e-Penulis 113/Juli/2012

Menulis Literatur Kristen untuk Remaja (I)

Shalom!

Masa remaja adalah saat yang kritis dalam kehidupan semua orang. Pada masa itulah seseorang mulai berubah secara fisik dan mental. Secara fisik, seorang remaja laki-laki akan semakin terbentuk massa ototnya, suaranya akan berubah menjadi semakin berat, dan yang perempuan akan mulai mengalami siklus menstruasi dan lain sebagainya. Di balik itu semua, pikiran mereka juga berkembang. Seorang remaja mulai dapat memikirkan hal-hal yang bersifat abstrak dan menjadi individu-individu yang idealis; mereka mulai mempertanyakan peraturan-peraturan di rumah, mempertanyakan otoritas, dan mempertanyakan apa yang selama ini diajarkan kepada mereka. Selain itu, mereka juga ingin tahu lebih banyak mengenai hal-hal yang menarik perhatian mereka, mereka mungkin juga akan mencoba hal-hal yang baru (entah hal yang baik seperti ikut dalam kegiatan bakti sosial atau melayani di gereja, maupun yang buruk seperti merokok dan mencoba minuman keras). Dalam tahap ini, remaja juga mulai mengenal kekuatan kolektivitas, maka tak heran jika anak-anak remaja suka sekali berkumpul dengan teman-temannya. selengkapnya... about Menulis Literatur Kristen untuk Remaja (I)

Menulis Untuk Pembaca Remaja/Pemuda

Diringkas oleh: Santi Titik Lestari

Banyak orang dewasa beranggapan, menulis untuk anak-anak dan pemuda itu mudah. Beberapa penulis yang belum mahir menulis untuk orang dewasa, mencoba menulis untuk anak-anak. Mereka pun menemukan bahwa anggapan di atas itu salah. Anak yang sedang bertumbuh (belum menjadi dewasa), bukanlah seorang dewasa yang lebih kecil fisik dan jiwanya. Ia merupakan manusia yang lengkap, punya keinginan-keinginan khusus yang sangat berbeda dengan keinginan orang dewasa. Agar dapat menulis dengan baik untuk para pembaca belia, berusahalah untuk mengamati aktivitas mereka, meluangkan waktu untuk ada dalam komunitasnya, dan bertemanlah dengan mereka. Hal ini akan membantu Anda mempelajari keinginan dan kepentingan-kepentingan khusus mereka. Anda pun dapat membaca secara intensif buku-buku terbaik yang pernah ditulis untuk para pembaca belia. selengkapnya... about Menulis Untuk Pembaca Remaja/Pemuda

Ampersand (Tanda "&")

Kawan baik saya, Tony Rudyansjah, pada Juni lalu menerbitkan bukunya "Alam, Kebudayaan & Yang Ilahi". Buku itu menelusuri ihwal teori-teori sosial dan budaya dari masa klasik sampai modern. Sebagai perangkat ilmu, berbagai teori itu terus-menerus dikembangkan para ahli sehingga melahirkan turunan, pencabangan, dan pengingkaran terhadap teori induknya. Kata pengantar dan kutipan pendapat teman sejawat Tony di Program Pascasarjana Antropologi Universitas Indonesia, memperlihatkan arti penting buku itu sehingga tak perlu ditambah-tambah lagi di sini. selengkapnya... about Ampersand (Tanda "&")


Subscribe to e-Penulis 113/Juli/2012