Maka, seperti halnya seorang wasit yang adil, Anda harus mengatakan sebagaimana Anda melihatnya. Jika tidak, orang-orang tidak akan memercayai Anda lagi.

Pertanyaan 3: Hal terpenting apa yang diinginkan si pengarang untuk Anda ketahui?
Ini adalah ide utamanya. Ini penting kecuali Anda mampu menelusuri seluruh buku dan meringkas isinya dalam satu kalimat dan mengatakan itulah garis besarnya.

Pertanyaan 4: Kenapa si pengarang menulis sebuah karya?
Mengapa si pengarang ingin menceritakan kisah tersebut? Hal apa dari cerita tersebut yang sangat penting bagi si pengarang?

Pertanyaan 5: Apa yang harus diketahui masyarakat agar dapat memahami dan menikmati buku ini?
Kadang, tugas kritikus adalah untuk menyibak misteri dalam satu buku dengan menyediakan suatu tambahan informasi yang umumnya tidak dapat dilihat oleh pembaca. Menurut saya, inilah istimewanya pekerjaan seorang kritikus dan yang membuat mengapa peran mereka sangat penting untuk kita dalam mengapresiasi seni dan dunia.

Cara memulai
Cara terbaik dalam belajar memanfaatkan lima pertanyaan di atas adalah dengan menilai tulisan karya sendiri dan menanyakannya pada diri Anda sendiri. Beberapa pertanyaan, seperti nomor 3 dan 4 akan sangat mudah untuk dijawab jika tulisan tersebut adalah tulisan Anda sendiri daripada jika itu tulisan orang lain. Namun, pertanyaan nomor 1, 2, dan 5 mungkin akan lebih sulit. (t/ary)