Bagaimana Caranya Agar Tulisan Saya Diterbitkan?

Kebanyakan penulis pasti berharap tulisannya diterbitkan karena melihat tulisan sendiri dicetak dan dijual merupakan dukungan yang luar biasa atas panggilan, dan (sepertinya) dapat menambah pendapatan. Saya ingin memberitahukan kepada Anda bagaimana caranya sehingga tulisan saya diterbitkan dan memberikan komentar umum berdasarkan pengalaman saya.

Saya selalu ingin menulis. Saya senang menciptakan tokoh dan alur cerita dan saya suka dengan ide pengembangan orang yang menarik dan menempatkannya dalam situasi yang tak biasa atau menantang. Kira-kira 10 tahun yang lalu, saya membaca cerita pendek tentang malaikat penjaga. Gagasan tersebut membangkitkan minat dan saya mulai berpikir tentang malaikat- malaikat, khususnya menurut pandangan Kristen.

Saya mengembangkan karakter malaikat penjaga versi saya, dan kemudian saya menciptakan seseorang untuk dia jaga. Saya menamainya Alex. Alex memiliki kisah pribadi yang traumatis dan pekerjaan yang menantang. Saya juga menciptakan tokoh-tokoh lain, beberapa tokoh yang menyukai dan mendukungnya sementara yang lainnya memiliki niat jahat. Dari perpaduan ini muncullah satu novel yang berjudul "Urban Angel".

Awalnya saya memberi judul "The Father of Orphans". Saya mengirimkannya ke beberapa penerbit dan balasannya saya mendapat surat penolakan singkat. Lalu saya mengirimkan naskah tersebut ke anak cabang penerbit Vineyard Churches Worldwide dan mereka berkata mereka akan menerbitkannya dengan syarat saya membeli beberapa buku. Saya terima tawaran mereka, beberapa buku terjual, dan saya senang melihat tulisan saya dicetak dan dijual.

Selanjutnya ada hal menarik yang terjadi. Saya rasa Tuhan menginginkan saya untuk menyampaikan sesuatu dalam pertemuan kesenian pinggiran di Greenbelt, dan membawa beberapa buku saya untuk dijual. Saya harus memikirkannya masak-masak karena untuk pergi ke Greenbelt perlu biaya banyak dan acara tersebut bersamaan dengan liburan keluarga kami ke Lake District. Akhirnya saya memutuskan untuk pergi. Saya menyampaikan pendapat saya dalam pertemuan itu kemudian saya duduk di dekat toko buku dan menawarkan buku-buku yang saya tanda tangani.

Saya menjual 6 buku!

Saya bisa apa? Saya rasa sepertinya Tuhan menghendaki saya untuk pergi ke acara itu, jadi saya pergi.

Yang tidak saya mengerti saat itu adalah salah satu dari orang yang membeli buku saya membacanya dan memberikannya kepada pemilik toko buku di gerejanya. Si pemilik toko buku itu pun akan membacanya dan mengirimnya ke Authentic Media, anak cabang penerbit STL.

Authentic Media menyukainya dan memutuskan untuk menerbitkannya untuk alasan komersial pada tahun 2004 dengan judul "Urban Angel".

Hal apa yang dapat Anda ambil dari kisah ini? Berikut adalah tiga pengamatan yang bisa diambil.

  1. Ketekunan

  2. Anda perlu ketekunan saat Anda menulis cerita. Saya menulis "Urban Angel" selama 1 tahun, sebagian besar pada waktu malam saat saya masih memiliki banyak waktu untuk mengerjakan pekerjaan sekuler. Anda juga perlu ketekunan untuk mengirimkannya ke penerbit. Jika Anda sudah selesai menulis dan Anda rasa tulisan Anda pantas dibaca, maka jangan menyerah. Tulislah sebaik yang Anda bisa dan terus tunjukkan tulisan Anda kepada orang lain.

  3. "Kehendak-Mu yang Jadi"

  4. Saya tidak dapat merancang karier kepenulisan saya; Tuhanlah yang bertanggung jawab, saya berusaha mengikuti petunjuk-Nya -- sebaik yang bisa saya mengerti. Saya dorong Anda untuk melakukan hal yang sama.

  5. Pergunakan Kesempatan

  6. Saya berhasil mengirimkan naskah asli saya ke grup penerbit Vineyard. Kelebihan apa yang Anda miliki? Manfaatkan itu dan semoga Tuhan memberkati usaha keras Anda.

Catatan: Andrew Chamberlain adalah tokoh pemimpin di gereja Cambridge Vineyard. Dia juga seorang penulis artikel. Novelnya yang berjudul "Urban Angel" diterbitkan oleh Authentic Media. (t/Setya)

Diterjemahkan dari:

Nama Situs : Christian Writer
Judul asli : Get published! Or, How I Got Published
artikel
Penulis : Andrew Chamberlain
Alamat URL : www.christianwriter.co.uk