Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PELITAKU

Empat Cara untuk Membangun Hubungan yang Sehat dengan Para Pembaca Anda

Saya menulis email kepada Anne Rice. Dia membalas saya lima belas menit kemudian. Saya tidak memercayainya. Saya adalah orang asing, dan dia langsung saja menulis catatan yang baik dan ramah kepada saya.

Memiliki hubungan yang positif dengan pembaca Anda sangatlah berharga. Pembaca lebih cenderung untuk membeli buku Anda jika mereka merasakan ada hubungan pribadi dengan Anda. Besar kemungkinannya bagi mereka untuk menyinggung buku Anda kepada teman-teman mereka karena mereka ingin menceritakan tentang bagaimana mereka berinteraksi dengan penulisnya. Saya memiliki pembaca yang memperkenalkan saya kepada wartawan, mengatur penandatanganan buku, dan membuat saya berceramah.

Berikut adalah 4 poin sederhana untuk membantu membangun hubungan yang sehat dengan para pembaca Anda:

  1. Jadikan diri Anda mudah dijangkau.

    Anda dapat menggunakan media apa pun yang Anda suka untuk berkomunikasi, asalkan pembaca Anda tahu bagaimana menghubungi Anda. Hal itu bisa berupa formulir pengajuan berlangganan di website Anda, alamat email, atau menulis surat kepedulian dari penerbit Anda. Ketika beberapa pembaca mencapai halaman akhir dari buku Anda, mereka ingin memberi tahu Anda tentang bagaimana buku itu memengaruhi mereka. Jadi, izinkan mereka melakukannya. Saya memasukkan satu halaman di bagian belakang novel-novel saya yang memberitahukan kepada para pembaca tentang cara bagaimana saya lebih suka dihubungi. Tidak apa-apa jika Anda tidak memiliki akun Twitter, asalkan penggemar Anda dapat menemukan Anda.

  2. Menanggapi mereka yang menghubungi Anda.

    Jika Anda berada di acara penandatanganan buku dan seseorang mengatakan halo, Anda akan menjawabnya, bukan? Jika seseorang menulis email, atau mengirim tweet, atau membuat komentar di blog Anda, berikan tanggapan kepada mereka. Jika Anda sibuk, tulis saja sesuatu yang sederhana, seperti "Terima kasih untuk catatannya. Saya minta maaf karena tidak mempunyai waktu untuk menulis lebih banyak karena saya sedang menulis buku berikutnya. Saya menghargai kata-kata baik Anda". Atau, jika Anda memiliki waktu, balaslah tulisan mereka kembali dan mulailah interaksi yang sebenarnya. Penggemar Anda akan menceritakan hal ini kepada teman-teman mereka.

  3. Bersikaplah sopan.

    Saya memiliki perlengkapan pengingat Google untuk judul-judul saya, dan ketika seseorang menulis review, saya akan mampir ke blog mereka dan berterima kasih untuk ulasan yang mereka buat (baik positif maupun negatif). Pernah saya mendapatkan ulasan yang sangat kejam, tetapi saya tetap meninggalkan komentar kepadanya, berterima kasih kepada penulis ulasan tersebut karena telah membaca dan mengulas buku saya. Penulisnya menjawab, terkejut karena saya bersikap baik tentang semuanya itu, dan kami mengalami percakapan panjang yang menarik yang memperjelas buku tersebut untuknya dan menunjukkan beberapa kelemahan buku itu bagi saya. Dia ternyata kemudian menjadi pembaca saya yang baik. Saya mengirimkannya salinan naskah berikutnya sebelum naik cetak, dan kami mengalami pembicaraan di telepon setelah itu dan saya memasukkan beberapa sarannya. Dia kemudian memberikan ulasan positif yang sangat kuat untuk buku kedua saya. Dia menjadi lebih sebagai teman daripada penggemar saya sekarang. Betapa mengejutkan seberapa jauh yang dihasilkan oleh kesantunan dalam interaksi Anda. Jadilah orang yang baik di samping seorang penulis yang besar, dan Anda berada di jalan yang tepat untuk mendapat basis penggemar setia.

  4. Mengatur batasan-batasan pribadi.

    Para pembaca kita merasa bahwa mereka mengetahui kita secara baik karena besarnya kita mengungkapkan diri di dalam pekerjaan kita. Hal tersebut dapat membuat keintiman palsu yang menyebabkan ketidaknyamanan bagi penulis. Adalah bijaksana untuk menetapkan batas-batas untuk berinteraksi dengan para penggemar. Saya akan dengan senang hati berbicara tentang tulisan saya, menjawab pertanyaan tentang novel saya, atau melakukan Skype dengan klub buku. Namun, saya tidak akan berinteraksi dengan penggemar tentang anak-anak saya. Saya tidak akan bergosip tentang orang-orang yang bekerja dengan saya dalam industri ini. Saya tidak akan menceritakan apa pun tentang proyek-proyek baru yang tidak ingin saya ceritakan kepada publik.

    Membangun hubungan dengan pembaca Anda bisa menjadi hal yang menyenangkan. Pekan lalu, seorang ibu mengirimkan saya gambar yang dilukis oleh putrinya saat sedang membaca novel fantasi anak-anak karangan saya. Itu adalah saat yang benar-benar manis bagi saya, dan saya mengirimkan mereka berdua catatan terima kasih. Sangat memuaskan untuk melihat kata-kata saya membangkitkan imajinasi orang lain. (t/N. Risanti)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : Writer's Digest
Alamat URL : http://www.writersdigest.com/editor-blogs/guide-to-literary-agents/building-healthy-relationships-with-your-readers
Judul asli artikel : 4 Ways to Build Healthy Relationships with Your Readers
Penulis artikel : Matt Mikalatos
Tanggal akses : 1 April 2016