Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PELITAKU

Loading

Pencarian Inspirasi

Hari ini, saya tidak ingin menulis. Saya tidak merasa terinspirasi. Kemarin, saya tidak merasa terisnpirasi dan besok pun saya tidak akan merasa terinspirasi. Saya lebih baik menunggu sampai saya merasa sungguh terinspirasi -- ya, mungkin besok atau seminggu lagi sejak Kamis nanti. Karena tidak mengetahui kapan saya akan merasa terinspirasi, hanya ada satu hal untuk dilakukan: mulai bekerja dan mendapat inspirasi.

Tidak ada yang ajaib dengan inspirasi. Inspirasi tidak muncul dari nyanyian, pembakaran dupa, atau menyaksikan matahari terbenam. Inspirasi dihasilkan dari kerja dan disiplin, dengan duduk di kursi kerja Anda dan mewujudkannya. Seorang penulis dan petualang, Jack London, mengatakannya dengan sangat baik: "Anda tidak dapat menunggu datangnya inspirasi. Anda harus mengejarnya dengan pentung."

Jika Anda hanya duduk menunggu inspirasi, hanya itu yang akan Anda lakukan -- duduk berleha-leha untuk mendapatkan inspirasi.

Bagaimana dengan seorang akuntan yang merasa tidak ingin menjumlahkan angka-angka hari ini? Atau seorang ahli bedah yang sedang tidak tertarik mengambil usus buntu Anda? Penulis tidak memiliki alasan untuk merasa tidak terinspirasi. Jika Anda seorang penulis, menulislah. Itulah pekerjaan Anda.

Kisah Nyata

Pagi ini, saya terbangun karena udara yang dingin dan kering, terkena paparan sinar matahari, dan bau kotoran anjing pada karpet di ruang tamu. Kedua anjing tersebut, jenis Labrador retriever hitam, telah memutuskan untuk meninggalkan bekas mereka di karpet yang baru saja berumur seminggu. Sembari membersihkan kekacauan ini, saya pun mulai gelisah.

"Sudahlah. Lupakan tentang menulis hari ini. Tunda saja. Lupakan semuanya!"

Apa yang dimulai sebagai pagi yang sempurna sekarang menjadi hari yang buruk yang memohon untuk diledakkan. Setelah minum kopi dan mandi, ketika hampir pergi mencari sarapan dan tidak kembali, saya memaksa diri saya sendiri untuk duduk dan bekerja.

Saya mengeluh sesaat, lalu mendapatkan inspirasi: Saya menuliskan cerita ini dan tidak lama kemudian saya merasa lebih baik.

Enam jam kemudian -- setelah mengulang empat halaman kembali -- saya merasa lebih baik lagi.

Ingatlah, jika Anda sedang merasa tidak ingin menulis, tetaplah menulis.

"Saya tidak berusaha terinspirasi; saya hanya berusaha bekerja dengan sangat teratur. ... Saya pikir, kebanyakan seniman merasa bahwa mendapat inspirasi hanyalah sebuah mitos. Sederhananya, tinggalkan pekerjaan, kembali ke pekerjaan." - John Cage

"Saya telah memaksa diri saya sendiri untuk mulai menulis ketika saya benar-benar mulai merasa penat, ketika saya merasa jiwa saya setipis kartu remi, ketika tidak ada satu pun yang tampak berharga dalam lima menit selanjutnya. ... dan entah bagaimana, aktivitas menulis mengubah semuanya. Atau, memang itulah kenyataannya." - Joyce Carol Oates

"Saya selalu memiliki sebuah weker di hadapan saya. Terkadang, jika hal-hal memburuk, saya akan memaksa diri saya untuk menulis sebuah halaman dalam waktu 1,5 jam. Saya menyadari bahwa hal itu dapat saya kerjakan. Saya menyadari bahwa apa yang saya tulis ketika saya memaksa diri saya, pada umumnya sama baiknya dengan apa yang saya tulis ketika saya merasa terinspirasi. Pada dasarnya, ini hanyalah masalah memaksa diri Anda untuk menulis." - Tom Wolfe, dari Writers at Work: The Paris Review Interviews (t/N. Risanti)

Diterjemahkan dari:

Judul buku : If You Can Talk, You Can Write
Judul asli artikel : In Search of Inspiration
Penulis : Joel Saltzman
Penerbit : Warner Books, New York, 1993
Halaman : 169 -- 171