Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PELITAKU

Loading

Biografi Dickens

Charles Dickens lahir pada tanggal 7 Februari, 1812, putra John dan Elizabeth Dickens. John Dickens adalah seorang pegawai di Naval Pay Office. Dia tidak pandai mengatur keuangan, dan pada tahun 1824 dia dipenjara karena utang. Istri dan anak-anak, kecuali Charles, dihukum bekerja di Warren's Blacking Factory, bergabung dengannya di Penjara Marshalsea. Ketika keuangan keluarga yang ditempatkan setidaknya sebagian untuk denda-denda dan ayahnya dibebaskan, Dickens dua belas tahun, yang sudah terluka secara psikologis oleh pengalaman, semakin terluka oleh desakan ibunya supaya ia terus bekerja di pabrik. Ayahnya, bagaimanapun, menyelamatkan dia dari takdir itu, dan antara 1824 dan 1827 Dickens adalah murid yang pulang pergi, tidak tinggal di asrama sekolah di sebuah sekolah di London. Di usia lima belas, ia bekerja sebagai pesuruh kantor di kantor pengacara, sambil belajar steno di malam hari. Pekerjaan singkatnya di Blacking Factory menghantuinya sepanjang hidupnya - ia membicarakan itu hanya kepada istri dan ke teman terdekatnya, John Forster - tetapi rahasia gelap menjadi sumber energi kreatif dan juga keasyikan untuk tema keterasingan dan pengkhianatan yang akan muncul, terutama, dalam David Copperfield dan dalam Great Expectations.

Pada tahun 1829 ia menjadi reporter lepas di Doctor's Commons Courts, dan pada tahun 1830 ia bertemu dan jatuh cinta dengan Maria Beadnell, putri seorang bankir. Di tahun 1832 ia menjadi seorang reporter stenografi yang sangat sukses untuk perdebatan parlemen di House of Commons, dan mulai bekerja sebagai reporter untuk sebuah surat kabar.

Program sarjana

Pada tahun 1833 hubungannya dengan Maria Beadnell berakhir, mungkin karena orang tuanya tidak berpikir dia cocok (versi yang tidak sangat menyanjung tentang istrinya akan muncul bertahun-tahun kemudian di Little Dorrit). Pada tahun yang sama ceritanya untuk pertama kali diterbitkan muncul, dan diikuti, tak lama setelah itu, oleh sejumlah cerita lain dan sketsa-sketsa. Pada 1834, masih menjadi seorang reporter surat kabar, ia memakai nama samaran yang segera menjadi terkenal dengan nama samaran "Boz." Ayahnya yang miskin (yang merupakan tokoh asli dari Mr. Micawber di David Copperfield, sementara ibu Dickens menjadi tokoh asli untuk Mrs. Nickleby yg suka mengeluh) sekali lagi ditangkap karena utang, dan Charles, banyak karena tertekan, terpaksa datang meminta bantuan. Kemudian dalam hidupnya, bauk kedua orang tuanya (dan saudara-saudaranya) sering mengejarnya untuk uang. Pada tahun 1835 ia bertemu dan kemudian bertunangan dengan Catherine Hogarth.

Seri pertama dari Sketches oleh Boz diterbitkan pada tahun 1836, dan pada tahun yang sama Dickens dibayar untuk menulis teks singkat yang mendampingi serangkaian ilustrasi olahraga lucu oleh Robert Seymour, artis populer. Namun, Seymour bunuh diri setelah seri kedua, dan di bawah situasi yang aneh Dickens mengubah konsepsi awal The Pickwick Papers, yang menjadi novel (diilustrasikan oleh Hablot K. Browne, " Phiz," yang kerja samanya dengan Dickens berlangsung terus selama bertahun-tahun ). The Pickwick Papers berlanjut di bagian bulanan sampai November 1837, dan, mengejutkan semua orang, itu menjadi begitu sangat populer. Dickens kemudian menikahi Catherine Hogarth pada tanggal 2 April 1836, dan pada tahun yang sama ia menjadi editor Bentley Miscellany, menerbitkan (pada bulan Desember) seri kedua dari Sketches oleh Boz, dan bertemu John Forster, yang akan menjadi teman terdekatnya dan orang kepercayaannya serta penulis biografinya yang pertama.

