Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PELITAKU

Bagaimana dan Mengapa Memulai Kelompok Menulis

Setelah tinggal di daerah pelosok di Colorado, saya sangat mendambakan satu kehidupan seperti yang saya lihat di kota -- terutama, salah satunya kemampuan untuk menjalin koneksi dengan penulis-penulis lain. Dengan bergabung dalam kelompok menulis atau klub penulis, Anda mendapat kesempatan untuk memanfaatkan keterampilan menulis yang Anda miliki secara pribadi dan bersama-sama sebagai satu tim, mengasah keterampilan Anda, dan secara terus-menerus menambah pemacu untuk mengobarkan semangat Anda dalam mencari ilham.

Klub menulis mengajak orang berkumpul bersama untuk menceritakan hasil tulisan mereka dan menginspirasi satu sama lain untuk terus menulis. Sepertinya kegiatan ini terdengar membosankan, tapi sekali Anda memulainya Anda akan menyukainya sehingga Anda akan menanti-nantikan pertemuan semacam itu.

Kelompok menulis yang baik juga menawarkan kepada Anda banyak kesempatan atau alasan untuk menulis -- beberapa kelompok fokus pada tulisan untuk anak-anak, yang lainnya pada puisi, tapi kelompok yang paling baik selalu memberi Anda ajang untuk memasarkan tulisan Anda. Ajang yang dimaksud mungkin bahan bacaan bulanan untuk anak-anak di perpustakaan, buku terbitan sendiri yang berisi petunjuk dan tips agar tulisan diterbitkan, atau proyek skala besar seperti pembiayaan dan pemasangan puisi di halte bus. Pengalaman Anda di dalam klub bisa menginspirasi berbagai kalangan dan hal itu merupakan satu hal yang tidak akan disia-siakan oleh setiap orang yang suka menulis.

Langkah-Langkah untuk Membentuk Kelompok Menulis

Salah satu hal yang paling mendasar mengenai kelompok menulis adalah Anda tidak harus memiliki banyak "peralatan" seperti yang diwajibkan oleh beberapa klub lainnya. Tujuan utama kelompok Anda adalah untuk mendukung, mendorong, mengkritik, dan memotivasi diri Anda sendiri dan teman sesama penulis Anda.

Jika Anda tidak memiliki kelompok menulis di daerah Anda atau jika Anda memiliki gagasan untuk sesuatu yang benar-benar unik dan yang tidak bisa diberikan oleh kelompok-kelompok yang sudah ada, Anda bisa membentuk kelompok menulis sendiri dan berkembang dalam kreativitas Anda. Langkah-langkah yang perlu Anda ambil cukup jelas.

Langkah Pertama: Perencanaan

Pertama-tama, Anda harus memutuskan kelompok Anda akan fokus ke mana. Ada banyak kelompok menulis di masyarakat yang berjalan secara umum dan mengatakan, "Kami fokus untuk menulis, titik." Tapi hal itu bisa menimbulkan banyak masalah. Selain itu, jika Anda benar-benar tertarik dengan kelompok menulis karena kelompok menulis itu sendiri, akan jauh lebih baik jika Anda bergabung dengan salah satu kelompok yang sekarang sudah ada.

Hal-hal yang Anda catat termasuk gaya tulisan apa yang ingin Anda fokuskan (fiksi, nonfiksi, romantis, horor, misteri, ketegangan, fantasi, anak-anak, dan seterusnya), keterampilan sampai tingkat manakah yang harus diperhatikan para penulis, dan pedoman apa yang dimiliki kelompok Anda.

Bagian yang tersulit dari rencana Anda akan menentukan petunjuk mana yang Anda inginkan untuk diikuti kelompok Anda. Hal ini kembali pada kesempatan seperti apa yang diberikan oleh kelompok menulis Anda kepada anggotanya. Janganlah mempersulit diri Anda dengan menetapkannya setelah Anda memutuskan gaya tulisan apa yang akan Anda fokuskan.

Sebagai contoh, jika saya ingin menciptakan satu kelompok yang fokus pada tulisan untuk anak-anak dalam berbagai format (termasuk cerita pendek untuk majalah dan buku-buku bergambar), saya mungkin akan memutuskan bahwa saya mau kelompok saya mendorong dan menginspirasi anak-anak untuk menulis juga. Dengan "pedoman" yang ada, banyak hal menjadi mungkin -- semua hal dari beraktivitas dengan anak di sekolah mereka hingga mensponsori kelompok bermain.

Di sisi lain, Anda bisa menetapkan bahwa pedoman utama Anda adalah bekerja sebagai kelompok pendukung bagi para penulis. Sampai pada akhirnya nanti kelompok Anda bisa bekerja untuk membantu satu sama lain menjadi penulis yang bisa menerbitkan buku, untuk menetapkan dan mengidentifikasi sumber, dan secara umum mendorong mengembangkan tulisan Anda sampai tingkat ahli.

