Membuat Garis Besar yang Detail

Membuat dan menggunakan garis besar yang detail adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan saat menulis artikel Anda. Dengan ini, Anda dapat mengatur ide-ide Anda terlebih dahulu untuk memastikan bahwa konten Anda akan mengalir dengan lancar.

Berikut adalah bagaimana Anda dapat membuat garis besar yang detail.

1. Pilih topik.

Tentukanlah topik apa yang akan Anda tulis. Pastikan bahwa itu adalah sesuatu yang akan mencapai tujuan Anda dan sesuatu yang akan menangkap perhatian target pembaca Anda.

2. Penelitian yang mendalam.

Hal berikutnya yang harus dilakukan adalah penelitian secara mendalam terhadap topik pilihan Anda. Anda dapat menggunakan blog, forum, situs, buku elektronik, dan lain-lain sebagai sumber informasi. Anda juga dapat melakukan wawancara dan berbicara dengan orang-orang yang Anda targetkan. Semakin banyak informasi yang Anda kumpulkan, semakin baik.

3. Mengumpulkan ide (brainstorming).

Selain informasi yang telah Anda kumpulkan melalui penelitian, Anda dapat juga mencantumkan pikiran dan ide-ide Anda sendiri pada artikel Anda.

4. Proses eliminasi.

Buatlah judul yang membatasi lingkup artikel Anda. Lalu, telitilah dalam mempelajari semua informasi yang telah diperoleh dari penelitian dan pengumpulan ide yang telah Anda lakukan. Pilihlah yang benar-benar penting untuk disampaikan kepada pembaca dan eliminasilah yang tidak penting. Proses ini akan membuat artikel Anda tajam dan efisien. Aturlah semua informasi ini dalam cara yang logis untuk membuat garis besar dan cetak biru yang mudah bagi artikel Anda. (t/Davida)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : Ezine @articles
Judul asli artikel : Article Writing Tips: How to Create a Detailed Outline
Penulis : Sean R. Mize
Alamat URL : http://ezinearticles.com/?id=3077473