Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PELITAKU

Belajar dari Honoré De Balzac dan Jules Verne

Ditulis oleh: Yudo

Sesuai judulnya, saya ingin mengajak Pembaca untuk belajar dari kedua penulis ternama ini, terutama dalam hal menjalin benang merah di setiap karya kita. Sudah siap? Mari kita mulai.

  1. Menulislah sesuai hasrat Anda.

  2. Jules Verne lahir di Nantes, sebuah kota pelabuhan yang sangat sibuk. Karena itu, sejak kecil ia sudah menyimpan keinginan untuk berlayar dan berpetualang ke tempat-tempat yang sering didengarnya dari para pelaut yang ditemuinya. Dalam perjalanan hidupnya, Verne sempat menulis naskah drama dan puisi, tetapi ia paling berhasil dalam menulis novel-novel petualangan. Siapa tak kenal kisah-kisah petualangannya seperti "Twenty Thousand Leagues under the Sea", "80 Days Around the World", atau "Journey to the Center of The Earth"? Dalam novel-novelnya itu, kita seakan menemukan jiwa Verne yang tak pernah urung untuk menjelajahi tempat-tempat baru, bertemu dengan peradaban asing, dan menemukan alat-alat canggih yang pada zaman itu belum pernah dibayangkan orang. Sekarang renungkanlah, apa yang mendorong Anda untuk menulis? Terlebih lagi, apa hasrat dalam hidup Anda yang bisa Anda bagikan kepada orang lain?

  3. Tulisan Anda, warna Anda.

  4. Berbeda dengan Jules Verne, Balzac adalah seorang penulis beraliran realis. Artinya, ia menulis berdasarkan kenyataan, tidak disetir oleh idealisme/norma yang diharapkan oleh pembacanya. Hal yang paling sering dibicarakan tentang tokoh rekaan Balzac adalah bagaimana ia menciptakan mereka dengan sifat yang ambigu. Kita tidak akan menemukan protagonis yang benar-benar baik atau antagonis yang benar-benar jahat karena menurut Balzac, setiap tokoh bisa memiliki lebih dari satu sisi dalam sifat-sifat mereka. Hal unik lainnya yang membuat karya-karya Balzac terkenal adalah karena ia sering kali menghadirkan tokoh dari sebuah kisahnya untuk menjadi cameo dalam karyanya yang lain. Tekniknya ini membuat karakter-karakter tersebut seakan-akan benar-benar hidup di dunia nyata. Berusahalah untuk mencari gaya penulisan yang paling cocok untuk Anda, terlebih yang bisa Anda eksplorasi lebih jauh untuk dapat menghibur dan meyakinkan pembaca Anda.

  5. Tak sekadar menghibur.

  6. Jika Anda ingin karya Anda dikenang, Anda harus memperhitungkan sampai sejauh mana karya Anda itu berdampak pada dunia di sekitar Anda. Cobalah membaca kumpulan karya Balzac dan Verne, maka Anda akan menemukan bahwa baik Jules Verne maupun Honoré de Balzac tidak hanya menulis untuk menghibur pembacanya. Dalam karya-karyanya, Balzac benar-benar menggambarkan kehidupan masyarakat Perancis, mulai dari kehidupan dan kebiasaan kaum borjuis sampai perjuangan hidup rakyat jelata. Sampai hari ini, karya-karya Balzac masih dipakai sebagai inspirasi bagi para penulis yang ingin menggambarkan kehidupan masyarakat Perancis tahun 1815 karena keakuratan data yang terdapat dalam karya-karyanya itu. Balzac sendiri bahkan membagi-bagi kumpulan karyanya yang berjudul "La Comédie humaine"/"The Human Comedy" itu ke dalam beberapa kategori seperti: "Scenes from Private Lives" (kumpulan karyanya yang bertemakan kehidupan pribadi), "Scenes from provincial life" (kehidupan bermasyarakat), "Scenes from military life" (militer), dll.. Sedangkan Jules Verne, seperti yang kita ketahui, memberikan dampak yang sangat besar terutama dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi karena dalam novel-novelnya itu, ia menulis (dan meneliti) tentang teknologi yang pada saat itu belum diciptakan. Dari novel dan imajinasinya, Verne telah menginspirasi para penemu dan ilmuwan di seluruh dunia untuk menciptakan penemuan-penemuan yang berguna bagi manusia. Dari kedua tokoh ini, kita dapat melihat bahwa kekuatan yang menopang agar karya-karya mereka berdua tak lekang oleh waktu, bukanlah hanya keindahan dalam penyampaiannya, tetapi juga karena karya mereka memberi dampak yang signifikan terhadap kehidupan masyarakat pada umumnya.

Nah, demikianlah tip singkat yang bisa saya bagikan kepada pembaca sekalian. Semoga bermanfaat.

Sumber bacaan:

1. _____________. "Honore de Balzac Biography". Dalam http://www.egs.edu/library/honore-de-balzac/biography/

2. _____________. "Honore de Balzac". Dalam http://www.online-literature.com/honore_de_balzac/

3. _____________. "Honoré De Balzac". Dalam http://www.famousauthors.org/honore-de-balzac

4. _____________."Jules Verne: An Author Before His Time?". Dalam http://www.unmuseum.org/verne.htm