Biarkan tujuan Anda tanpa batas -- Anda akan mendapatkan tanggapan secara terus-menerus dan pastikan bahwa setiap orang dalam kelompok tetap cocok dengan tujuan kelompok. Dahulu ketika Anda membuka diri untuk semua orang, anak Anda menjadi anak yang ditanggung oleh warga kampung, dan tanpa sumbangan warga untuk kesehatan dan kebahagiaannya, tak seorang pun akan bahagia.

Langkah Kedua: Iklan

Jangan bertindak berlebihan dalam iklan Anda. Namun, fokuslah untuk membentuk kelompok kecil sebagai permulaan dengan 5 orang hingga paling banyak 10 orang -- yang bisa memimpin kelompok Anda sampai terbentuk. Jika Anda memikirkan hal yang terlalu besar dari awal, Anda akan lupa dengan hal-hal kecil yang paling banyak memberi kesenangan: dengan saling bercerita, saling mendukung, dan mengembangkan keterampilan Anda.

Saya sarankan mulailah dengan pamflet sederhana yang menginformasikan bahwa Anda sedang membentuk kelompok menulis dan menantikan telepon untuk mendaftar menjadi anggota. Ceritakan tentang semua informasi perihal kelompok yang Anda rencanakan (segala hal yang Anda catat pada tahap perencanaan), kapan Anda akan mengadakan pertemuan pertama Anda, dan sertakan nama pertama Anda berikut nomor telepon atau alamat email bagi penulis yang berminat untuk menghubungi Anda.

Untuk mendapatkan orang yang Anda cari untuk menjadi anggota kelompok Anda, pertimbangkan di mana Anda akan menempelkan pamflet. Tentu saja, banyak orang akan memerhatikan pamflet berwarna oranye terang yang tergantung di toko kelontong -- tapi apakah itu tepat jika Anda menempelkannya di sana? Mungkin saja tidak. Sebaliknya, pikirkanlah tempat-tempat seperti perpustakaan, kampus, dan sekolah setempat -- berdasarkan usia dan tingkat keterampilan yang ingin Anda miliki dalam kelompok Anda. Toko-toko buku juga bisa menjadi tempat yang tepat untuk memperoleh penulis yang tertarik.

Langkah Ketiga: Wawancara

Anda tentu saja tidak ingin menjadi orang yang tak bersahaja dengan mengatakan bahwa Anda sedang "mewawancarai" orang-orang yang merespons pamflet Anda, tapi apa yang akan Anda lakukan ini penting. Pergunakanlah sedikit waktu untuk berbincang-bincang dengan orang-orang yang menelepon Anda dan catatlah jawaban mereka. Tanyakan pula jenis tulisan apa yang sedang mereka tulis, sampai di mana tingkat keterampilan yang mereka miliki, dan mengapa mereka ingin menjadi anggota kelompok Anda. Percayalah, dengan mempergunakan waktu beberapa menit saja untuk bertanya, Anda bisa heran dengan beberapa jawaban -- cara ini menghindarkan Anda dari perselisihan-perselisihan saat melalui proses ini.

Selain beberapa pertanyaan penting, pastikan bahwa Anda mendapat informasi kontak dan nama. Katakan pada masing-masing penelepon (perihal pertimbangan Anda apakah mereka akan memberi dukungan yang baik bagi kelompok Anda) sehingga Anda bisa menghubungi mereka kembali jika Anda sudah mendapatkan cukup orang untuk membentuk kelompok menulis.

Ketika Anda mulai mengumpulkan daftar orang-orang yang berminat, tandailah nama mereka yang sungguh-sungguh berminat bergabung dengan "sang bintang", dan mereka yang hanya terlalu ... apa saja ... untuk membuat jalan pintas dengan kritikan. Dengan cara ini, Anda bisa melacak berapa banyak calon yang Anda miliki tanpa harus menyortir melalui daftar dan mengingat setiap percakapan yang Anda lakukan.

Anda pasti tidak akan membiarkan waktu berlalu, yaitu ketika orang mulai menelepon dan ketika Anda mengadakan pertemuan pertama Anda. Tentukan tujuan tersebut selama 1 sampai 2 minggu. Jika Anda harus mulai hanya dengan 3 orang yang betul-betul luar biasa, ini lebih baik daripada mencoba membentuk kelompok dengan lebih dari 15 orang yang tidak berminat lagi karena mereka pikir Anda sudah melalaikan kelompok.

Langkah Keempat: Pertemuan Pertama

Minimal 3 hari sebelum Anda mengadakan pertemuan pertama, teleponlah nama-nama orang yang ada dalam daftar Anda yang sudah Anda tetapkan untuk diundang. Beritahu mereka dengan pasti kapan dan pukul berapa pertemuan Anda akan diadakan, dan beri mereka arahan mengenai lokasi pertemuan yang akan Anda adakan. Anda ingin anggota-anggota baru Anda merasa disambut dan antusias, pastikan mereka bisa sampai di sana dengan mudah.

