Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PELITAKU

Loading

Laura Ingalls Wilder

Laura Ingalls Wilder adalah nama di belakang buku seri yang paling disukai anak-anak, "Little House" (Rumah Kecil). Novel-novel yang ditulisnya banyak mendapat inspirasi dari pengalaman masa kecilnya selama tahun 1800-an di daerah Barat yang masih liar. Anak Laura, Rose, adalah orang yang mendorongnya untuk menulis pengalamannya tersebut. Buku-bukunya semakin terkenal setelah dijadikan serial televisi pada tahun 1974 -- 1983.

Laura Elizabeth Ingalls Wilder lahir di sebuah desa di Pepin, Wisconsin, pada 7 Februari 1867. Ia merupakan anak kedua dari empat bersaudara yang lahir dari pasangan Philip Ingalls dan Caroline Lake Quiner. Semua saudarinya, Marry, Carrie, dan Grace, juga pernah muncul dalam novel yang ditulisnya. Ketika masih kecil, kepindahan Laura dan keluarganya dari satu tempat ke tempat lainnya benar-benar membangun pengalaman yang kaya dan kisah-kisah yang menarik dalam ingatannya. Tempat-tempat yang pernah ditinggali oleh keluarganya termasuk wilayah Minnesota, Iowa, Missouri, Kansas, Perbatasan Indian, dan Perbatasan Dakota. Keluarga ini akhirnya menetap di De Smet, Dakota Selatan; di sanalah mereka mengalami musim dingin kedua yang amat buruk. Musim dingin yang disebut-sebut sebagai salah satu musim dingin terburuk yang pernah dialami kawasan itu, kemudian ditulisnya dalam salah satu buku berjudul, "The Long Winter" ("Musim Dingin yang Panjang". Dalam buku itu, Laura mengingat pengalaman masa remajanya dalam bertahan di temperatur yang dingin dan serba kekurangan.

Karena seringnya berpindah, Laura tidak dapat mengikuti pendidikan secara rutin, tetapi keadaan itu berubah setelah mereka tinggal di De Smet. Laura juga pernah mengerjakan beberapa pekerjaan sebelum mendapat sertifikat mengajar pada tahun 1882. Saat itu, ia baru berusia 15 tahun. Selama tiga tahun, Laura mengajar di sebuah sekolah di desa kecil sembari melanjutkan pendidikannya. Meski tidak terlalu suka mengajar, Laura tetap melakukannya demi menyokong keuangan keluarganya. Pendidikan dan karier mengajarnya berakhir ketika ia menikahi Almanzo Wilder yang berusia 10 tahun lebih tua darinya pada 25 Agustus 1885. Ketika itu, Laura masih berusia 18 tahun. Dalam novelnya yang berjudul "The First Four Years" ("Empat Tahun Pertama"), Laura mendedikasikan dirinya untuk membantu suaminya di pertanian mereka. Pada tahun 1886, Laura melahirkan anak pertamanya, Rose. Dalam tahun-tahun awal itu, pasangan ini mengalami banyak kesulitan, Laura harus tegar ketika suaminya menderita difteri dan mengalami kelumpuhan. Kesulitan besar lain yang juga harus dialaminya adalah ketika rumah yang dibangunnya bersama Almanzo terbakar.

Pada tahun 1884, keluarga ini memulai perjalanan mereka ke Mansfield, Missouri, tempat yang akan menjadi rumah mereka hingga akhir hayat. Wilder menulis catatan harian mengenai pengalaman mereka selama perjalanan ini dan mengirimkannya, untuk diterbitkan di surat kabar De Smet News sesampainya di Mansfield. Catatan pengalaman ini menjadi karya Wilder yang pertama kali diterbitkan dan menjadi permulaan karier kepenulisannya. Setelah itu, ia juga mulai mengirimkan karyanya ke lebih banyak lagi penerbit, termasuk McCall's Magazine dan Country Gentleman. Selain itu, ia juga menjadi editor untuk rubrik mengenai peternakan di St. Louis Star dan menjadi editor kepala selama dua belas tahun di Missouri Ruralist.

Wilder mulai mengumpulkan kembali pengalaman masa kecilnya ke dalam buku-buku cerita setelah didorong oleh putrinya. Mengambil setting di Wisconsin, "Little House in the Big Woods" ("Rumah Kecil di Rimba Besar") diterbitkan pada tahun 1932 dan diikuti oleh "Farmer Boy " ("Anak Petani") pada tahun 1933 dan "Little House on the Prairie " ("Rumah Kecil di Padang Rumput") pada tahun 1935. Sampai sekarang, para pembacanya tetap terpikat oleh karya Laura yang menggambarkan sisi hangat kehidupan nyata. Pada 10 Februari 1957, tiga hari setelah ulang tahunnya yang ke-90, Wilder meninggal dan dimakamkan di samping makam suami dan putrinya di kuburan kota Mansfield, Missouri. (t/Yudo)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : Famous Authors
Alamat URL : http://www.famousauthors.org
Penulis : tidak dicantumkan
Tanggal akses : 18 Januari 2013