Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PELITAKU

Loading

EyD Itu Rumit?

Harus diakui, memang, kita sering kelabakan ketika berhadapan hanya dengan EyD. Bayangkan saja, kita harus mengerti mengenai penggunaan huruf kapital dan huruf kecil, yang hingga sekarang saja masih sering membingungkan kita. Ada pula masalah penggunaan tanda baca yang terdiri dari tanda titik (.), tanda koma (,), titik dua (:), tanda petik ganda ("), tanda petik tunggal ("), atau tanda pisah (--) yang sering disalahmengerti dengan tanda hubung (-). Atau ketika kita berhadapan dengan aspek morfologi. Kita masih sulit menentukan mana yang benar antara, misalnya mempercayai dan memercayai; mempengaruhi dan memengaruhi.

Lalu bagaimana kita bisa mengasah kemampuan EyD kita? Rasanya tidak ada cara lain selain banyak berlatih, banyak mengaplikasikannya. Ketika memahami prinsip penggunaan tanda titik, misalnya, kita tidak akan ragu untuk menggunakan tanda titik di posisi yang benar. Ketika memahami bahwa fungsi tanda pisah jelas berbeda dengan tanda hubung, kita tidak akan menggunakan tanda hubung (-) sebagai tanda pisah yang ditandai dengan dua tanda pisah atau sebuah garis panjang. Mungkin langkah yang patut dicoba adalah sebagai berikut.

  1. Pelajari salah satu aspek dari EyD, misalnya aspek penggunaan huruf kapital.

  2. Baca butir-butir dari aspek tersebut berulang kali.

  3. Cobalah mengikuti kaidah yang ditentukan dalam kalimat yang Anda buat sendiri.

  4. Coba amati bahan bacaan tertentu, amati perilaku EyD yang digunakan dalam bahan bacaan tersebut.

  5. Periksa apakah bahan bacaan Anda tersebut mengikuti kaidah EyD atau tidak.

  6. Fokuskan perhatian Anda hanya pada aspek ejaan yang hendak Anda pelajari; bila Anda mempelajari penggunaan huruf kapital, amati saja bagaimana bahan bacaan Anda menerapkan kaidah mengenai huruf kapital tersebut.

  7. Cobalah untuk memperbaiki bagian-bagian yang salah.

Langkah-langkah sederhana tersebut perlu diulang berkali-kali hingga kita benar-benar menguasai dan memahami perilaku tanda baca atau aspek ejaan tertentu. Silakan terapkan hal-hal tersebut untuk aspek ejaan lainnya.

Diambil dan disunting seperlunya dari:

Nama situs : Corat-Coret Bahasa
Penulis : indonesiasaram
Alamat URL : http://indonesiasaram.wordpress.com/2007/03/02/eyd-itu-rumit/