Setelah suksesnya Pickwick, Dickens memulai karir penuh waktu sebagai novelis, memproduksi karya kompleksitas yang bertambah pada tingkat yang luar biasa, namun ia tetap melanjutkan kegiatan jurnalistik dan editorialnya. Oliver Twist dimulai pada tahun 1837, dan berlanjut di bagian bulanan sampai April 1839. Pada tahun 1837 itu juga, adik Catherine yang termuda, Mary, yang Dickens idolakan, meninggal. Dia juga akan muncul, dalam berbagai samaran, dalam fiksi Dickens kemudian. Seorang anak, Charles, yang pertama dari sepuluh anak, lahir pada tahun yang sama.

Nicholas Nickleby sedang berlangsung pada tahun 1838, dan berlanjut sampai Oktober 1839, di mana di tahun itu Dickens mengundurkan diri sebagai editor Miscellany Bentley. Seri pertama dari Master Humphrey's Clock muncul pada tahun 1840, dan The Old Curiosity Shop, dimulai pada Master Humphrey, terus sampai Februari 1841, ketika Dickens memulai Barnaby Rudge, yang terus berlanjut sampai November tahun itu. Pada tahun 1842 ia memulai kunjungan ke Kanada dan Amerika Serikat di mana ia menganjurkan hak cipta internasional (penerbit Amerika yang tidak bermoral, khususnya, yang membajak karya-karyanya) dan penghapusan perbudakan. Amerika Notesnya, yang menciptakan kehebohan di Amerika (ia berkomentar tidak baik, untuk satu hal, tampaknya universal - dan, sejauh Dickens prihatin, sangat tidak menyenangkan - kecenderungan Amerika untuk mengunyah tembakau dan meludahi jus), muncul pada bulan Oktober tahun itu. Martin Chuzzlewit, sebagiannya yang bukan menggambarkan Amerika yang sangat disanjung, dimulai pada 1843, dan berlangsung sampai Juli 1844. A Christmas Carol, yang pertama dari buku Natal Dickens yang sangat sukses - masing-masing, meskipun mereka semakin suram, dimaksudkan sebagai "semacam topeng aneh yang dimaksudkan untuk membangkitkan pemikiran penuh kasih dan kesabaran" - muncul di bulan Desember 1843.

Pada tahun yang sama, Dickens dan keluarganya melakukan tur ke Italia, dan jauh di luar negeri, di Italia, Swiss, dan Perancis, sampai 1847. Dickens kembali ke London pada bulan Desember 1844, ketika The Chimes diterbitkan, dan kemudian kembali ke Italia, tidak untuk kembali ke Inggris hingga Juli 1845. Tahun 1845 juga membawa debut perusahaan teater amatir Dickens, yang menghabiskan banyak waktunya sejak dari saat itu. The Cricket dan Hearth, buku Natal ketiga, diterbitkan pada bulan Desember, dan karyanya Pictures From Italy muncul pada tahun 1846 di "Daily News," surat kabar yang didirikan Dickens dan yang, untuk waktu yang singkat, ia adalah editornya.

Pada 1847, di Swiss, Dickens memulai Dombey and Son, yang berlangsung sampai April 1848. The Battle of Life muncul di bulan Desember tahun itu. Pada tahun 1848 Dickens juga menulis sebuah fragmen otobiografi, mengarahkan dan bermain di sejumlah teater-teater amatir, dan menerbitkan apa yang akan menjadi buku Natal terakhirnya, The Haunted Man, pada bulan Desember. Tahun 1849 melihat kelahiran David Copperfield, yang berlangsung melalui November 1850. Pada tahun itu juga, Dickens mendirikan dan menjadi editor Household Words mingguan, yang akan digantikan, pada tahun 1859, denganAll the Year Round, yang ia diedit sampai kematiannya. Tahun 1851 dia bekerja pada Bleak House, yang keluar bulanan dari 1852 sampai September 1853.

Pada tahun 1853 ia melakukan tur Italia dengan Augustus Egg dan Wilkie Collins, dan memberi, sekembalinya ke Inggris, yang pertama dari banyak bacaan umum dari karya-karyanya sendiri. Hard Times mulai keluar mingguan di Household Words pada 1854, dan berlanjut sampai Agustus. Keluarga Dickens menghabiskan musim panas dan musim gugur di Boulogne. Pada tahun 1855 mereka tiba di Paris pada bulan Oktober, dan Dickens memulai Little Dorrit, yang dilanjutkan di bagian bulanan hingga Juni 1857. Pada tahun 1856 Dickens dan Wilkie Collins berkolaborasi dalam sebuah drama, The Frozen Deep dan Dickens purchased Gad's Hill, perkebunan yang ia kagumi sejak kecil.