Ketika Anda sedang menelepon, katakan pada setiap anggota Anda untuk membawa contoh tulisan pendek -- entah puisi, cerita pendek, atau kutipan dari tulisan panjang -- untuk dibaca dengan keras. Ini adalah cara hebat untuk mencairkan suasana, buatlah setiap orang merasa nyaman dalam pertemuan pertama dan perkenalkanlah gaya tulisan dan tingkat kemampuan semua anggota satu per satu.

Sekali langkah Anda berjalan dengan lancar, Anda pasti ingin membuat beberapa petunjuk dan berharap mendapat timbal baliknya. Ajaklah semua orang untuk mendiskusikan harapan apa yang mereka inginkan untuk dihasilkan kelompok itu, dan betapa sedikitnya cara yang Anda rencanakan dalam kelompok yang paling memikat mereka. Pastikan seperti apakah pertemuan itu akan berjalan, dan tetapkan aturan-aturan apa yang digunakan dalam memberikan "kritik yang membangun".

Paling penting, tetaplah terbuka untuk menerima masukan dari orang lain. Satu kelompok harus bekerja bersama-sama; hal ini tidak berarti bahwa Anda tidak bisa memimpin dan memfasilitasi, tapi ini berarti bahwa Anda tidak bisa mencoba untuk menjalankan kelompok ini seperti sebuah kerajaan. Memang Anda pendirinya, tapi Anda tidak berkuasa sepenuhnya atas kelompok itu.

Terakhir, tetapkan berapa kali pertemuan menulis itu akan diadakan dan kapan waktunya yang benar-benar bisa mengakomodir sebagian besar anggota yang ada sekarang. Hindari pertemuan yang terlalu sering -- pertemuan setiap minggu bisa melelahkan dan biasanya menimbulkan frustrasi. Kebanyakan kelompok menulis akan bertemu setiap dua minggu atau sebulan sekali, dan yang juga memberi anggotanya banyak waktu untuk membuat tulisan baru ketika mereka menjalani kehidupan mereka sehari-hari.

Langkah Kelima: Mengelola Kelompok

Seiring berjalannya waktu dan kelompok kecil Anda berkembang dan semakin merasa nyaman satu dengan yang lain, Anda harus secara terus-menerus memastikan bahwa kebutuhan dan harapan setiap orang telah terpenuhi. Ini bisa menjadi bagian yang paling sulit bagi pendiri kelompok -- hal ini memerlukan kesabaran, dedikasi, dan ketulusan yang besar terhadap anggota-anggota Anda.

Setelah beberapa kali pertemuan, Anda bisa mencoba untuk membuat satu "agenda" atau "kalender kegiatan" yang membantu setiap anggota untuk tetap fokus pada diskusi kelompok khusus atau peristiwa tertentu. Bagian agenda bulanan Anda temasuk mengadakan survei buta -- benar-benar tanpa nama, kegiatan ini mengajak para anggota untuk menilai bagaimana kelompok tersebut mengerjakan berbagai hal, termasuk bagaimana menginspirasi tulisan mereka, menciptakan kesempatan menulis, dukungan, dan sebagainya. Mintalah beberapa saran dan terapkanlah masukan yang Anda peroleh dengan sungguh-sungguh.

Hal penting lainnya untuk menjaga kesehatan dan kebahagiaan kelompok menulis Anda adalah dengan memastikan bahwa tugas dan tanggung jawab harus dipisahkan di antara anggota-anggota kelompok yang dapat diandalkan. Dalam beberapa pertemuan awal, Anda perlu memberi perhatian khusus pada keterampilan dan kebiasaan kelompok inti Anda -- siapa yang selalu tepat waktu dan sangat teliti? Mereka bisa menjadi anggota yang sangat tepat untuk membantu mengatur kegiatan dan kesempatan. Anggota yang mana yang terus mendorong dan mengkritik tanpa bermaksud merendahkan? Jika kelompok Anda berencana untuk menerbitkan buku bersama-sama, anggota ini bisa menjadi editor yang andal.

Terakhir, pastikan Anda tetap mempertahankan pertemuan Anda terus fokus pada hal yang penting: kelompok.

Menulis merupakan suatu keterampilan yang luar biasa dan patut dihargai, lebih dari kepuasan berkreasi yang kita rasakan dalam membuatnya. Saat kita bisa meningkatkan kekurangan kita hingga mencapai tingkat kualitas profesional yang semakin tinggi, petunjuk kreatif ini akan membantu kita bisa berhasil dalam karier dan usaha. Tolonglah para anggota kelompok menulis Anda agar berkembang dan mengetahui kualitas mereka, dan Anda akan menemukan celah yang Anda perlukan untuk menemukan dan mengembangkan talenta Anda sendiri. (t/Setya)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : AC -- Associated Content
Penulis : Lolaness
Alamat URL : http://www.associatedcontent.com/article/18835/