Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PELITAKU

Loading

Francine Sandra Rivers

Dirangkum oleh: Berlian Sri Marmadi

Francine Sandra Rivers lahir pada tahun 1947 di tengah keluarga Kristen, dari pasangan suami-istri yang bekerja sebagai polisi dan perawat. Namun, meski dibesarkan dalam keluarga religius, Francine belum benar-benar menemukan Kristus dalam hidupnya sampai ia menikah dan menulis novel. Sejak kecil, River memang telah memiliki keinginan besar untuk menjadi seorang penulis terkenal.

Francine Rivers memulai karier sastranya di University of Nevada, Reno, dari sana ia lulus dengan gelar Bachelor of Arts dalam bidang bahasa Inggris dan jurnalisme. Setelah lulus, Rivers menghabiskan waktu sebagai reporter surat kabar, menulis berita kematian dan kisah-kisah kemanusiaan. Dari tahun 1976 sampai 1985, karier menulisnya bisa dikatakan sukses karena banyak novelnya yang masuk dalam nominasi untuk berbagai penghargaan. Ketertarikannya pada novel roman bermula saat ibu mertuanya meminjamkan koleksi novel romannya kepada Rivers. Sejak itulah, ia memutuskan untuk mencoba menulis dalam genre tersebut. Naskah pertamanya diterbitkan pada tahun 1976.

Tahun 1986, Rivers mengalami lahir baru sebagai orang Kristen dan benar-benar mengenal Kristus. Beberapa waktu setelah kelahiran barunya, Rivers mengalami kesulitan dalam menentukan plot untuk tulisan-tulisannya, namun akhirnya ia memutuskan untuk memfokuskan tulisan-tulisannya pada tema-tema kekristenan. Tak lama kemudian, ia berhasil menulis novel pertamanya berjudul "Redeeming Love", yang saat itu diterbitkan oleh Bantam Books, tetapi kemudian dirilis kembali oleh Penerbit Multnomah pada pertengahan 1990-an. Ini merupakan novel yang mewakili pernyataan imannya kepada Kristus sebagai akibat kelahiran barunya.

"Redeeming Love" merupakan narasi ulang Kitab Hosea yang menggunakan latar belakang masyarakat Amerika Barat tahun 1850-an. Novel ini mengisahkan seorang pelacur bernama Angel, yang akhirnya bertobat dan menjadi seorang Kristen karena kasih dan kesabaran seorang petani perbatasan bernama Michael Hosea. "Redeeming Love" tetap mendapat tempat dalam daftar buku Kristen terlaris selama hampir satu dekade. Banyak orang menyukai caranya dalam mengungkapkan ide-ide kekristenan secara eksplisit dalam novel ini karena kebanyakan novelis akan mengungkapkannya secara implisit.

Sukses dengan "Redeeming Love", Rivers terus mengeksplorasi kemampuannya dengan novel-novel berikutnya yang tetap bertemakan kekristenan. Semua novelnya masuk dalam kategori novel terlaris. Dia terus saja mendapatkan loyalitas pembaca dan kepercayaan dari penerbit, kendati novel-novelnya berikutnya bergeser ke dalam genre fiksi inspirasional. Kerinduannya adalah untuk memberikan gambaran kehidupan Kristus dan orang-orang Kristen dalam menghadapi masalah yang dikemas dalam kisah-kisah yang realistis. Seri novel inspirasionalnya, "The Mark of the Lion", terjual lebih dari setengah juta kopi. Pada tahun 2007, novelnya yang berjudul "The Last Sin Eater" difilmkan dengan disutradarai oleh Michael Landon Jr. dan diproduksi oleh Fox Faith.

Merefleksi kehidupannya sebagai orang Kristen yang telah lahir baru, ia memberikan pernyataan di situs pribadinya bahwa semua karya yang ditulisnya sebelum ia lahir baru, telah dianggapnya sebagai sebuah bibliografi hidup lama. Ia membeli hak publikasi untuk novel-novel roman pertamanya dengan harapan dapat mencegah publikasi ulang dari semua novel tersebut. Namun, beberapa judul tetap dipublikasikan ulang dan beberapa yang lainnya banyak beredar di toko-toko buku loak.

Rivers telah mendapatkan berbagai penghargaan, termasuk Christy Award, ECPA Gold Medallion, dan medali kehormatan Holt Medallion dalam kategori Sastrawan Berbakat. Ia juga dinobatkan sebagai Penulis Roman America's Hall of Fame. Dia telah empat kali memenangkan penghargaan RWA RITA Awards, penghargaan tertinggi yang diberikan bagi para penulis fiksi percintaan. Penghargaan RITA pertamanya adalah sebagai Penulis Roman Sejarah terbaik pada tahun 1986, untuk karyanya berjudul "Not So Wild a Dream". Penghargaan RITA berikutnya ia terima di tahun 1995, 1996, dan 1997, dalam kategori Roman Inspirasional Terbaik. Novel-novel Rivers telah diterjemahkan ke dalam lebih dari dua puluh bahasa dan dia menikmati status "penulis terbaik" di berbagai negara termasuk Jerman, Belanda, dan Afrika Selatan.

Francine menikah dengan Rick Rivers. Mereka tinggal di California Utara. Pasangan ini dikaruniai tiga orang anak: Trevor, Shannon, dan Travis; dan lima orang cucu. Francine menggunakan tulisannya sebagai sarana mendekatkan diri kepada Tuhan, dan mungkin melalui karya-karyanya itulah, ia menyembah dan memuji Yesus untuk semua yang telah Dia kerjakan dalam hidupnya.

Dirangkum dari:

  1. ______. "About Francine". Dalam http://francinerivers.com/about
  2. ______. "Francine Rivers Author Profile". Dalam http://www.newreleasetuesday.com/
  3. ______. "Francine Rivers". Dalam http://en.wikipedia.org/wiki/Francine_Rivers