Keluarga Dickens menghabiskan musim panas tahun 1857 di sebuah Gad Hill yang direnovasi. Hans Christian Anderson, yang dongengnya Dickens sangat kagumi, mengunjungi mereka di sana dan dengan cepat tidak diterimanya. Perusahaan teater Dickens menampilkan The Frozen Deep for the Queen, dan ketika aktris muda bernama Ellen Ternan bergabung jadi pemain pada bulan Agustus, Dickens jatuh cinta padanya. Pada tahun 1858, di London, Dickens melakukan pembacaan publik pertamanya untuk membayar, dan bertengkar dengan teman lamanya dan saingannya, novelis besar Thackeray. Lebih penting lagi, di tahun itulah, setelah kesulitan yang panjang, ia terpisah dari istrinya. Mereka telah selama bertahun-tahun "secara temperamen tidak cocok" satu sama lain. Dickens, menarik dan brilian meskipun ia, juga secara mendasar tidak aman secara emosional, dan pasti sangat sulit untuk hidup dengan sfatnya itu.

Pada tahun 1859 bacaan Londonnya berlanjut, dan ia mulai mingguan baru, All the Year Round. Cerita bersambung pertama dari A Tale of Two Cities muncul di kolom pembukaan, dan novel itu terus berlanjut sampai November. Di tahun 1860, keluarga Dickens tinggal di Gad Hill. Dickens, selama periode retrospeksi, membakar banyak surat-surat pribadi, dan membaca ulang karyanya sendiri David Copperfield, novelnya yang paling otobiografi, sebelum memulai Great Expectations, yang keluar mingguan sampai Agustus 1861.

Tahun 1861 Dickens memulai seri lain dari bacaan publik di London, bacaan yang terus ada di sepanjang tahun berikutnya. Pada tahun 1863, ia melakukan pembacaan publik baik di Paris dan London, dan berdamai dengan Thackeray sebelum kematian Thackeray. Our Mutual Friend dimulai pada tahun 1864, dan keluar bulanan sampai November 1865. Kesehatan Dickens buruk, sebagian besar karena terlalu banyak pekerjaan yang terus-menerus.

Pada tahun 1865, sebuah insiden terjadi yang sangat mengganggu Dickens, baik secara psikologis maupun fisik: Dickens dan Ellen Ternan, kembali dari liburan Paris, terguncang dalam kecelakaan kereta api di mana sejumlah orang terluka.

Tahun 1866 menghasilkan seri bacaan umum lain, saat ini di berbagai lokasi di Inggris dan Skotlandia, dan masih bacaan lebih umum, di Inggris dan Irlandia, yang dilakukan pada tahun 1867. Dickens sekarang benar-benar tidak enak badan tapi terus melanjutkan, dengan kompulsif, melawan saran dokternya. Di akhir tahun ia memulai tur bacaan Amerika, yang berlanjut ke 1868. Kesehatan Dickens memburuk, tapi ia masih mengambil alih tugas lain yang melelahkan secara fisik dan mental, tugas editorial di All the Year Round.

Selama tahun 1869, pembacaannya berlanjut, di Inggris, Skotlandia, dan Irlandia, sampai akhirnya ia pingsan, menunjukkan gejala stroke ringan. Bacaan provinsi selanjutnya dibatalkan, tapi ia memulai The Mystery of Edwin Drood.

Bacaan publik terakhir Dickens berlangsung di London pada 1870. Dia menderita stroke lagi pada 8 Juni di Gad Hill, setelah sehari penuh mengerjakan Edwin Drood, dan meninggal pada hari berikutnya. Ia dimakamkan di Westminster Abbey pada 14 Juni, dan episode terakhir dari Mystery of Edwin Drood yang belum selesai muncul pada bulan September. (t/Jing-Jing)

Materi terkait
A Chronology of his Life
Major Biographies of Dickens — a Critical Overview
The Blacking Factory and Dickens's Imaginative World
Dickens's affair with Ellen Lawless Ternan
Dickens's Popularity
Dickens' Professional Career [Chapter 1 of E. D. H. Johnson's Charles Dickens: An Introduction to His Novels.
Dickens's 1842 Reading Tour: Launching the Copyright Question in Tempestuous Seas
Dickens's 1867-68 Reading Tour: Re-Opening the Copyright Question

Diterjemahkan dari:
Nama situs: Victorian Web.org
Alamat situs:http://www.victorianweb.org/authors/dickens/dickensbio1.html
Judul asli artikel: Dickens: A Brief Biography
Penulis artikel: David Cody
Tanggal akses: 9 Agustus 2016