e-Penulis 102/Januari/2012

Menulis Sebagai Terapi

Apakah sahabat masih ingat sajian e-Penulis edisi 101 lalu? Redaksi berharap sahabat penulis bukan saja ingat, tetapi sudah benar-benar memahami salah satu manfaat menulis, yaitu sebagai terapi psikologis dan sudah mulai mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari. Nah, sekarang e-Penulis akan memberikan tip untuk terapi menulis yang pasti sangat bermanfaat untuk sahabat. Selain itu, baca juga kisah seorang penulis dunia, Virginia Woolf, seorang novelis yang karyanya ditelaah sebagai karya-karya bernilai sastra tinggi. Jangan lewatkan pula bagi sahabat yang mengalami kebingungan untuk mencari informasi buku-buku Teologi Reformed, kami menyajikan ulasan situs Litindo yang dapat membantu sahabat. Selamat membaca, Tuhan Yesus memberkati.

Pemimpin Redaksi e-Penulis,

Santi Titik Lestari
< santi(at)in-christ.net >

"Kamu akan bisa menemukan ceritamu sendiri ketika kamu sedang menulis." selengkapnya... about Menulis Sebagai Terapi

Edisi Publikasi: 
Kolom Publikasi: 

Terapi Menulis

Hal terbaik dalam penulisan jurnal adalah Anda tidak mungkin gagal! Tidak ada "aturan" dalam penulisan jurnal, hanya ada saran-saran:

  1. Pilihlah sebuah buku catatan khusus untuk jurnal Anda. Bisa berupa lembaran-lembaran bergaris-garis ataupun lembaran-lembaran kosong, bisa berupa buku yang dijilid maupun lembaran-lembaran yang bisa dilepas. Pilih saja yang menurut Anda paling nyaman!

  2. Menulislah sedikitnya selama 5 menit setiap hari. Akan tetapi, jangan menghukum diri Anda jika Anda melewatkan seminggu, sebulan, atau bahkan setahun (tanpa menulis)!

  3. selengkapnya... about Terapi Menulis

Virginia Woolf

Virginia Woolf lahir pada tanggal 25 Januari 1882 dengan nama asli Adeline Virginia Stephen. Ia tumbuh dalam keluarga kelas atas pada akhir era Victorian. Ia merupakan perempuan yang cantik dan anggun. Ayahnya, Leslie Stephen, dan Ibunya Julia, merupakan pasangan yang sudah pernah menikah sebelumnya. Leslie memiliki anak bernama Laura, sementara Julia memunyai Gerard, Stella, dan George Duckworth. Ketika mereka menikah, lahirlah Vanessa, Tobby, Virginia, dan si bungsu Adrian. selengkapnya... about Virginia Woolf

Literatur Teologi Dalam Bahasa Indonesia (LITINDO)

Literatur Teologi dalam Bahasa Indonesia yang sering disebut sebagai LITINDO, merupakan sebuah lembaga yang berfokus pada penulisan, penerjemahan, penerbitan, dan pemasaran buku-buku Teologi Reformed dalam bahasa Indonesia. Litindo lahir dari kerja sama gereja-gereja reformasi di Indonesia dengan Gereformeerde Kerken (vrijgemaakt) di Belanda. Tujuan dari dibentuknya Litindo ini adalah untuk membangun perpustakaan dasar buku-buku reformed dalam bahasa Indonesia yang bisa bermanfaat bagi para teolog, para penatua, dan kaum dalam gereja-gereja di Indonesia. selengkapnya... about Literatur Teologi Dalam Bahasa Indonesia (LITINDO)

Edisi Publikasi: 
Kolom Publikasi: 

Subscribe to e-Penulis 102/Januari/2012