e-Penulis 091/Agustus/2011

Proses Penyuntingan

Salam penulis!

Senang sekali redaksi bisa menyapa rekan penulis sekalian. Dalam edisi 91, redaksi masih akan mengupas hal-hal seputar penyuntingan. Mengapa? Salah satu tahap dalam menerbitkan buku adalah pengeditan atau penyuntingan. Proses ini memerlukan editor. Dalam materi kali ini, redaksi akan banyak mengupas tentang proses penyuntingan secara lebih mendalam. Di bagian berikutnya, kita akan membaca tentang seseorang yang telah menciptakan banyak himne -- terbanyak dalam sejarah. Siapakah orang itu? Silakan Anda baca sajian kami kali ini. Selamat membaca dan selamat menulis!

Redaksi Tamu e-Penulis,
Rento Ari Nugroho selengkapnya... about Proses Penyuntingan

Kiat-Kiat Menjadi Editor

Dirangkum oleh: Truly Almendo Pasaribu

Editor merupakan tulang punggung dalam penerbitan. Tidak hanya itu, editor memegang peranan penting untuk menambah nilai sebuah karya. Peranan ini disertai tanggung jawab yang berat. Editor yang cerdas, rajin, teliti, dan taktis, bisa mempererat kerja sama antara penerbit dan pengarang. Sedangkan kecerobohan dan ketidaktaktisan seorang editor, bisa mendatangkan bencana bagi hubungan penerbit dengan pengarang.

Selain dituntut untuk berlatih dengan metode "belajar dengan bekerja", editor juga ditantang untuk terus memperkaya wawasannya dalam dunia pengeditan. Salah satunya adalah dengan mengikuti tip-tip berikut ini. selengkapnya... about Kiat-Kiat Menjadi Editor

Charles Wesley, Penulis Himne Terhebat Sepanjang Masa

"Oh, Seribu Lidah Memuji/Pujian bagi Penebus/Kemuliaan Tuhan dan Rajaku/Kemenangan anugerah-Nya!"

Kabarnya, dia menciptakan kira-kira 10 baris kata-kata yang puitis dalam sehari selama 50 tahun. Dia menulis 8.989 himne, sepuluh kali lebih banyak daripada jumlah yang diciptakan oleh satu-satunya kandidat penulis himne terbesar lainnya di dunia, Isacc Watts. Dia mengarang beberapa himne gereja yang paling mengesankan dan abadi di dunia, [bahkan beberapa himnenya sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, Red.] seperti: selengkapnya... about Charles Wesley, Penulis Himne Terhebat Sepanjang Masa

Indonesia Buku

Sesuai dengan namanya, situs ini melayarkan senarai peristiwa perbukuan di Indonesia. Dalam situs ini, Anda bisa memperoleh resensi-resensi buku yang kebanyakan berbicara tentang kebudayaan dan kesusastraan. Tidak hanya itu, pengelola situs ini juga menyediakan artikel-artikel penulisan, bahasa, jurnalistik, tokoh penulis, dan sastra. Situs ini mempermudah pencarian artikel dengan menyediakan berbagai menu utama yaitu: Beranda, Buku Baru, Esai, Kronik, Berita Manca, Resensi, Suplemen, Tips, Tokoh, dan Ruang. Menariknya, situs ini memuat biografi dan artikel tentang tokoh-tokoh penulis Indonesia seperti Ayu Utami, Yonatan Rahardjo, Remy Sylado, dll. Situs ini dapat digunakan sebagai salah satu sarana untuk mengajak masyarakat Indonesia membudayakan membaca dan menulis. Jika Anda tertarik untuk memperkaya wawasan Anda tentang membaca dan menulis, kunjungilah situs ini. (TAP)

==> http://indonesiabuku.com/ selengkapnya... about Indonesia Buku


Subscribe to e-Penulis 091/Agustus/2011