Penerbit dan Anak Perusahaannya

Masih berkenaan dengan tulisan mengenai bibliografi sebelum ini, ternyata ada juga informasi lain yang bisa memusingkan pencantuman bibliogafi. Kali ini menyangkut masalah nama penerbit.

Sering kali penerbit yang sudah maju, seperti Gramedia, harus dipecah ke dalam berbagai divisi penerbitan. Seperti kita tahu, selain Gramedia Pustaka Utama, ada Elexmedia Komputindo, Gramedia Widiasarana Indonesia (Grasindo), juga Bhuana Ilmu Populer (BIP). Penerbit ANDI Yogyakarta juga sudah mulai mengikuti jejak Gramedia. Ada Penerbit Buku dan Majalah Rohani ANDI (PBMR ANDI), ada juga Penerbit ANDI untuk buku-buku umum dan populer. Kalau menilik ke luar negeri, kondisi demikian tentu bukan hal asing lagi. Semakin maju sebuah penerbit, semakin besar kemungkinan dan kebutuhan untuk membuka divisi penerbitan yang lain.

Namun sekali lagi, hal ini, bagi sebagian orang, tampaknya memang memusingkan, yang mana yang mau dicantumkan dalam bibliografi?

Sebut saja contohnya, buku From Jerusalem To Irian Jaya: A Biographical History of Christian Missions yang ditulis dengan sangat baik oleh Ruth A. Tucker. Buku yang memaparkan sejarah misi dari abad pertama kekristenan ini merupakan referensi yang sangat baik dalam dunia misi.

Pada halaman tiga, tercantum:

FROM JERUSALEM

TO

IRIAN JAYA

A BIOGRAPHICAL
HISTORY OF
CHRISTIAN MISSIONS

RUTH A. TUCKER

Academie Books
1415 Lake Drive, S.E., Grand Rapid Michigan 49506
from Zondervan Publishing House

Sebagai salah satu penerbit besar dari Amerika Serikat, nama Zondervan Publishing House ternyata bisa memancing kita untuk mencantumkannya sebagai penerbit buku misi tersebut. Benarkah demikian?

Kalau mencermati informasi di atas, seharusnya tidak. Karena pada seksi penerbit, yang tercantum paling atas adalah Academie Books, bukan Zondervan Publishing House. Lihat pula kata from di baris akhir itu. Hal ini cukup menunjukkan bahwa Zondervan Publishing House hanya merupakan induk perusahaan daripada penerbit yang mencetak buku ini.

Kalau kita mencermati buku-buku lain, katakanlah itu dari Gramedia, kita bisa juga menemukan informasi bahwa buku Bhuana Ilmu Populer, misalnya, merupakan anak perusahaan penerbit Gramedia. Informasi itu berbunyi "Kelompok Gramedia".

Maka, dalam bibliografi buku Ruth A. Tucker tersebut, kita harus menuliskan

Tucker, Ruth A. 1988. From Jerusalem To Irian Jaya: A Biographical History of Christian Missions. Grand Rapid, Michigan: Academie Books.

daripada

Tucker, Ruth A. 1988. From Jerusalem To Irian Jaya: A Biographical History of Christian Missions. Amerika: The Zondervan Publishing House.

Diambil dari:

Nama blog : Corat-Coret Bahasa
Penulis : indonesiasaram
Alamat URL : http://indonesiasaram.wordpress.com/2007/04/30/