Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PELITAKU

Loading

e-Penulis 130/Maret/2013

Kritik Sastra: Sebuah Metode Ekstraksi Ide

Shalom!

Ide merupakan buah pikiran manusia yang bersifat abstrak. Karena itu, dibutuhkan media untuk mewujudkan ide tersebut agar dapat "disalurkan" dan diterapkan. Salah satu media yang digunakan untuk mewujudkan ide adalah sastra. Meski ide dalam suatu karya sastra dapat ditangkap secara berbeda oleh pembaca yang berbeda, kemampuan menangkap ide itu sendiri membutuhkan "kemampuan khusus" yang perlu dipelajari. Misalnya, seseorang mungkin memahami jalan cerita sebuah cerpen atau novel, namun belum tentu ia mengerti gagasan yang hendak disampaikan penulisnya melalui jalan cerita tersebut. Di sinilah, peran "kemampuan khusus" itu diperlukan. Dalam dunia sastra, kemampuan ini merupakan bagian dari fungsi suatu istilah yang disebut dengan kritik sastra. selengkapnya... about Kritik Sastra: Sebuah Metode Ekstraksi Ide

Bagaimana Melakukan Kritik Terhadap Karya Sastra

Diringkas oleh: Yudo

Kritik sastra biasanya dilakukan oleh orang-orang yang mempelajari sastra. Akan tetapi, siapa pun dapat belajar melakukan kritik sastra dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Membaca karya yang akan dikritik. Pertama-tama, perhatikan judul karya sastra itu. Biasanya, judul sebuah karya sudah mewakili isi karya itu. Bacalah kalimat yang tidak Anda mengerti berulang kali, sampai Anda benar-benar memahaminya.

Kehidupan John Milton (1608 -- 1674)

Diringkas oleh: Yudo

John Milton lahir pada 9 Desember 1608 di London dari pasangan John dan Sara Milton. Keuangan keluarganya yang memadai memungkinkan Milton mempelajari berbagai bahasa asing. Awalnya, ia belajar dengan dibimbing oleh seorang tutor di rumahnya, kemudian ia meneruskan pelajaran itu di Sekolah St. Paul ketika berumur 12 tahun. selengkapnya... about Kehidupan John Milton (1608 -- 1674)

Mediasastra.com

Jika Anda suka kesusastraan, luangkan waktu Anda untuk menjelajah situs mediasastra.com. Situs ini menyajikan banyak informasi seputar kesusastraan, terutama teori sastra dan pendekatan sastra yang digunakan untuk melakukan kritik sastra. Selain itu, acara-acara sastra yang dilaksanakan di Indonesia juga bisa Anda temukan dalam kalender kegiatan yang dicantumkan di situs ini. Jadi, bisa dipastikan bahwa Anda tidak akan ketinggalan untuk mengikuti acara-acara seperti bedah novel, cerpen, puisi, bahkan pentas-pentas sastra lainnya. selengkapnya... about Mediasastra.com


Subscribe to e-Penulis 130/Maret/2013